Categories: BIKIN KAOS

Bikin Kaos Anak di lamongan

Bikin kaos dengan desain sendiri sekarang sangatlah mudah. Lingkungan perindustrian sekarang, seperti konveksi layanan sablon kaos diramalkan akan terus meningkat, apalagi kaos termasuk salah satu kebutuhan sandang yang utama untuk manusia.

maka dari itu peluang bisnis konveksi kaos ini sangat diminati para wirausaha remaja yang menyasar para anak remaja. Berkaos.com termasuk salah satu diantaranya.

Kendati dibuka dari tahun 2015, Berkaos.com sudah menyerahkan servis menerima banyaknya klien yang aktif dari berbagai komunitas, kerabat dan personal. Selaku bukti janji dan dedikasi kepada kualitas kaos yang terbaik, Kita hanya menerima pesanan kaos saja.

APA ITU SABLON?

Secara khusus sablon bisa dikatakan selaku metode mencetak dengan memakai layar (screen) yang rapat. Layar tersebut biasanya berbahan dasar sutra atau nilon yang akhirnya dipola berdasarkan desain yang mau dibuat.

Kemudian selanjutnya layar yang telah terpola diletakkan di atas kaos lalu dikasih tinta sablon agar pola yang berada pada layar tercetak pada kaos.

Melalui teknologi yang terus maju, sekarang ini kita dapat menemukan bermacam macam jenis sablon dan tidak usah ribet untuk membuat layar serta memola desain di layar.

sablon berikut merupakan sablon digital
Memang tidak 100% terkomputerisasi pada prosesnya, namun dibandingkan dengan sablon manual metode pengerjaan sablon digital di sini lebih efisien serta tidak memerlukan banyak tenaga.

SABLON MANUAL DAN SABLON DIGITAL

Tiap hal tentu memiliki baik buruknya, keuntungan dan kelemahannya. Tetapi Berkaos.com tidak akan membandingkan diantara keduanya.

Tetapi akan memberikan pengetahuan terkait sablon manual dan sablon digital
Bagi sablon manual keuntungannya adalah kualitas dan keawetan, sedangkan sablon digital adalah unggul di kekreatifan.

Teknik sablon manual bisa mencetak desain dengan awet, kemungkinan pudar atau pecah sangat minim tapi kebanyakan cuma bisa satu warna solid.

Sedangkan untuk sablon digital kita dapat mencetak desain dengan banyak warna bahan dengan warna gradient tetapi untuk kualitas, kaos dengan sablon digital cepat luntur.

PERBEDAAN SABLON MANUAL DENGAN SABLON DIGITAL

Terdapat adanya perbedaan khususnya antara Sablon Manual dengan Sablon Digital. Itu seakan-akan bukan untuk sebagai parameter jika ada yang lebih baik diantara keduanya.

Sebab pada dasarnya semua balik lagi pada cara pengerjaan. Apabila pengerjaanya bagus pastinya hasilnya jadi sangat baik.

MEDIA CETAK YANG DIGUNAKAN

SABLON MANUAL

Kebanyakan untuk sablon manual tersebut memakai kertas HVS untuk Pembentukan pola pada layar sablon, lalu mencetaknya ke atas kaos dengan meratakan tinta yang sangat bervariatif dari sablon digital.

SABLON DIGITAL

Kemudian untuk sablon ditigal kebanyakan menggunakan kertas transfer (transfer paper) yang digunakan untuk mencetak desain di dalam kaos. Kertas transfer ini bagian dari aspek yang menentukan mutu dari sablonan.

Ada beragam model kertas transfer, diantaranya glow in the dark, beludru, oracle dan lain sebagainya.

Namun ada juga yang tidak menggunakan kertas transfer misalnya sablon DTG (Direct to Garment). DTG adalah teknologi baru, sebab prosesnya sangat efektif.

Tidak membutuhkan media cetak yang banyak karena kaos polos langsung dapat digunakan untuk media cetak itu sendiri.

KUALITAS SABLON MANUAL

Rata-rata sablon manual punya mutu yang bagus dan lebih tahan lama. Akan tetapi tidak bisa menjadi acuan, sebab tergantung jasanya. karena realitasnya banyak kaos yang disablon manual namun ketika dicuci tintanya mudah pudar.

