Categories: BIKIN KAOS

Bikin Kaos Anak di klaten

Bikin kaos dengan desain sendiri sekarang sangatlah mudah. Lingkungan perindustrian sekarang, terutama konveksi jasa sablon kaos diramalkan akan terus meningkat, lebih lagi kaos termasuk salah satu kebutuhan sandang yang paling penting bagi manusia.

maka dari itu kemungkinan bisnis konveksi kaos ini begitu diinginkan para wirausaha muda yang menyasar para anak muda. Berkaos.com termasuk salah satu diantaranya.

Kendati berdiri dari tahun 2015, Berkaos.com sudah menyerahkan pelayanan menerima ratusan klien yang aktif dalam beragam komunitas, kerabat maupun personal. Sebagai bukti janji serta dedikasi kepada kualitas kaos yang terunggul, Kita sebatas menangani pesanan kaos saja.

APA ITU SABLON?

Secara khusus sablon bisa diartikan sebagai metode mencetak dengan memanfaatkan layar (screen) yang rapat. Layar tersebut biasanya berbahan dasar sutra ataupun nilon yang kemudian dipola berdasarkan desain yang mau dibuat.

Kemudian selanjutnya layar yang sudah terpola diterapkan di atas kaos lalu diberikan tinta sablon agar pola yang terletak di layar tercetak pada kaos.

Dengan teknologi yang terus maju, sekarang ini anda bisa menjumpai bermacam macam jenis sablon dan tidak perlu ribet untuk membikin layar dan memola desain di layar.

Ini merupakan sablon digital
Sebenarnya tidak sepenuhnya terkomputerisasi dalam prosesnya, akan tetapi dibandingkan dengan sablon manual proses pengerjaan sablon digital tersebut lebih efisien serta tidak memerlukan banyak tenaga.

SABLON MANUAL DAN SABLON DIGITAL

Tiap hal tentu memiliki baik buruknya, keuntungan dan kelemahannya. Tetapi Berkaos.com tidak akan membandingkan diantara keduanya.

Namun untuk memberi wawasan tentang sablon manual dan sablon digital
Bagi sablon manual kelebihanya yaitu mutu dan tahan lama, sedangkan sablon digital adalah unggul pada kekreatifan.

Teknik sablon manual dapat mencetak desain dengan awet, kemungkinan pudar atau pecah sangat sedikit tetapi rata-rata hanya bisa satu warna bertahan.

Sementara itu untuk sablon digital kita dapat mencetak design dengan beragam warna bahan dengan warna gradient namun untuk kualitas, kaos dengan sablon digital cepat luntur.

PERBEDAAN SABLON MANUAL DENGAN SABLON DIGITAL

Dengan adanya perbedaan khususnya antara Sablon Manual dan Sablon Digital. Ini seakan-akan bukan sekedar jadi parameter bahwa ada yang lebih baik diantara keduanya.

Karena pada dasarnya semua kembali pada cara pengerjaan. Bila pengerjaanya bagus tentunya hasilnya akan sangat baik.

MEDIA CETAK YANG DIGUNAKAN

SABLON MANUAL

Biasanya untuk sablon manual tersebut memakai kertas HVS untuk membentuk pola di layar sablon, lalu mencetaknya ke atas kaos dengan meratakan tinta yang sangat bervariatif dari sablon digital.

SABLON DIGITAL

Kemudian untuk sablon ditigal kebanyakan menggunakan kertas transfer (transfer paper) yang digunakan untuk mencetak design pada kaos. Kertas transfer ini salah satu aspek yang menentukan mutu dari sablonan.

Ada bermacam model kertas transfer, seperti vinyl, beludru, oracle serta lain sebagainya.

Namun ada yang tidak memakai kertas transfer seperti sablon DTG (Direct to Garment). DTG merupakan teknologi baru, sebab prosesnya sangat efektif.

Tidak membutuhkan media cetak yang berlebihan sebab kaos polos langsung bisa digunakan untuk media cetak itu sendiri.

KUALITAS SABLON MANUAL

Biasanya sablon manual punya mutu yang baik dan lebih tahan lama. Namun tidak dapat menjadi acuan, sebab tergantung jasanya. karena realitasnya banyak kaos yang disablon manual akan tetapi ketika dicuci tintanya mudah pudar.

