cs@berkaos.com (021) 22731400

Tertarik Usaha Clothing Line? Baca Dulu 10 Petuah Ini (2)

5. Pilih Vendor yang Terpercaya

5 tips memulai membuat bisnis usaha brand clothing line distro

Vendor adalah faktor yang tak bisa Anda sepelekan, namun juga tak perlu ditanggapi dengan panik. Anda bisa berkonsultasi dengan pendiri clothing line yang lebih senior akan hal ini. Anda juga bisa mempertimbangkan vendor dengan melihat portfolio yang sudah mereka buat.

Jangan terjebak pada harga yang murah. Karena harga tidak akan pernah berbohong. Jangan ragu untuk menginvestasikan nama baik merk Anda dengan menjual produk dengan kualitas terbaik.

Jika Anda menginginkan kualitas yang bagus, maka Anda tak perlu ragu memilih produk dengan spesifikasi yang terbaik pula.

Untuk produksi awal, cobalah untuk memesan pada vendor dengan kuantiti sedikit. Jika kaos / produk lain yang Anda pesan sudah sesuai dengan spesifikasi yang Anda minta, maka Anda bisa lanjutkan pemesanan dengan kuantiti lebih banyak. Jangan lupa untuk mentargetkan produksi sendiri saat merk Anda sudah berkembang dan lebih maju.

6. Wajib Eksis di Media Sosial

Teenagers using cellphones

Bisnis clothing line tidak bisa lepas dari kehidupan anak muda. Mau tak mau Anda pun harus membaur dengan anak-anak muda yang sesuai dengan segmentasi Anda. Maka yang perlu Anda lakukan adalah menjadi penghuni aktif di tempat anak-anak muda berkumpul dan bersosial. Dimana lagi kalau bukan di Media Sosial.

Cobalah untuk pelajari dasar-dasar pemasaran online, mulai dari fb-ads, twitter, instagram maupun line. Jadilah brand yang eksis, aktif dan selalu tersedia bagi mereka yang menginginkan kehadiran merk Anda. Jangan segan-segan untuk meniru brand lain yang terlebih dahulu populer.

Perhatikan bagaimana cara mereka mempromosikan produknya. Apalagi jika segmen mereka sama dengan target pasar yang Anda tuju. Penting bagi Anda untuk memperhatikan dengan seksama bagaimana cara pemasaran yang tepat dan baik.

7. Budget Minim? Mulai dengan Pre Order

Pre Order adalah sistem penjualan dengan pemesanan dan pembayaran terlebih dahulu. Biasanya ditentukan sekitar 7-10 hari untuk pengumpulan pemesan. Setelah itu produk yang Anda desain diproduksi sesuai dengan jumlah pesanan yang masuk.

Salah satu keuntungan dari pre order adalah Anda tak perlu mengeluarkan modal terlebih dahulu untuk biaya produksi.

Anda juga tak perlu meraba-raba desain mana yang paling disukai. Namun biasanya perlu reputasi yang baik untuk meyakinkan konsumen agar mau melakukan pre order. Apalagi jika permintaan semakin membludak, Anda harus mencicil untuk stocking barang dari profit yang didapat dari pre order.

8. Manfaatkan Momentum dan Trend

8 tips memulai membuat bisnis usaha brand clothing line distro

Bisnis clothing line menuntut kita untuk terus dinamis dan mengikuti perkembangan zaman. Anda juga dituntut untuk lebih peka dengan momentum dan peluang yang ada.

Terkadang ada beberapa kejadian yang menjadi kesempatan bagi Anda untuk segera dimanfaatkan. Selain menaikkan penjualan, hal ini juga dapat membuat reputasi merk Anda naik dan dikenal dengan cepat.

Cobalah untuk meluncurkan produk baru dengan tema yang berkaitan dengan trend yang belakangan terjadi. Anda juga bisa mengamati trend yang sedang populer di dunia maya dengan mengamati beberapa trend tracker.

Di antara yang paling populer dan bisa Anda amati adalah Google Trend atau Twitter Trending Topic.

9. Endorsement dengan Endorser yang Sesuai

9 tips memulai membuat bisnis usaha brand clothing line distro

Endorsement adalah teknik pemasaran bisnis retail yang paling populer dan murah di Indonesia belakangan ini. Apalagi semenjak media sosial Instagram booming dan jumlah penggunanya terus meningkat.

Kini banyak selebgram dan selebritis lainnya yang menyediakan jasa endorsement gratis. Beberapa artis ada pula yang memanfaatkan peluang ini dengan menyediakan jasa paid promote atau promosi berbayar.

Namun Anda juga harus cermat memilih. Jangan sampai pengikut endorser yang Anda pilih tidak sesuai dengan target pasar yang Anda mau. Akibatnya endorsement yang Anda lakukan pun kurang efektif.

10. Fokus dan Nikmati Prosesnya

sablon kaos distro damn i love indonesia daniel mananta

Sebelum benar-benar menjalankan bisnis clothing line ini, Anda harus pahami bahwa membangun bisnis clothing line adalah sebuah perjalanan yang panjang. Anda harus berkomitmen untuk tetap fokus pada satu bidang ini sampai benar-benar sukses dan menghasilkan.

Jika Anda mampu berpegang teguh pada komitmen Anda, maka cepat atau lambat Anda bisa menjadikan brand Anda dikenal dan populer.

Semakin Anda menjadi menikmati prosesnya, maka semakin besar pula kesempatan Anda dan usaha clothing line Anda untuk menjadi populer dan digandrungi anak muda. Semoga 🙂

admin

    Your Turn To Talk

    Leave a reply:

    Your email address will not be published.