Categories: BIKIN KAOS

Bikin Kaos Anak di Palu

Bikin kaos dengan desain sendiri sekarang tidaklah sulit. Dunia perindustrian sekarang, seperti konveksi layanan sablon kaos diperkirakan akan terus berkembang, lebih lagi kaos termasuk salah satu kebutuhan sandang yang paling penting bagi manusia.

Oleh sebab itu kemungkinan usaha konveksi kaos ini sangat diinginkan para wirausaha remaja yang menyasar para anak muda. Berkaos.com merupakan salah satu diantaranya.

Kendati berdiri dari tahun 2015, Berkaos.com telah menyerahkan servis menerima banyaknya pelanggan yang aktif dari berbagai komunitas, kerabat maupun personal. Sebagai bukti janji serta dedikasi terhadap kualitas kaos yang juara, Kami cuma melayani pesanan kaos saja.

APA ITU SABLON?

Secara khusus sablon bisa diartikan selaku teknik mencetak dengan menggunakan layar (screen) yang rapat. Layar itu pada umumnya berbahan dasar sutra dan nilon yang akhirnya dipola berdasarkan desain yang ingin dibuat.

Lalu selanjutnya layar yang telah terpola diletakkan di atas kaos lalu diberikan tinta sablon supaya pola yang berada di layar tercetak pada kaos.

Dengan teknologi yang semakin maju, saat ini anda bisa menjumpai berbagai macam jenis sablon dan tidak usah bingung untuk membuat layar serta memola desain ke layar.

hal ini disebut sablon digital
Memang tidak 100% terkomputerisasi dalam prosesnya, namun disandingkan dengan sablon manual metode pengerjaan sablon digital di sini lebih cepat dan tidak memerlukan banyak tenaga.

SABLON MANUAL VS SABLON DIGITAL

Setiap hal pasti memiliki baik buruknya, keuntungan dan kekuranganya. Disini Berkaos.com tidak untuk membandingkan diantara keduanya.

Tetapi akan memberikan pengetahuan mengenai sablon manual dan sablon digital
Untuk sablon manual kelebihanya yaitu mutu dan tahan lama, sedangkan sablon digital yaitu unggul di kekreatifan.

Teknik sablon manual bisa mencetak desain dengan awet, kemungkinan luntur ataupun pecah sangat sedikit namun biasanya cuma bisa satu warna solid.

Sementara itu untuk sablon digital kita dapat mencetak desain dengan banyak warna bahan dengan warna gradient akan tetapi untuk keawetan, kaos dengan sablon digital cepat luntur.

PERBEDAAN SABLON MANUAL DENGAN SABLON DIGITAL

Dengan adanya perbedaan khususnya antara Sablon Manual dengan Sablon Digital. Ini seakan-akan tidak untuk sebagai perbandingan jika ada yang lebih unggul diantara keduanya.

Sebab pada dasarnya semua kembali pada cara pengerjaan. Bila pengerjaanya bagus pastinya hasilnya akan sangat baik.

MEDIA CETAK YANG DIPAKAI

SABLON MANUAL

Pada umumnya untuk sablon manual ini memakai kertas HVS untuk membentuk pola pada layar sablon, lalu mencetaknya ke dalam kaos dengan meratakan tinta yang lebih bervariatif dari sablon digital.

SABLON DIGITAL

Selanjutnya untuk sablon ditigal kebanyakan menggunakan kertas transfer (transfer paper) yang digunakan untuk mencetak design pada kaos. Kertas transfer ini bagian dari faktor yang memastikan mutu dari sablonan.

Ada beragam jenis kertas transfer, yaitu glow in the dark, beludru, oracle serta lain sebagainya.

Namun ada juga yang tidak memakai kertas transfer seperti sablon DTG (Direct to Garment). DTG merupakan teknologi baru, sebab prosesnya sangat cepat.

Tidak memerlukan media cetak yang berlebihan karena kaos polos langsung bisa dijadikan media cetak itu sendiri.

KUALITAS SABLON MANUAL

Rata-rata sablon manual mempunyai kualitas yang baik dan lebih tahan lama. Akan tetapi tidak dapat menjadi acuan, sebab tergantung jasanya. Sebab realitasnya banyak kaos yang disablon manual akan tetapi ketika dicuci tintanya mudah pudar.