Hal seperti ini biasanya dipengaruhi akibat tinta yang kurang pas dan proses pengeringan yang kurang sempurna.

Tinta yang kurang benar itu bagaimana? Ada beberapa tinta misalnya, seperti yang rubber kurang bagus jika diterapkan dalam kaos berwarna gelap.

Alangkah baiknya jika buat desain baju sendiri online dan sablonnya diserasikan dengan keperluan konsumen namun dijelaskan pula bagaimana kekurangan dan kelebihannya.

KUALITAS SABLON DIGITAL

Bagi mutu sablon digital tersebut sangat ditentukan dengan jenis kertas transfer (transfer paper) yang digunakan dan juga mutu tinta.

Tidak jarang kaos yang dicetak melalui sablon digital pada saat kita tarik kaosnya, hasilnya sablonnya jadi pecah-pecah.

Ini salah satu bukti bahwa kertas transfer yang digunakan kualitasnya tidak cukup baik. maka usahakan, apabila mau mengembangkan usaha sablon digital memakai kertas transfer dan tinta yang kualitasnya bagus.

Selain 4 perbedaan diatas supaya harga sablon kaos manual lebih terjangkau dibandingkan dengan sablon digital. Karena alat yang digunakan sangat berbeda jauh. Lebih lagi jika desain kaosnya sparasi dengan aneka warna.

BANYAKNYA PERMINTAAN

Berdasarkan survey lapangan yang kita lakukan, hal seperti inilah yang sering berlangsung.

SABLON MANUAL

Di dalam usaha sablon kaos daerah khusus ibukota Jakarta misalnya, pastinya ada penetapan minimal order untuk semua desainnya.

Sebab hal ini untuk meringankan dana produksi dan ke efesienan dari layar yang ingin dibuat.

SABLON DIGITAL

Berbeda dengan sablon manual untuk jasa sablon digital ini sebagian layanan jasa percetakan kaos membolehkan pembelinya untuk mencetak hanya satu contoh kaos saja.

Dikarenakan untuk anggaran sablon kaos digital tidak memerlukan biaya lebih dalam menyajikan layar.

MACAM-MACAM SABLON

SABLON RUBBER

Sablon rubber atau sablon karet. Sablon dengan tinta ini bisa menutup serat-serat kain dan memiliki efek timbul. Hasilnya juga elastis. Model sablon ini dikhususkan buat kaos berwarna gelap karena sifat tintanya yang pekat.

Tinta ini sering dipakai untuk alsa desain ataupun underbase. Maksudnya untuk warna dasar sebelum penyablonan warna-warna lainnya.

SABLON PIGMEN

Jenis salon ini sifatnya gampang meresap pada serat-serat kain sehingga hasilnya keren. Tetapi sablon pigmen ini cuman mampu digunakan pada kaos berwarna terang.

Kalau dipakai untuk kaos yang berwarna tidak terang hasilnya akan kuang bagus malahan jelek. Rata-rata empunya usaha sablon jarang menyarankan sablon model ini.

SABLON FOAM

Sablon ini memiliki nama foam atau busa hal ini karena memang hasil akhirnya sablon dengan memakai tinta ini memberi efek timbul bundar seperti busa dengan warna kusam.

Bahan dasarnya dari karet sehingga minim elastis. Sablon foam ini bisa diadukan oleh sablon rubber atau plastisol.

SABLON PLASTISOL

Jenis sablon yang satu ini banyak digunakan penyedia jasa sablon terutama para pengusaha sablon kaos murah jakarta timur, sebab sablon plastisol mempunyai daya rekat yang sungguh baik dan lebih lama.

Plastisol ini ialah tinta yang berbahan dasar minyak (oil based). Kemampuannya yang istimewa buat sablon jenis ini lebih memakan biaya dibandingkan jenis sablon yang lain.

Peralatan yang digunakan pun berbeda dari jenis-jenis sablon yang lain. Contohnya semacam alat pengering khusus yang lazimnya memakai sinar infrared ataupun menggunakan flash curing dan conveyor curing

Dikarenakan sablon plastisol memiliki daya tempel yang sangat kuat, tetapi yang mesti diperhatikan ialah ketika menyetrika kaosnya.

