Categories: BIKIN KAOS

Bikin Kaos Anak di Batu

Bikin kaos dengan desain sendiri kini sangatlah mudah. Lingkungan perindustrian sekarang, seperti konveksi layanan sablon kaos diramalkan akan selalu meningkat, lebih lagi kaos merupakan salah satu kebutuhan sandang yang utama bagi manusia.

maka dari itu kemungkinan usaha konveksi kaos ini sangat diinginkan para wirausaha remaja yang menyasar para anak muda. Berkaos.com merupakan salah satu diantaranya.

Kendati berdiri dari tahun 2015, Berkaos.com sudah menyerahkan pelayanan menerima ratusan klien yang aktif dalam beragam lembaga, kerabat maupun personal. Selaku bukti janji serta dedikasi terhadap kualitas kaos yang juara, Kami sebatas menangani pesanan kaos saja.

APA ITU SABLON?

Secara khusus sablon dapat dikatakan sebagai teknik mencetak dengan memanfaatkan layar (screen) yang rapat. Layar itu pada umumnya berbahan dasar sutra ataupun nilon yang kemudian dipola berdasarkan desain yang mau dibuat.

Lalu setelah layar yang sudah terpola diterapkan di atas kaos dan dikasih tinta sablon supaya pola yang berada di layar tercetak pada kaos.

Perkembangan teknologi yang kian maju, saat ini kamu bisa menemukan berbagai bentuk jenis sablon dan tidak perlu ribet untuk membikin layar serta memola desain ke layar.

hal ini disebut sablon digital
Sebenarnya tidak 100% terkomputerisasi untuk prosesnya, namun dibandingkan dengan sablon manual proses pengerjaan sablon digital di sini lebih efisien dan tidak memerlukan banyak tenaga.

SABLON MANUAL DAN SABLON DIGITAL

Tiap hal tentu mempunyai baik buruknya, kelebihan dan kekuranganya. Disini Berkaos.com tidak akan membandingkan diantara keduanya.

Tetapi untuk memberi pengetahuan terkait sablon manual dan sablon digital
Untuk sablon manual kelebihanya adalah mutu dan keawetan, sedangkan sablon digital yaitu unggul di kekreatifan.

Teknik sablon manual bisa mencetak desain dengan awet, kemungkinan pudar atau pecah sangat sedikit tetapi kebanyakan hanya bisa satu warna bertahan.

Sementara itu untuk sablon digital kita dapat mencetak desain dengan banyak warna bahan dengan warna gradient akan tetapi tentang keawetan, kaos dengan sablon digital cepat luntur.

PERBEDAAN SABLON MANUAL DAN SABLON DIGITAL

Dengan adanya perbedaan di antara Sablon Manual dengan Sablon Digital. Ini semata-mata bukan untuk jadi parameter jika ada yang lebih baik diantara keduanya.

Karena pada dasarnya semua kembali kepada cara pengerjaan. Jika pengerjaanya bagus sudah tentu hasilnya jadi sangat baik.

MEDIA CETAK YANG DIGUNAKAN

SABLON MANUAL

Kebanyakan untuk sablon manual ini memakai kertas HVS untuk membentuk pola pada layar sablon, lalu mencetaknya ke atas kaos dengan meratakan tinta yang sangat bervariatif dari sablon digital.

SABLON DIGITAL

Lalu untuk sablon ditigal kebanyakan memakai kertas transfer (transfer paper) yang digunakan untuk mencetak desain pada kaos. Kertas transfer ini bagian dari aspek yang menentukan kualitas dari sablonan.

Ada bermacam model kertas transfer, seperti gliter, beludru, oracle dan lain sebagainya.

Tetapi ada yang tidak memakai kertas transfer seperti sablon DTG (Direct to Garment). DTG adalah teknologi baru, sebab prosesnya sangat cepat.

Tidak membutuhkan media cetak yang berlebihan karena kaos polos langsung bisa dijadikan media cetak itu sendiri.

KUALITAS SABLON MANUAL

Biasanya sablon manual memiliki mutu yang bagus dan lebih awet. Akan tetapi tidak bisa menjadi acuan, karena tergantung jasanya. karena kenyataanya banyak kaos yang disablon manual namun saat dicuci tintanya mudah mengelupas.