Peristiwa seperti ini biasanya dipengaruhi oleh tinta yang kurang benar lalu proses pengeringan yang kurang sempurna.

Tinta yang kurang tepat itu seperti apa? Terdapat beberapa tinta misalnya, misalnya yang rubber tidak cukup bagus jika diaplikasikan pada kaos berwarna gelap.

Sebaiknya bila buat desain baju sendiri online dan sablonnya diserasikan dengan keinginan konsumen namun dijelaskan pula bagaimana kelemahan dan kelebihannya.

KUALITAS SABLON DIGITAL

Bagi mutu sablon digital tersebut sangat dipastikan dari tipe kertas transfer (transfer paper) yang digunakan dan juga kualitas tinta.

kebanyakan kaos yang dicetak melalui sablon digital di saat kita tarik kaosnya, kemungkinan sablonnya menjadi pecah-pecah.

Ini salah satu bukti bahwa kertas transfer yang digunakan kualitasnya tidak cukup bagus. Jadi usahakan, apabila hendak membuka bisnis sablon digital memakai kertas transfer serta tinta yang kualitasnya bermutu.

Selain 4 perbedaan diatas buat harga sablon kaos manual lebih murah dibandingkan dengan sablon digital. Dikarenakan alat yang digunakan sangat berbeda jauh. Lebih lagi jika design kaosnya sparasi dengan aneka warna.

BANYAKNYA ORDER

Berdasarkan survey lapangan yang kita perbuat, hal semacam inilah yang sering berlangsung.

SABLON MANUAL

Dalam usaha sablon kaos daerah khusus ibukota Jakarta misalnya, pastinya ada penetapan minimum pesanan buat tiap desainnya.

Karena hal ini agar mengurangi anggaran produksi dan ke efesienan dari layar yang ingin dibentuk.

SABLON DIGITAL

Lainhalnya dengan sablon manual untuk jasa sablon digital ini sebagian penyedia jasa percetakan kaos membolehkan pembelinya untuk mencetak hanya 1 buah kaos saja.

Hal ini karena untuk harga sablon kaos digital tidak memerlukan biaya lebih dalam membuat layar.

MACAM-MACAM SABLON

SABLON RUBBER

Sablon rubber atau sablon karet. Sablon dengan tinta ini mampu menutup serat-serat kain dan mempunyai efek timbul. Hasilnya juga elastis. Tipe sablon ini dikhususkan buat kaos berwarna gelap hal ini karena sifat tintanya yang pekat.

Tinta ini sering digunakan untuk alsa desain atau underbase. Artinya untuk warna dasar sebelum penyablonan warna-warna lain.

SABLON PIGMEN

Jenis salon ini sifatnya mudah meresap pada serat-serat kain sehingga hasilnya maksimal. Tetapi sablon pigmen ini cuma dapat dipakai pada kaos berwarna terang.

Apabila dipakai pada kaos yang berwarna gelap hasilnya menjadi kuang bagus terlebih-lebih kurang bagus. Rata-rata owner usaha sablon tidak menyarankan sablon model ini.

SABLON FOAM

Sablon ini dinamakan foam atau busa karena memang hasil akhirnya sablon dengan memakai tinta ini memberi efek timbul bulat seperti busa dengan warna kusam.

Bahan awalnya dari karet hingga sedikit elastis. Sablon foam ini bisa dicampurkan oleh sablon rubber atau plastisol.

SABLON PLASTISOL

Jenis sablon yang satu ini banyak dipakai penyedia jasa sablon khususnya para pembisnis sablon kaos murah jakarta barat, sebab sablon plastisol mempunyai kekuatan rekat yang sungguh bagus dan lebih lama.

Plastisol ini adalah tinta yang berbahan dasar minyak (oil based). Keahliannnya yang istimewa buat sablon jenis ini lebih memakan biaya daripada jenis sablon lainnya.