Kami sarankan untuk menyetrika kaos oleh sablon plastisol jangan langsung disetrika pada bagian sablonnya dikarenakan bisa meleleh.

SABLON GLITTER

Sablon yang transparan ini mempunyai efek kerlap-kerlip sehingga terkesan lebih eksklusif dan bagus. Gliter ini terbentuk melalui berbagai partikel kecil berukuran mikro, tidak hanya itu tersedia juga efek lainnya kerlap-kerlip seperti metalik, hologram dan pelangi.

Sablon gliter ini sangat pas dan biasa digunakan untuk kaos anak wanita karena efeknya yang menarik dan lucu. Seperti tulisan Barbie ataupun Frozen mungkin hampir sering kami yang dijumpai.

SABLON GLOW IN THE DARK

Sablon yang bisa bersinar di tempat gelap ini tercipta dari adukan bubuk fosfor yang bisa menyerap sinar matahari.

Inilah yang membuat sablon in the dark bisa terlihat di arena yang gelap.
Bubuk fosfor ini dapat dicampurkan oleh sablon/tinta rubber, pigmen, dan plastisol.

SABLON SUPER WHITE

Sablon super white ini mempunyai sifat tintanya sama seperti rubber dan pigmen, sablon yang dapat menyerap ke serat-serat kaos. Sablon super white cocok digunakan oleh kaos berwarna tidak terang.

Sebab akan menghasilkan warna putih terang yang menyala. Bukan hanya itu saja, karena sifatnya menyerap ke serat-serat, sablon super white ini memiliki daya tutup yang baik.

SABLON FOIL

Sablon yang polanya terbuat dari bahan kertas logam mirip alumunium foil. Cara pencetakannya dilakukan melalui menempelkan lem khusus kemudian dipress.
Kesan yang ditimbulkan adalah warna metalik sehingga terlihat eksklusif.

SABLON FLOCKING

Sablon flocking lebih sering diketahui dengan sablon beludru, hal ini karena hasil akhir dari sablon ini adalah desain yang menonjol dengan bulu-bulu halus.

Teknik mencetaknya sama dengan sablon foil, yaitu dilekatkan menggunakan lem khusus kemudian dipress agar menempel sempurna.

SABLON CABUT WARNA ATAU DISCHARGE

Untuk sablon discharge ini, kaos yang dipakai mesti berbahan katun dan cotton, hal ini karena jenis tinta ini akan melunturkan warna kaos dan menggantinya oleh warna lain sesuai kebutuhan.

Nah, meski hanya bahan katun namun jenis bahan katun yang dipakai perlu katun yang reaktif.
Tinta bagi sablon discharge ini memakai bahan kimia yang sanggup mencabut warna asli kain, ataupun yang lebih ekstrim memunculkan warna benang kaos yang sesungguhnya.

Makanya, saran untuk penggunakan tinta ini agar mendapatkan hasil yang maksimal, bahan pewarna kainnya harus dipilih oleh yang dischargeable.

SABLON HIGH DENSITY

Sablon high density ini menggunakan tinta plastisol dengan tingkat ketajaman yang lebih tinggi. Tinta ini memiliki sifat transparan.

Efek yang ditimbulkan ialah mengkilap dan berkesan basah. Akan tetapi dapat juga dibuat doff.

SABLON SEPARASI

Sablon jenis yang satu ini tahap penyablonannya melalui cara memisahkan warna desain untuk dijadikan film.
Sablon separasi ada 2 macam, yaitu warna blok atau spot color buat desain vector dan raster yang lumrah dianggap process warna ataupun raster.

SABLON ASPAL

Jenis sablon aspal ini menggunakan cat plastisol yang dicetak diatas kain dengan teknik istimewa yang memperoleh bentuk yang unik.

SABLON DIRECT TO GARMENT (DTG)

Sebagaimana yang saya bilang diatas, inilah tahapan penyablonan dimana tanpa mempergunakan media dan lebih menghemat energi di dalam proesenya karena memakai alat.