Peristiwa seperti ini biasanya dipengaruhi akibat tinta yang kurang pas lalu proses pengeringan yang tidak cukup sempurna.

Tinta yang kurang benar itu seperti apa? Ada beberapa tinta misalnya, misalnya yang rubber tidak cukup baik jika diterapkan pada kaos berwarna gelap.

Lebih baik jika buat desain baju sendiri online dan sablonnya disesuaikan dengan keinginan konsumen namun dijelaskan juga bagaimana kelemahan dan kelebihannya.

KUALITAS SABLON DIGITAL

Bagi mutu sablon digital ini sangat ditentukan oleh jenis kertas transfer (transfer paper) yang dipakai dan juga kualitas tinta.

Tidak jarang kaos yang dicetak melalui sablon digital di saat anda tarik kaosnya, kemungkinan sablonnya jadi pecah-pecah.

Itu salah satu bukti jika kertas transfer yang digunakan kualitasnya tidak cukup bagus. Jadi usahakan, bila hendak membuka usaha sablon digital memakai kertas transfer serta tinta yang kualitasnya bermutu.

Selain 4 perbedaan diatas agar harga sablon kaos manual lebih terjangkau dibandingkan dengan sablon digital. Lantaran alat yang digunakan sangat berbeda jauh. Apalagi jika desain kaosnya sparasi dengan beragam warna.

BANYAKNYA PERMINTAAN

Menurut survey lapangan yang kita buat, hal seperti inilah yang sering berlangsung.

SABLON MANUAL

Pada usaha sablon kaos daerah khusus ibukota Jakarta misalnya, pasti ada ketentuan minimum pesanan buat setiap desainnya.

Karena hal ini buat meringankan biaya produksi dan ke efesienan dari layar yang akan dibuat.

SABLON DIGITAL

Lainhalnya dengan sablon manual untuk jasa sablon digital ini beberapa layanan jasa percetakan kaos mengizinkan pemesannya untuk mencetak hanya satu contoh kaos saja.

Hal ini karena untuk anggaran sablon kaos digital tidak memerlukan biaya lebih dalam menyajikan layar.

MACAM-MACAM SABLON

SABLON RUBBER

Sablon rubber atau sablon karet. Sablon dengan tinta ini bisa menutup serat-serat kain dan mempunyai efek timbul. Hasilnya juga lentur. Tipe sablon ini dikhususkan untuk kaos berwarna gelap hal ini karena sifat tintanya yang pekat.

Tinta ini sering digunakan untuk alsa desain ataupun underbase. Artinya untuk warna dasar sebelum penyablonan warna-warna lain.

SABLON PIGMEN

Jenis salon ini sifatnya gampang meresap pada serat-serat kain sehingga hasilnya bagus. Namun sablon pigmen ini cuma bisa digunakan pada kaos berwarna tidak gelap.

Bilamana dipakai untuk kaos yang berwarna gelap hasilnya menjadi kuang bagus bahkan kurang bagus. Rata-rata owner usaha sablon jarang merekomendasikan sablon tipe ini.

SABLON FOAM

Sablon ini memiliki nama foam atau busa hal ini karena memang hasil akhirnya sablon dengan menggunakan tinta ini memberikan efek timbul bundar seperti busa dengan warna agak kecoklatan.

Bahan awalnya dari karet sehingga minim fleksibel. Sablon foam ini bisa diadukan oleh sablon rubber atau plastisol.

SABLON PLASTISOL

Model sablon yang satu ini banyak dipakai pengsuplai jasa sablon terutama para pembisnis sablon kaos murah jakarta utara, sebab sablon plastisol memiliki kekuatan rekat yang sangat baik dan lebih lama.

Plastisol ini ialah tinta yang berbahan dasar minyak (oil based). Keahliannnya yang istimewa membuat sablon jenis ini lebih memakan biaya daripada jenis sablon yang lain.

