Categories: BIKIN KAOS

Bikin Kaos Anak di cikutra cibeunying kaler

Bikin kaos dengan desain sendiri kini tidaklah sulit. Tempat perindustrian saat ini, terutama konveksi jasa sablon kaos diperkirakan akan terus meningkat, apalagi kaos merupakan salah satu kebutuhan sandang yang paling penting untuk manusia.

Oleh sebab itu kemungkinan usaha konveksi kaos ini begitu diminati para wirausaha muda yang menyasar para anak muda. Berkaos.com termasuk salah satu diantaranya.

Sejak berdiri pada tahun 2015, Berkaos.com sudah memberikan pelayanan menerima banyaknya klien yang aktif dalam berbagai komunitas, kerabat dan personal. Selaku bukti janji dan dedikasi terhadap mutu kaos yang terbaik, Kami sebatas menangani pesanan kaos saja.

APA ITU SABLON?

Secara khusus sablon bisa diartikan selaku teknik mencetak dengan menggunakan layar (screen) yang rapat. Layar tersebut biasanya berbahan dasar sutra dan nilon yang kemudian dipola berdasarkan desain yang ingin dibuat.

Kemudian selanjutnya layar yang telah terpola diterapkan di atas kaos kemudian dikasih tinta sablon agar pola yang terletak pada layar tercetak pada kaos.

Perkembangan teknologi yang terus maju, sekarang ini kita dapat menemukan Banyak bentuk jenis sablon dan tidak perlu bingung untuk membikin layar serta memola desain di layar.

hal ini disebut sablon digital
Sebenarnya tidak 100% terkomputerisasi untuk prosesnya, akan tetapi disandingkan dengan sablon manual proses pengerjaan sablon digital tersebut lebih efisien serta tidak memerlukan banyak tenaga.

SABLON MANUAL VS SABLON DIGITAL

Tiap hal tentu mempunyai baik buruknya, kelebihan dan kekuranganya. Disini Berkaos.com tidak akan membandingkan diantara keduanya.

Tetapi akan memberikan pengetahuan mengenai sablon manual dan sablon digital
Untuk sablon manual keuntungannya adalah kualitas dan keawetan, sedangkan sablon digital yaitu unggul di kekreatifan.

Teknik sablon manual dapat mencetak desain dengan tahan lama, kemungkinan luntur ataupun pecah sangat minim tapi rata-rata cuma bisa satu warna bertahan.

Sementara itu untuk sablon digital kita dapat mencetak desain dengan banyak warna bahan dengan warna gradient tetapi tentang keawetan, kaos dengan sablon digital cepat pudar.

PERBEDAAN SABLON MANUAL DAN SABLON DIGITAL

Terdapat adanya perbedaan khususnya antara Sablon Manual dan Sablon Digital. Itu seakan-akan tidak sekedar sebagai parameter bahwa ada yang lebih unggul diantara keduanya.

Lantaran pada dasarnya semua kembali pada cara pengerjaan. Apabila pengerjaanya bagus sudah tentu hasilnya jadi sangat baik.

MEDIA CETAK YANG DIPAKAI

SABLON MANUAL

Pada umumnya untuk sablon manual tersebut menggunakan kertas HVS untuk Pembentukan pola pada layar sablon, kemudian mencetaknya ke atas kaos dengan meratakan tinta yang sangat bervariatif dari sablon digital.

SABLON DIGITAL

Lalu untuk sablon ditigal kebanyakan memakai kertas transfer (transfer paper) yang dipakai untuk mencetak desain pada kaos. Kertas transfer ini salah satu aspek yang menentukan kualitas dari sablonan.

Ada bermacam jenis kertas transfer, yaitu glow in the dark, beludru, oracle dan lain sebagainya.

Namun ada yang tidak menggunakan kertas transfer misalnya sablon DTG (Direct to Garment). DTG yaitu teknologi baru, hal ini karena prosesnya sangat efektif.

Tidak memerlukan media cetak yang banyak sebab kaos polos langsung bisa dijadikan media cetak itu sendiri.