Kejadian seperti ini pada umumnya dipengaruhi akibat tinta yang kurang tepat dan proses pengeringan yang kurang maksimal.

Tinta yang kurang benar itu seperti apa? Terdapat beberapa tinta misalnya, misalnya yang rubber kurang baik bila diterapkan dalam kaos berwarna gelap.

Alangkah baiknya bila buat desain baju sendiri online lalu sablonnya disesuaikan dengan keinginan konsumen tetapi dijelaskan juga bagaimana kekurangan serta kelebihannya.

KUALITAS SABLON DIGITAL

Bagi mutu sablon digital tersebut sangat ditentukan oleh tipe kertas transfer (transfer paper) yang digunakan dan juga mutu tinta.

kebanyakan kaos yang dicetak dengan sablon digital di saat anda tarik kaosnya, kemungkinan sablonnya jadi pecah-pecah.

Ini salah satu bukti bahwa kertas transfer yang digunakan kualitasnya kurang bagus. maka usahakan, apabila mau membuka usaha sablon digital memakai kertas transfer serta tinta yang kualitasnya bagus.

Selain 4 perbedaan diatas untuk harga sablon kaos manual lebih murah dibandingkan dengan sablon digital. Dikarenakan alat yang digunakan sangat berbeda jauh. Lebih lagi jika desain kaosnya sparasi dengan beragam warna.

BANYAKNYA ORDER

Menurut survey lapangan yang kita lakukan, hal seperti inilah yang sering terjadi.

SABLON MANUAL

Pada usaha sablon kaos daerah khusus ibukota Jakarta misalnya, pasti ada penetapan minimal order untuk tiap desainnya.

Karena hal ini untuk mengurangi biaya produksi juga ke efesienan dari layar yang akan dibentuk.

SABLON DIGITAL

Lainhalnya dengan sablon manual untuk jasa sablon digital ini beberapa penyedia jasa percetakan kaos mengizinkan pemesannya untuk mencetak hanya 1 buah kaos saja.

Karena untuk sablon kaos digital tidak memerlukan anggaran lebih dalam membuat layar.

MACAM-MACAM SABLON

SABLON RUBBER

Sablon rubber atau sablon karet. Sablon dengan tinta ini bisa menutup serat-serat kain dan memiliki efek timbul. Hasilnya juga elastis. Tipe sablon ini dikhususkan buat kaos berwarna gelap karena sifat tintanya yang pekat.

Tinta ini sering dimanfaatkan untuk alsa desain maupun underbase. Maksudnya untuk warna dasar sebelum penyablonan warna-warna yang lain.

SABLON PIGMEN

Jenis salon ini sifatnya gampang meresap pada serat-serat kain sehingga hasilnya keren. Tetapi sablon pigmen ini cuman bisa digunakan pada kaos berwarna terang.

Andai digunakan pada kaos yang berwarna gelap hasilnya akan kuang baik malahan jelek. Rata-rata empunya usaha sablon jarang merekomendasikan sablon model ini.

SABLON FOAM

Sablon ini dinamakan foam atau busa dikarenakan memang hasil sablon dengan menggunakan tinta ini memberikan efek timbul bulat seperti busa dengan warna kusam.

Bahan dasarnya dari karet hingga minim fleksibel. Sablon foam ini boleh diadukan oleh sablon rubber atau plastisol.

SABLON PLASTISOL

Bentuk sablon yang satu ini banyak dipakai pengsuplai jasa sablon khususnya para pengusaha sablon kaos murah jakarta utara, sebab sablon plastisol memiliki kekuatan tempel yang sungguh bagus dan lebih awet.

Plastisol ini ialah tinta yang berbahan dasar minyak (oil based). Keahliannnya yang istimewa buat sablon jenis ini lebih memakan biaya daripada jenis sablon yang lain.