Alat yang digunakan pun beda dari jenis-jenis sablon yang lain. Misalnya seperti alat pengering khusus yang pada umumnya menggunakan sinar infrared ataupun memakai flash curing dan conveyor curing

Lantaran sablon plastisol memiliki kekuatan tempel yang sangat bagus, namun yang butuh diperhatikan adalah ketika menggosok kaosnya.

Kita sarankan untuk menyetrika kaos melalui sablon plastisol jangan langsung disetrika pada bagian sablonnya sebab bisa meleleh.

SABLON GLITTER

Sablon yang transparan ini memiliki efek kerlap-kerlip hingga terlihat lebih eksklusif dan bagus. Gliter ini terbentuk dengan berbagai partikel kecil dengan ukuran mikro, tidak hanya itu tersedia juga efek selain kerlap-kerlip contohnya metalik, hologram dan pelangi.

Sablon gliter ini sangat cocok dan lumrah digunakan untuk kaos anak wanita karena efeknya yang memikat dan lucu. Seperti tulisan Barbie atau Frozen mungkin sering anda yang dijumpai.

SABLON GLOW IN THE DARK

Sablon yang sanggup menyala di tempat gelap ini terbuat dari campuran bubuk fosfor yang sanggup menyerap sinar matahari.

Hal inilah yang membuat sablon in the dark bisa terlihat di lingkungan yang gelap.
Bubuk fosfor ini dapat dicampurkan oleh sablon/tinta rubber, pigmen, dan plastisol.

SABLON SUPER WHITE

Sablon super white ini memiliki sifat tintanya persis seperti rubber dan pigmen, sablon yang bisa menyerap ke serat-serat kain. Sablon super white cocok dipakai oleh kaos berwarna gelap.

Sebab akan menghasilkan warna putih terang yang cemerlang. Bukan hanya itu saja, karena sifatnya menyerap ke serat-serat, sablon super white ini memiliki daya tutup yang baik.

SABLON FOIL

Sablon yang desainnya berasal dari bahan kertas logam menyerupai alumunium foil. Cara pencetakannya dibuat melalui menempelkan lem khusus kemudian dipress.
Kesan yang dihasilkan adalah warna metalik sehingga kelihatan eksklusif.

SABLON FLOCKING

Sablon flocking lebih sering dikenal dengan sablon beludru, disebabkan hasil akhir dari sablon ini adalah desain yang menonjol dengan bulu-bulu halus.

Cara mencetaknya serupa dengan sablon foil, yaitu dilekatkan menggunakan lem khusus selanjutnya dipress agar merekat sempurna.

SABLON CABUT WARNA ATAU DISCHARGE

Untuk sablon discharge ini, kaos yang digunakan wajib berbahan katun atau cotton, sebab jenis tinta ini membuat melunturkan warna kaos dan menggantinya melalui warna lain sesuai kepentingan.

Nah, walaupun hanya bahan katun akan tetapi jenis bahan katun yang digunakan wajib katun yang reaktif.
Tinta buat sablon discharge ini memakai bahan kimia yang sanggup mencabut warna asli bahan, atau yang lebih keras memperlihatkan warna benang kaos yang sebenarnya.

Makanya, saran untuk menggunakan tinta ini agar mendapatkan hasil yang maksimal, bahan pewarna kainnya harus dipilih melalui yang dischargeable.

SABLON HIGH DENSITY

Sablon high density ini mempergunakan tinta plastisol dengan tahap ketajaman yang lebih besar. Tinta ini memiliki sifat transparan.

Efek yang diperoleh ialah mengkilap dan terkesan basah. Namun bisa juga diterapkan doff.

SABLON SEPARASI

Sablon jenis yang satu ini tahap penyablonannya dengan cara memisahkan warna desain untuk dijadikan film.
Sablon separasi ada 2 jenis, ialah warna blok atau spot color buat desain vector dan raster yang biasa dianggap process warna ataupun raster.

SABLON ASPAL

Jenis sablon aspal ini memakai cat plastisol yang diprint diatas kain melalui cara istimewa yang memperoleh bentuk yang unik.

SABLON DIRECT TO GARMENT (DTG)

Seperti yang kita bilang diatas, inilah tahapan penyablonan dimana tanpa memakai media dan lebih menghemat tenaga pada proesenya karena mempergunakan alat.