KUALITAS SABLON MANUAL

Biasanya sablon manual mempunyai mutu yang bagus dan lebih awet. Namun tidak dapat menjadi acuan, karena tergantung jasanya. karena kenyataanya banyak kaos yang disablon manual akan tetapi sewaktu dicuci tintanya mudah mengelupas.

Peristiwa seperti ini pada umumnya dipengaruhi akibat tinta yang kurang pas lalu proses pengeringan yang kurang sempurna.

Tinta yang kurang tepat itu bagaimana? Terdapat beberapa tinta misalnya, seperti yang rubber tidak cukup bagus jika diterapkan dalam kaos berwarna gelap.

Alangkah baiknya jika buat design baju sendiri online dan sablonnya diserasikan dengan keinginan konsumen namun dijelaskan juga bagaimana kekurangan dan kelebihannya.

KUALITAS SABLON DIGITAL

Untuk mutu sablon digital tersebut sangat ditentukan dari tipe kertas transfer (transfer paper) yang digunakan dan juga mutu tinta.

Tidak jarang kaos yang dicetak dengan sablon digital di saat kita tarik kaosnya, kemungkinan sablonnya jadi pecah-pecah.

Ini salah satu bukti jika kertas transfer yang dipakai kualitasnya tidak cukup baik. maka usahakan, bila ingin mengembangkan usaha sablon digital memakai kertas transfer serta tinta yang kualitasnya baik.

Selain 4 perbedaan diatas buat harga sablon kaos manual lebih murah dibandingkan dengan sablon digital. Karena alat yang digunakan sangat berbeda jauh. Lebih lagi jika desain kaosnya sparasi dengan aneka warna.

BANYAKNYA PESANAN

Berdasarkan survey lapangan yang kita lakukan, hal semacam inilah yang sering berlangsung.

SABLON MANUAL

Pada usaha sablon kaos daerah khusus ibukota Jakarta misalnya, tentu ada ketentuan minimum order untuk tiap desainnya.

Sebab hal ini agar meringankan anggaran produksi dan ke efesienan melalui layar yang akan dibentuk.

SABLON DIGITAL

Berbeda dengan sablon manual untuk jasa sablon digital ini sebagian penyedia jasa percetakan kaos membolehkan kaonsumennya untuk mencetak hanya 1 buah kaos saja.

Dikarenakan untuk anggaran sablon kaos digital tidak memerlukan biaya lebih dalam menyajikan layar.

MACAM-MACAM SABLON

SABLON RUBBER

Sablon rubber atau sablon karet. Sablon dengan tinta ini mampu menutup serat-serat kain dan memiliki efek timbul. Hasilnya juga lentur. Model sablon ini dikhususkan buat kaos berwarna gelap dikarenakan sifat tintanya yang pekat.

Tinta ini sering dipakai untuk alsa desain atau underbase. Artinya untuk warna dasar sebelum penyablonan warna-warna lainnya.

SABLON PIGMEN

Jenis salon ini sifatnya mudah meresap pada serat-serat kain sehingga hasilnya bagus. Namun sablon pigmen ini hanya bisa digunakan untuk kaos berwarna tidak gelap.

Bilamana dipakai untuk kaos yang berwarna tidak terang hasilnya menjadi kuang baik bahkan kurang bagus. Rata-rata empunya usaha sablon tidak menyarankan sablon model ini.

SABLON FOAM

Sablon ini dinamakan foam atau busa karena memang hasil akhirnya sablon dengan menggunakan tinta ini memberikan efek timbul bundar seperti busa dengan warna agak kecoklatan.

Bahan awalnya dari karet sehingga sedikit elastis. Sablon foam ini boleh dicampurkan dengan sablon rubber atau plastisol.

SABLON PLASTISOL

Bentuk sablon yang satu ini banyak dipakai penyedia jasa sablon terutama para pengusaha sablon kaos murah jakarta timur, sebab sablon plastisol mempunyai kekuatan rekat yang amat baik dan lebih lama.

Plastisol ini ialah tinta yang berbahan dasar minyak (oil based). Keunggulannya yang istimewa untuk sablon jenis ini lebih memakan biaya dibandingkan jenis sablon lainnya.