Alat yang digunakan pun berbeda dari jenis-jenis sablon yang lain. Contohnya seperti alat pengering khusus yang pada umumnya memakai sinar infrared atau memakai flash curing dan conveyor curing

Sebab sablon plastisol memiliki daya tempel yang sangat tangguh, tetapi yang butuh diperhatikan yaitu ketika menyetrika kaosnya.

Saya sarankan untuk menyetrika kaos dengan sablon plastisol jangan langsung disetrika pada tempat sablonnya sebab akan meleleh.

SABLON GLITTER

Sablon yang transparan ini memiliki efek kerlap-kerlip hingga terlihat lebih eksklusif dan mewah. Gliter ini dibentuk dengan berbagai partikel kecil dengan ukuran mikro, tidak hanya itu tersedia juga efek selain kerlap-kerlip semacam metalik, hologram dan pelangi.

Sablon gliter ini sangat tepat dan normal dipakai untuk kaos anak perempuan karena efeknya yang menarik dan lucu. Semacam tulisan Barbie atau Frozen mungkin sering kami yang dijumpai.

SABLON GLOW IN THE DARK

Sablon yang bisa menyala di area gelap ini tercipta dari campuran bubuk fosfor yang bisa menghisap sinar matahari.

Hal inilah yang menjadikan sablon in the dark mampu terlihat di lingkungan yang gelap.
Bubuk fosfor ini bisa dicampurkan dengan sablon/tinta rubber, pigmen, dan plastisol.

SABLON SUPER WHITE

Sablon super white ini memiliki sifat tintanya serupa seperti rubber dan pigmen, sablon yang mampu menyerap ke serat-serat kain. Sablon super white cocok diterapkan oleh kaos berwarna tidak terang.

Sebab dapat menghasilkan warna putih terang yang cemerlang. Bukan hanya itu saja, dikarenakan sifatnya menyerap ke serat-serat, sablon super white ini memiliki kekuatan tutup yang bagus.

SABLON FOIL

Sablon yang polanya berasal dari bahan kertas logam menyerupai alumunium foil. Cara pencetakannya dilakukan dengan menempelkan lem khusus lalu dipress.
Kesan yang ditimbulkan adalah warna metalik sehingga kelihatan eksklusif.

SABLON FLOCKING

Sablon flocking lebih sering diketahui dengan sablon beludru, dikarenakan hasil akhir dari sablon ini adalah desain yang timbul dengan bulu-bulu halus.

Teknik mencetaknya sama dengan sablon foil, yaitu ditempel memakai lem khusus selanjutnya dipress agar merekat sempurna.

SABLON CABUT WARNA ATAU DISCHARGE

Untuk sablon discharge ini, kaos yang dipakai harus berbahan katun dan cotton, dikarenakan jenis tinta ini membuat melunturkan warna kaos dan menggantinya dengan warna lain sesuai kebutuhan.

Nah, meski dengan bahan katun tetapi jenis bahan katun yang dipakai harus katun yang reaktif.
Tinta untuk sablon discharge ini memakai bahan kimia yang sanggup mencabut warna asli bahan, ataupun yang lebih ekstrim menampilkan warna benang kaos yang sebenarnya.

Makanya, saran untuk penggunakan tinta ini agar mendapatkan hasil yang maksimal, bahan pewarna kainnya harus dipilih oleh yang dischargeable.

SABLON HIGH DENSITY

Sablon high density ini mempergunakan tinta plastisol dengan tingkat ketajaman yang lebih besar. Tinta ini bersifat transparan.

Efek yang dihasilkan adalah mengkilap dan berkesan basah. Namun bisa juga dibuat doff.

SABLON SEPARASI

Sablon jenis yang satu ini tahap penyablonannya dengan cara menseleksi warna desain untuk dibuat film.
Sablon separasi ada dua jenis, yaitu warna blok atau spot color untuk desain vector dan raster yang lumrah dianggap process warna ataupun raster.

SABLON ASPAL

Jenis sablon aspal ini memanfaatkan cat plastisol yang diprint diatas kain dengan teknik istimewa yang memperoleh tekstur yang unik.

SABLON DIRECT TO GARMENT (DTG)

Seperti yang saya bilang diatas, inilah proses penyablonan yang tidak mempergunakan media dan lebih menghemat energi di dalam proesenya karena menggunakan alat.

