cs@berkaos.com (021) 22731400

Asal Usul Kaos Raglan

📞 (021) 2273 1400 & WA 087 8800 33233​⁠​

Ibu Eka Puspa

Ruko pasar ceger Blok A1 No.5. Jurangmangu -  Tangsel

 

Bagi Anda para pecinta fashion yang gemar berbelanja, pasti tak asing lagi dengan jenis baju kaos raglan ini dan tahu betul gambaran modelnya.

Namun bagi Anda yang belum tahu, baju kaos raglan adalah salah satu jenis kaos yang memiliki keunikan dan ciri khas sendiri. Keunikan tersebut tak lain adalah potongan diagonal yang berbeda warna dan terdapat pada bagian lengan kaos.

sejarah kaos raglan 2

Biasanya warna lengan kaos raglan lebih gelap dari warna badannya, sehingga terlihat kontras yang menarik. Namun tak jarang ada yang mencoba mengkombinasikan warna badan yang lebih gelap dengan warna lengan raglan yang lebih terang.

Baju kaos raglan sendiri dibagi menjadi tiga model lengan, yaitu model raglan lengan pendek, raglan lengan ¾ (model tanggung atau sikut), dan raglan lengan panjang. Pada awalnya, kaos raglan ini digunakan untuk pakaian olahraga, khususnya olahraga kasti dan baseball.

Dulu, para pemain baseball menggunakan model kaos unik ini sebagai kostum yang dipakai timnya saat bertanding. Oleh karena itu, baju kaos raglan ini juga tak jarang disebut dengan kaos baseball karena identik dengan olahraga tersebut.

Seiring berjalannya waktu, para kawula muda Amerika pada saat itu berinisiatif melakukan inovasi di bidang fashion. Ya, terinspirasi dari seragam pemain baseball, akhirnya mulailah baju kaos raglan dijual di pasaran.

Warna kaos raglan yang dijual pun variatif, mulai dari kombinasi warna putih, hitam, merah, abu misty, biru dan berbagai kombinasi warna lainnya.

Baca juga: 5 warna kaos paling laku di dunia

Tak hanya model kaos raglan, anak muda Amerika pun pada waktu itu juga mempopulerkan jaket varsity, yang juga biasa dipakai oleh pemain baseball. Selain itu, ada pula model kaos raglan dengan motif badan garis-garis horizontal.

Mengapa dinamakan Raglan?

sejarah kaos raglan 1

Asal usul penamaan baju kaos raglan sebenarnya diambil dari sebuah nama seorang serdadu Inggris, yaitu Fitzroy James Henry Somerset. Ia berasal dari sebuah desa kecil di Inggris yang bernama “Raglan”.

Pada saat itu terjadi peperangan antara negara Inggris melawan negara Perancis. Perang itu biasa dikenal dengan nama “Perang Waterloo” atau “The Battle of Waterloo“.

Fitzroy mendapat luka 5 tusukan pada lengannya sehingga akibat luka tersebut tangan Fitzroy harus diamputasi. Tetapi hebatnya, kehilangan sebelah tangannya tidak membuat Fitzroy melemah. Ia tetap bersemangat untuk melanjutkan pertempuran.

Beberapa saat setelah usai pertempuran, Fitzroy belajar menulis dengan menggunakan tangan kirinya dan berkarir sebagai sebagai staff administratif di pemerintahan kerajaan Inggris saat itu.

Karena jasanya yang besar selama berperang, ia pun diberi kehormatan oleh kerajaan Inggris dengan gelar “The 1st Baron of Raglan” yang berarti “Baron dari desa Raglan”. Gelar “Baron” adalah gelar kehormatan yang diberikan pihak kerajaan Inggris kepada orang yang dianggap berjasa untuk negara pada waktu itu.

Walaupun Fitzroy harus rela kehilangan satu lengannya, Fitzroy sang Baron tak mudah berputus asa. Namun sebaliknya, ia bangga karena telah berjuang dan mengabdi untuk tanah airnya.

Semasa hidupnya, Fitzroy sangat suka menggunakan mantel dengan model jahitan tangan yang mirip dengan model baju kaos raglan sekarang ini. Oleh karena itu, model kaos raglan yang kita kenal dan kita lihat sekarang diberi nama “Kaos Raglan” yang tak lain merupakan nama desa asal Fitzroy sebagai penghormatan atas jasanya.

Sablon Kaos Raglan

sejarah kaos raglan 3

Kini, seiring dengan berkembangnya selera anak muda, baju kaos raglan pun mulai banyak dikombinasikan dengan sablon agar terlihat menarik. Biasanya kaos raglan bersablon terlihat lebih cocok bila ditambahkan sablon di bagian depan, ketimbang di bagian belakang.

Mungkin hal ini disebabkan paduan warna lengan yang juga mendominasi variasi model kaos. Berbeda dengan model kaos yang lain, baju kaos raglan terlihat lebih elegan apabila desainnya dibuat simpel dan tidak full warna.

Namun yang pasti, masalah desain kaos kembali pada selera Anda masing-masing. Jika Anda merasa lebih keren dengan desain kaos raglan yang full size dan full color, go ahead 🙂

admin

    Your Turn To Talk

    Leave a reply:

    Your email address will not be published.