Peralatan yang dipakai pun beda dari jenis-jenis sablon yang lainnya. Contohnya semacam alat pengering khusus yang umumnya memakai sinar infrared atau memakai flash curing dan conveyor curing

Karena sablon plastisol memiliki daya rekat yang sangat bagus, akan tetapi yang perlu diperhatikan yaitu ketika menyetrika kaosnya.

Kami sarankan untuk menyetrika kaos dengan sablon plastisol dilarang langsung disetrika pada letak sablonnya karena bisa meleleh.

SABLON GLITTER

Sablon yang transparan ini memiliki efek kerlap-kerlip sehingga terlihat lebih eksklusif dan stylis. Gliter ini terbentuk melalui berbagai partikel kecil dengan ukuran mikro, selain itu tersedia juga efek selain kerlap-kerlip semacam metalik, hologram dan pelangi.

Sablon gliter ini sangat cocok dan biasa digunakan untuk kaos anak perempuan karena efeknya yang memikat dan lucu. Seperti tulisan Barbie maupun Frozen mungkin sering kita yang dijumpai.

SABLON GLOW IN THE DARK

Sablon yang mampu menyala di lingkungan gelap ini tercipta dari campuran bubuk fosfor yang sanggup menghisap sinar matahari.

Karena inilah yang menjadikan sablon in the dark mampu terlihat di arena yang gelap.
Bubuk fosfor ini bisa dicampurkan oleh sablon/tinta rubber, pigmen, dan plastisol.

SABLON SUPER WHITE

Sablon super white ini memiliki sifat tintanya serupa seperti rubber dan pigmen, sablon yang dapat menyerap ke serat-serat kain. Sablon super white cocok dipakai oleh kaos berwarna tidak terang.

Sebab dapat menghasilkan warna putih terang yang cemerlang. Tidak hanya itu saja, karena sifatnya menyerap ke serat-serat, sablon super white ini memiliki kekuatan tutup yang baik.

SABLON FOIL

Sablon yang polanya terbuat dari bahan kertas logam menyerupai alumunium foil. Metode pencetakannya diterapkan melalui menempelkan lem khusus kemudian dipress.
Kesan yang ditimbulkan adalah warna metalik hingga terlihat eksklusif.

SABLON FLOCKING

Sablon flocking lebih sering dikenal dengan sablon beludru, sebab hasil akhir melalui sablon ini adalah desain yang timbul dengan bulu-bulu halus.

Cara mencetaknya sama dengan sablon foil, yaitu ditempel menggunakan lem khusus lalu dipress agar merekat sempurna.

SABLON CABUT WARNA ATAU DISCHARGE

Untuk sablon discharge ini, kaos yang digunakan mesti berbahan katun dan cotton, dikarenakan jenis tinta ini akan melunturkan warna kaos dan menggantinya oleh warna lain sesuai kebutuhan.

Nah, walau dengan bahan katun tetapi jenis bahan katun yang dipakai harus katun yang reaktif.
Tinta bagi sablon discharge ini mempergunakan bahan kimia yang mampu mencabut warna asli bahan, atau yang lebih ekstrim menampilkan warna benang kaos yang sesungguhnya.

Makanya, saran untuk penggunakan tinta ini untuk mendapatkan hasil yang tertinggi, bahan pewarna kainnya harus dipilih melalui yang dischargeable.

SABLON HIGH DENSITY

Sablon high density ini mempergunakan tinta plastisol dengan tahap ketajaman yang lebih besar. Tinta ini bersifat transparan.

Efek yang dihasilkan adalah mengkilap dan berkesan basah. Namun bisa juga dibuat doff.

SABLON SEPARASI

Sablon jenis yang satu ini proses penyablonannya melalui cara memisahkan warna desain untuk dibuat film.
Sablon separasi ada dua model, yaitu warna blok atau spot color buat desain vector dan raster yang lumrah dianggap process color maupun raster.

SABLON ASPAL

Jenis sablon aspal ini menggunakan cat plastisol yang diprint diatas kain melalui metode istimewa yang mendapatkan tekstur yang unik.

SABLON DIRECT TO GARMENT (DTG)

Sebagaimana yang saya bilang diatas, inilah proses penyablonan yang tanpa mempergunakan media dan lebih menghemat tenaga di dalam proesenya dikarenakan mempergunakan mesin.