Alat yang digunakan pun berbeda dari jenis-jenis sablon yang lain. Contohnya seperti alat pengering khusus yang pada umumnya menggunakan sinar infrared atau menggunakan flash curing dan conveyor curing

Hal ini karena sablon plastisol memiliki kekuatan rekat yang sangat bagus, namun yang mesti diperhatikan adalah ketika menyetrika kaosnya.

Kita rekomendasikan untuk menyetrika kaos dengan sablon plastisol dilarang langsung disetrika pada tempat sablonnya karena bisa meleleh.

SABLON GLITTER

Sablon yang transparan ini mempunyai efek kerlap-kerlip hingga terlihat lebih eksklusif dan bagus. Gliter ini dibentuk melalui berbagai partikel kecil dengan ukuran mikro, tidak hanya itu tersedia juga efek lainnya kerlap-kerlip contohnya metalik, hologram dan pelangi.

Sablon gliter ini sangat pas dan biasa dipakai untuk kaos anak wanita karena efeknya yang memikat dan lucu. Layaknya tulisan Barbie ataupun Frozen mungkin hampir sering kita yang dijumpai.

SABLON GLOW IN THE DARK

Sablon yang mampu menyala di tempat gelap ini dibuat dari adukan bubuk fosfor yang dapat menyerap sinar matahari.

Hal inilah yang menjadikan sablon in the dark bisa terlihat di lingkungan yang gelap.
Bubuk fosfor ini bisa dicampurkan dengan sablon/tinta rubber, pigmen, dan plastisol.

SABLON SUPER WHITE

Sablon super white ini memiliki sifat tintanya persis seperti rubber dan pigmen, sablon yang dapat menyerap ke serat-serat kaos. Sablon super white cocok dipakai untuk kaos berwarna tidak terang.

Sebab akan menghasilkan warna putih terang yang cemerlang. Selain itu saja, dikarenakan sifatnya menyerap ke serat-serat, sablon super white ini memiliki daya tutup yang bagus.

SABLON FOIL

Sablon yang polanya berasal dari bahan kertas logam menyerupai alumunium foil. Cara pencetakannya dilakukan dengan menempelkan lem khusus lalu dipress.
Kesan yang dihasilkan adalah warna metalik sehingga kelihatan eksklusif.

SABLON FLOCKING

Sablon flocking lebih sering terkenal dengan sablon beludru, lantaran hasil akhir melalui sablon ini adalah desain yang timbul dengan bulu-bulu halus.

Teknik mencetaknya serupa dengan sablon foil, yaitu ditempel memakai lem khusus lalu dipress agar menempel sempurna.

SABLON CABUT WARNA ATAU DISCHARGE

Untuk sablon discharge ini, kaos yang digunakan harus berbahan katun atau cotton, sebab jenis tinta ini membuat melunturkan warna kaos dan menggantinya oleh warna lain sesuai keinginan.

Nah, meskipun dengan bahan katun namun jenis bahan katun yang digunakan harus katun yang reaktif.
Tinta buat sablon discharge ini memakai bahan kimia yang sanggup mencabut warna asli bahan, atau yang lebih ekstrim memunculkan warna benang kaos yang sesungguhnya.

Makanya, saran untuk penggunakan tinta ini supaya mendapatkan hasil yang maksimal, bahan pewarna kainnya harus dipilih oleh yang dischargeable.

SABLON HIGH DENSITY

Sablon high density ini mempergunakan tinta plastisol dengan tahap ketajaman yang lebih atas. Tinta ini bersifat transparan.

Efek yang ditimbulkan adalah mengkilap dan berkesan basah. Namun dapat juga diterapkan doff.

SABLON SEPARASI

Sablon jenis yang satu ini proses penyablonannya melalui cara memisahkan warna desain untuk dijadikan film.
Sablon separasi ada dua tipe, yaitu warna blok atau spot color buat desain vector dan raster yang lumrah disebut process color maupun raster.

SABLON ASPAL

Jenis sablon aspal ini memakai cat plastisol yang dicetak diatas kain melalui teknik khusus yang memperoleh bentuk yang unik.

SABLON DIRECT TO GARMENT (DTG)

Sebagaimana yang kita katakan diatas, inilah proses penyablonan dimana tidak menggunakan media dan lebih menghemat energi di dalam proesenya karena mempergunakan alat.