Sablon Direct to garment ini tahapannya menggunakan alat khusus, biasanya berukuran lebih besar. Supaya hasilnya sangat jelas dan detail, untuk warna yang dihasilkan mampu bergradien

Biasanya para vendor yang memiliki mesin sablon ini menerima order kaos hanya satuan hal ini karena dalam proses penyabloanannya tidak terlalu ribet.

ALAT-ALAT SABLON MANUAL

Sablon manual masih bertahan oleh segala keunggulannya biarpun sedikit demi sedikit mulai tergantikan dengan sablon digital.

Sablon manual masih banyak diminati karena kualitas yang dihasilkan biasanya lebih awet dibandingkan sablon digital.

Nah, berikut berkaos rangkumkan apa saja sih sebetulnya yang wajib dipersiapkan agar membuat sablon manual.

1. LAYAR DAN SCREEN

Ini perangkat yang paling utama pada sablon manual. Layar umumnya berasal dari kain sutra, kain gasa, kain nilon, atau kain-kain lain yang berpori-pori.

Fungsi dari screen ini untuk menyaring tinta yang nantinya akan ditempel di kaos sesuai desain. Tetapi sebelum itu, screen ini jadi media membentuk pola desain yang dicetak pada kertas HVS.

Semakin luas nomor screen, maka semakin rapat pori-porinya. Dan semakin rapat pori-porinya maka hasil printing jadi semakin halus.

2. OBAT AFDRUK

Obat afdruk ini berfungsi untuk mentrasfer design dari kertas HVS ke dalam screen yang nantinya jadi tercetak pola gambar.

Di sinilah tinta akan dihaluskan. Obat afdruk ini beragam merknya, yang sering dipakai ialah: Ulano TZ, Super Emulsion 5, dan Rainbow.

3. OBAT PENGHAPUS M3 / 3M

Obat penghapus ini sangat dibutuhkan, sebab apabila sewaktu-waktu kita ingin mengubah pola desain yang ada pada screen. Ataupun ingin menghapusnya secara semuanya untuk akhirnya screennya disimpan.

4. RAKEL

Rakel memiliki fungsi yang sama agar menarik atau menggesut tinta sablon ke kain. Yang perlu diperhatikan adalah karet rakelnya,

lantaran karet rakel inilah yang membedakan manfaat secara spesifik. Ada 2 macam bentuk pegangan rakel yaitu pegangan dari kayu dan pegangan dari alumunium.

admin

Share
Published by
admin

Recent Posts

Kaos Komunitas Keren dan Simple: Makna, Contoh, Desain, Bahan, Manfaat, dan Harga

Apa itu Kaos Komunitas? Kaos komunitas adalah kaos yang dirancang untuk mewakili atau mewujudkan identitas…

2 months ago

Kaos Family Gathering Keren: Pengertian, Desain Kaos Family Gathering, Bahan, dan Manfaat

Pengertian Kaos Family Gathering Kaos family gathering adalah kaos yang dirancang khusus untuk acara atau…

2 months ago

Kaos Kelas Keren dan Aesthetic: Pengertian, Manfaat, Cara bikin, Aplikasi desain, dan Harga

Apa itu Kaos Kelas ? Kaos kelas merupakan sebuah pakaian yang biasanya dikenakan oleh siswa…

2 months ago

Penjelasan Lengkap Tentang Bahan Jersey: Pengertian, Jenis, Karakteristik bahan, Kelebihan dan Kekurangan

Apa itu Bahan Jersey? Bahan jersey adalah jenis kain yang sering digunakan dalam pembuatan pakaian…

2 months ago

Mengenal Lebih dalam Bahan Polyester: Pengertian, Jenis, Karakteristik Bahan, Kelebihan dan Kekurangan

Apa itu Bahan Polyester? Polyester adalah jenis bahan sintetis yang terbuat dari serat polimer poliester.…

2 months ago

Memahami Bahan Taslan: Pengertian, Jenis, Harga, Kelebihan dan Kekurangan

Apa itu Bahan Taslan? Bahan taslan adalah jenis kain yang terbuat dari serat poliamida atau…

2 months ago