Sablon Direct to garment itu tahapannya memakai mesin khusus, pada umumnya berukuran lebih besar. Buat hasilnya sangat jelas dan detail, untuk warna yang dihasilkan dapat bergradien

Kebanyakan para vendor yang mempunyai mesin sablon ini menerima pesanan kaos hanya satuan disebabkan dalam proses penyabloanannya tidak terlalu ribet.

ALAT-ALAT SABLON MANUAL

Sablon manual mampu bertahan dengan segala keunggulannya walaupun sedikit demi sedikit mulai tergeser dengan sablon digital.

Sablon manual masih besar diminati dikarenakan kualitas yang dihasilkan biasanya lebih awet daripada sablon digital.

Nah, berikut berkaos rangkumkan apa saja sih sebenarnya yang harus dipersiapkan buat membuat sablon manual.

1. LAYAR DAN TAMPILAN

Ini perangkat yang paling utama untuk sablon manual. Layar umumnya berasal dari kain sutra, kain gasa, kain nilon, atau kain-kain lain yang berpori-pori.

Manfaat dari screen ini untuk menentukan tinta yang nantinya akan ditempel di kaos sesuai desain. Tetapi sebelum itu, screen ini jadi media pembentuk pola desain yang dicetak di kertas HVS.

Makin besar nomor screen, maka semakin rapat pori-porinya. Serta makin rapat pori-porinya maka hasil printing akan semakin rapih.

2. OBAT AFDRUK

Obat afdruk ini berfungsi untuk memindahkan desain dari kertas HVS ke dalam screen yang nantinya jadi tercetak pola gambar.

Di sinilah tinta akan dihaluskan. Obat afdruk ini beragam jenisnya, yang banyak dipakai adalah: Ulano TZ, Super Emulsion 5, dan Rainbow.

3. OBAT PENGHAPUS M3 / 3M

Obat penghapus ini amat dibutuhkan, sebab bila sewaktu-waktu kita hendak mengubah pola desain yang ada di screen. Maupun ingin menghapusnya secara semuanya untuk kemudian screennya disimpan.

4. RAKEL

Rakel memiliki tujuan yang sama untuk memikat atau menggesut tinta sablon ke kain. Yang perlu diperhatikan adalah karet rakelnya,

hal ini karena karet rakel inilah yang membedakan fungsi secara spesifik. Ada 2 macam jenis pegangan rakel ialah pegangan dari kayu dan pegangan dari alumunium.

admin

Share
Published by
admin

Recent Posts

Kaos Komunitas Keren dan Simple: Makna, Contoh, Desain, Bahan, Manfaat, dan Harga

Apa itu Kaos Komunitas? Kaos komunitas adalah kaos yang dirancang untuk mewakili atau mewujudkan identitas…

2 months ago

Kaos Family Gathering Keren: Pengertian, Desain Kaos Family Gathering, Bahan, dan Manfaat

Pengertian Kaos Family Gathering Kaos family gathering adalah kaos yang dirancang khusus untuk acara atau…

2 months ago

Kaos Kelas Keren dan Aesthetic: Pengertian, Manfaat, Cara bikin, Aplikasi desain, dan Harga

Apa itu Kaos Kelas ? Kaos kelas merupakan sebuah pakaian yang biasanya dikenakan oleh siswa…

2 months ago

Penjelasan Lengkap Tentang Bahan Jersey: Pengertian, Jenis, Karakteristik bahan, Kelebihan dan Kekurangan

Apa itu Bahan Jersey? Bahan jersey adalah jenis kain yang sering digunakan dalam pembuatan pakaian…

2 months ago

Mengenal Lebih dalam Bahan Polyester: Pengertian, Jenis, Karakteristik Bahan, Kelebihan dan Kekurangan

Apa itu Bahan Polyester? Polyester adalah jenis bahan sintetis yang terbuat dari serat polimer poliester.…

2 months ago

Memahami Bahan Taslan: Pengertian, Jenis, Harga, Kelebihan dan Kekurangan

Apa itu Bahan Taslan? Bahan taslan adalah jenis kain yang terbuat dari serat poliamida atau…

2 months ago