Sablon Direct to garment itu prosesnya memakai mesin khusus, pada umumnya berukuran lebih besar. Supaya hasilnya sangat jelas dan detail, buat warna yang dihasilkan boleh bergradien

Seringnya para vendor yang mempunyai mesin sablon ini menerima pemesanan kaos hanya satuan disebabkan dalam proses penyabloanannya tidak terlalu ribet.

ALAT-ALAT SABLON MANUAL

Sablon manual masih bertahan dengan segenap kelebihannya sekalipun sedikit demi sedikit mulai tergantikan dengan sablon auto.

Sablon manual masih besar diminati dikarenakan kualitas yang dihasilkan seringnya lebih awet dibandingkan sablon digital.

Nah, berikut berkaos simpulkan apa saja sih sebetulnya yang harus dipersiapkan agar membuat sablon manual.

1. LAYAR DAN TAMPILAN

Ini peralatan yang paling dasar pada sablon manual. Layar pada umumnya berasal dari kain sutra, kain gasa, kain nilon, atau kain-kain lain yang berpori-pori.

Manfaat dari screen ini untuk menentukan tinta yang akhirnya akan menempel di kaos sesuai design. Tapi sebelum itu, screen ini jadi media pembentuk pola design yang dicetak pada kertas HVS.

Semakin gede nomor screen, maka semakin rapat pori-porinya. Serta makin rapat pori-porinya maka hasil cetakan akan semakin rapih.

2. OBAT AFDRUK

Obat afdruk ini berfungsi untuk mentrasfer desain dari kertas HVS ke dalam screen yang nantinya akan tercetak pola gambar.

Di sanalah tinta akan dihaluskan. Obat afdruk ini banyak jenisnya, yang sering digunakan ialah: Ulano TZ, Super Emulsion 5, dan Rainbow.

3. OBAT PENGHAPUS M3 / 3M

Obat penghapus ini sangat dibutuhkan, sebab apabila sewaktu-waktu kita mau mengubah pola desain yang ada pada screen. Atau ingin menghapusnya secara keseluruhan untuk kemudian screennya disimpan.

4. RAKEL

Rakel memiliki tujuan yang sama supaya menarik atau menggesut tinta sablon ke kain. Yang perlu diperhatikan ialah karet rakelnya,

lantaran karet rakel inilah yang membedakan manfaat secara spesifik. Ada 2 macam bentuk pegangan rakel ialah pegangan dari kayu kemudian pegangan dari alumunium.

admin

Share
Published by
admin

Recent Posts

Kaos Komunitas Keren dan Simple: Makna, Contoh, Desain, Bahan, Manfaat, dan Harga

Apa itu Kaos Komunitas? Kaos komunitas adalah kaos yang dirancang untuk mewakili atau mewujudkan identitas…

2 months ago

Kaos Family Gathering Keren: Pengertian, Desain Kaos Family Gathering, Bahan, dan Manfaat

Pengertian Kaos Family Gathering Kaos family gathering adalah kaos yang dirancang khusus untuk acara atau…

2 months ago

Kaos Kelas Keren dan Aesthetic: Pengertian, Manfaat, Cara bikin, Aplikasi desain, dan Harga

Apa itu Kaos Kelas ? Kaos kelas merupakan sebuah pakaian yang biasanya dikenakan oleh siswa…

2 months ago

Penjelasan Lengkap Tentang Bahan Jersey: Pengertian, Jenis, Karakteristik bahan, Kelebihan dan Kekurangan

Apa itu Bahan Jersey? Bahan jersey adalah jenis kain yang sering digunakan dalam pembuatan pakaian…

2 months ago

Mengenal Lebih dalam Bahan Polyester: Pengertian, Jenis, Karakteristik Bahan, Kelebihan dan Kekurangan

Apa itu Bahan Polyester? Polyester adalah jenis bahan sintetis yang terbuat dari serat polimer poliester.…

2 months ago

Memahami Bahan Taslan: Pengertian, Jenis, Harga, Kelebihan dan Kekurangan

Apa itu Bahan Taslan? Bahan taslan adalah jenis kain yang terbuat dari serat poliamida atau…

2 months ago