Sablon Direct to garment ini tahapannya memakai mesin khusus, biasanya berukuran lebih besar. Bagi hasilnya sangat jelas dan detail, buat warna yang dihasilkan bisa bergradien

Biasanya para vendor yang memiliki mesin sablon ini menerima pemesanan kaos hanya satuan karena dalam proses penyabloanannya tidak terlalu ribet.

ALAT-ALAT SABLON MANUAL

Sablon manual masih bertahan dengan seluruh keunggulannya sekalipun sedikit demi sedikit mulai tergeser dengan sablon auto.

Sablon manual masih banyak digunakan lantaran kualitas yang dihasilkan seringnya lebih awet dibandingkan sablon digital.

Nah, berikut berkaos rangkumkan apa saja sih sebenarnya yang wajib dipersiapkan untuk membikin sablon manual.

1. LAYAR ATAU SCREEN

Ini peralatan yang paling utama dalam sablon manual. Layar biasanya terbuat dari kain sutra, kain gasa, kain nilon, atau kain-kain lain yang berpori-pori.

Fungsi dari screen ini untuk memilih tinta yang akhirnya akan menempel di kaos sesuai design. Tetapi sebelum itu, screen ini jadi media pembentuk pola design yang dicetak pada kertas HVS.

Semakin besar nomor screen, maka semakin padat pori-porinya. Dan makin rapat pori-porinya maka hasil printing jadi semakin halus.

2. OBAT AFDRUK

Obat afdruk ini berfungsi untuk memindahkan desain dari kertas HVS ke pada screen yang nantinya jadi tercetak pola gambar.

Di sanalah tinta akan diratakan. Obat afdruk ini beragam merknya, yang sering dipakai ialah: Ulano TZ, Super Emulsion 5, dan Rainbow.

3. OBAT PENGHAPUS M3 / 3M

Obat penghapus ini paling diperlukan, karena bila sewaktu-waktu kamu hendak merubah pola desain yang ada di screen. Ataupun ingin menghapusnya secara keseluruhan untuk akhirnya screennya disimpan.

4. RAKEL

Rakel memiliki manfaat yang sama untuk memikat atau menggesut tinta sablon ke kain. Yang perlu diperhatikan ialah karet rakelnya,

dikarenakan karet rakel inilah yang membedakan fungsi secara spesifik. Ada 2 macam jenis pegangan rakel ialah pegangan dari kayu dan pegangan dari alumunium.

admin

Share
Published by
admin

Recent Posts

Kaos Komunitas Keren dan Simple: Makna, Contoh, Desain, Bahan, Manfaat, dan Harga

Apa itu Kaos Komunitas? Kaos komunitas adalah kaos yang dirancang untuk mewakili atau mewujudkan identitas…

2 months ago

Kaos Family Gathering Keren: Pengertian, Desain Kaos Family Gathering, Bahan, dan Manfaat

Pengertian Kaos Family Gathering Kaos family gathering adalah kaos yang dirancang khusus untuk acara atau…

2 months ago

Kaos Kelas Keren dan Aesthetic: Pengertian, Manfaat, Cara bikin, Aplikasi desain, dan Harga

Apa itu Kaos Kelas ? Kaos kelas merupakan sebuah pakaian yang biasanya dikenakan oleh siswa…

2 months ago

Penjelasan Lengkap Tentang Bahan Jersey: Pengertian, Jenis, Karakteristik bahan, Kelebihan dan Kekurangan

Apa itu Bahan Jersey? Bahan jersey adalah jenis kain yang sering digunakan dalam pembuatan pakaian…

2 months ago

Mengenal Lebih dalam Bahan Polyester: Pengertian, Jenis, Karakteristik Bahan, Kelebihan dan Kekurangan

Apa itu Bahan Polyester? Polyester adalah jenis bahan sintetis yang terbuat dari serat polimer poliester.…

2 months ago

Memahami Bahan Taslan: Pengertian, Jenis, Harga, Kelebihan dan Kekurangan

Apa itu Bahan Taslan? Bahan taslan adalah jenis kain yang terbuat dari serat poliamida atau…

2 months ago