Sablon Direct to garment ini tahapannya memakai mesin khusus, kebanyakan berukuran lebih besar. Supaya hasilnya sangat jelas dan detail, buat warna yang dihasilkan dapat bergradien

Kebanyakan para vendor yang punya mesin sablon ini menerima pemesanan kaos hanya satuan dikarenakan dalam proses penyabloanannya tidak terlalu ribet.

ALAT-ALAT SABLON MANUAL

Sablon manual dapat bertahan dengan seluruh keunggulannya meskipun sedikit demi sedikit mulai tergeser dengan sablon auto.

Sablon manual masih besar digunakan lantaran kualitas yang dihasilkan kebanyakan lebih awet daripada sablon digital.

Nah, berikut berkaos simpulkan apa saja sih sebenarnya yang harus dipersiapkan agar menggunakan sablon manual.

1. LAYAR DAN SCREEN

Ini peralatan yang paling dasar di dalam sablon manual. Layar pada umumnya berasal dari kain sutra, kain gasa, kain nilon, atau kain-kain lain yang berpori-pori.

Tujuan dari screen ini buat memilih tinta yang akhirnya akan ditempel di kaos sesuai design. Namun sebelum itu, screen ini jadi media pembentuk pola design yang tercetak di kertas HVS.

Makin besar nomor screen, maka semakin padat pori-porinya. Serta makin rapat pori-porinya maka hasil cetakan jadi semakin rapih.

2. OBAT AFDRUK

Obat afdruk ini bermanfaat untuk memindahkan design dari kertas HVS ke dalam screen yang nantinya akan tercetak pola gambar.

Di sinilah tinta akan dihaluskan. Obat afdruk ini beragam merknya, yang sering dipakai adalah: Ulano TZ, Super Emulsion 5, dan Rainbow.

3. OBAT PENGHAPUS M3 / 3M

Obat penghapus ini paling diperlukan, karena bila sewaktu-waktu kita mau merubah pola desain yang ada pada screen. Maupun ingin menghapusnya secara semuanya untuk kemudian screennya disimpan.

4. RAKEL

Rakel memiliki tujuan yang sama supaya menarik atau menempelkan tinta sablon ke bahan. Yang perlu diperhatikan ialah karet rakelnya,

karena karet rakel inilah yang membedakan manfaat secara jelas. Ada 2 macam bentuk pegangan rakel yaitu pegangan dari kayu kemudian pegangan dari alumunium.

admin

Share
Published by
admin

Recent Posts

Kaos Komunitas Keren dan Simple: Makna, Contoh, Desain, Bahan, Manfaat, dan Harga

Apa itu Kaos Komunitas? Kaos komunitas adalah kaos yang dirancang untuk mewakili atau mewujudkan identitas…

2 months ago

Kaos Family Gathering Keren: Pengertian, Desain Kaos Family Gathering, Bahan, dan Manfaat

Pengertian Kaos Family Gathering Kaos family gathering adalah kaos yang dirancang khusus untuk acara atau…

2 months ago

Kaos Kelas Keren dan Aesthetic: Pengertian, Manfaat, Cara bikin, Aplikasi desain, dan Harga

Apa itu Kaos Kelas ? Kaos kelas merupakan sebuah pakaian yang biasanya dikenakan oleh siswa…

2 months ago

Penjelasan Lengkap Tentang Bahan Jersey: Pengertian, Jenis, Karakteristik bahan, Kelebihan dan Kekurangan

Apa itu Bahan Jersey? Bahan jersey adalah jenis kain yang sering digunakan dalam pembuatan pakaian…

2 months ago

Mengenal Lebih dalam Bahan Polyester: Pengertian, Jenis, Karakteristik Bahan, Kelebihan dan Kekurangan

Apa itu Bahan Polyester? Polyester adalah jenis bahan sintetis yang terbuat dari serat polimer poliester.…

2 months ago

Memahami Bahan Taslan: Pengertian, Jenis, Harga, Kelebihan dan Kekurangan

Apa itu Bahan Taslan? Bahan taslan adalah jenis kain yang terbuat dari serat poliamida atau…

2 months ago