Categories: BIKIN KAOS

Bikin Kaos Anak di Tanjungpinang

Bikin kaos dengan desain sendiri sekarang sangatlah mudah. Tempat perindustrian sekarang, terutama konveksi layanan sablon kaos diperkirakan akan selalu meningkat, lebih lagi kaos termasuk salah satu kebutuhan sandang yang utama bagi manusia.

Oleh sebab itu peluang bisnis konveksi kaos ini begitu diminati para wirausaha remaja yang menyasar para anak muda. Berkaos.com merupakan salah satu diantaranya.

Kendati dibuka pada tahun 2015, Berkaos.com telah menyerahkan servis menerima banyaknya klien yang aktif dari beragam komunitas, kerabat dan personal. Selaku bukti janji serta dedikasi kepada mutu kaos yang juara, Kami hanya melayani pesanan kaos saja.

APA ITU SABLON?

Secara khusus sablon bisa dikatakan sebagai metode mencetak dengan memanfaatkan layar (screen) yang rapat. Layar tersebut biasanya berbahan dasar sutra dan nilon yang akhirnya dibentuk berdasarkan desain yang ingin dibuat.

Lalu setelah layar yang telah terpola diletakkan di atas kaos lalu diberikan tinta sablon agar pola yang berada pada layar tercetak pada kaos.

Dengan teknologi yang terus maju, sekarang ini anda dapat menjumpai Banyak macam jenis sablon dan tidak perlu bingung untuk membikin layar dan memola desain ke layar.

Ini disebut sablon digital
Memang tidak 100% terkomputerisasi dalam prosesnya, namun disandingkan dengan sablon manual proses pengerjaan sablon digital tersebut lebih cepat serta tidak memerlukan banyak tenaga.

SABLON MANUAL DAN SABLON DIGITAL

Setiap hal pasti mempunyai baik buruknya, keuntungan dan kelemahannya. Disini Berkaos.com tidak untuk membandingkan diantara keduanya.

Namun untuk memberi wawasan tentang sablon manual dan sablon digital
Bagi sablon manual kelebihanya yaitu mutu dan tahan lama, sedangkan sablon digital yaitu unggul di kekreatifan.

Teknik sablon manual dapat mencetak desain dengan tahan lama, kemungkinan luntur ataupun pecah sangat sedikit tetapi kebanyakan cuma bisa satu warna solid.

Sementara itu untuk sablon digital kita dapat mencetak desain dengan beragam warna bahan dengan warna gradient tetapi tentang kualitas, kaos dengan sablon digital gampang pudar.

PERBEDAAN SABLON MANUAL DAN SABLON DIGITAL

Terdapat adanya perbedaan khususnya antara Sablon Manual dan Sablon Digital. Itu semata-mata tidak untuk jadi perbandingan bahwa ada yang lebih baik diantara keduanya.

Sebab pada dasarnya semuanya kembali pada proses pengerjaan. Jika pengerjaanya bagus tentunya hasilnya jadi sangat baik.

MEDIA CETAK YANG DIPAKAI

SABLON MANUAL

Pada umumnya untuk sablon manual tersebut memakai kertas HVS untuk Pembentukan pola di layar sablon, lalu mencetaknya ke dalam kaos dengan meratakan tinta yang sangat bervariatif dari sablon digital.

SABLON DIGITAL

Lalu untuk sablon ditigal biasanya menggunakan kertas transfer (transfer paper) yang digunakan untuk mencetak desain pada kaos. Kertas transfer ini bagian dari aspek yang memastikan mutu dari sablonan.

Ada bermacam model kertas transfer, diantaranya glow in the dark, beludru, oracle dan lain sebagainya.

Namun ada yang tidak menggunakan kertas transfer misalnya sablon DTG (Direct to Garment). DTG merupakan teknologi baru, sebab prosesnya sangat praktis.

Tidak memerlukan media cetak yang berlebihan karena kaos polos langsung dapat digunakan untuk media cetak itu sendiri.

KUALITAS SABLON MANUAL

Biasanya sablon manual punya kualitas yang bagus dan lebih awet. Akan tetapi tidak dapat menjadi acuan, sebab tergantung jasanya. karena realitasnya banyak kaos yang disablon manual namun ketika dicuci tintanya mudah mengelupas.

Hal semacam ini biasanya dipengaruhi oleh tinta yang kurang pas dan proses pengeringan yang tidak cukup maksimal.

Tinta yang kurang tepat itu seperti apa? Ada beberapa tinta misalnya, misalnya yang rubber tidak cukup bagus bila diterapkan pada kaos berwarna gelap.

Lebih baik jika buat design baju sendiri online lalu sablonnya disesuaikan dengan keinginan konsumen tetapi dijelaskan juga bagaimana kekurangan dan kelebihannya.

KUALITAS SABLON DIGITAL

Bagi kualitas sablon digital tersebut sangat dipastikan dengan tipe kertas transfer (transfer paper) yang digunakan dan juga mutu tinta.

Tidak jarang kaos yang dicetak dengan sablon digital pada saat kita tarik kaosnya, kemungkinan sablonnya menjadi pecah-pecah.

Itu salah satu tanda jika kertas transfer yang digunakan kualitasnya kurang bagus. Jadi usahakan, bila mau membuka usaha sablon digital memakai kertas transfer serta tinta yang kualitasnya bagus.

Selain 4 perbedaan diatas buat harga sablon kaos manual lebih murah dibandingkan dengan sablon digital. Lantaran alat yang digunakan sangat berbeda jauh. Lebih lagi jika desain kaosnya sparasi dengan beragam warna.

BANYAKNYA PESANAN

Berdasarkan survey lapangan yang kita perbuat, hal seperti inilah yang sering berlaku.

SABLON MANUAL

Dalam usaha sablon kaos daerah khusus ibukota Jakarta misalnya, pasti ada ketentuan minimum pesanan buat semua desainnya.

Sebab hal ini supaya meringankan anggaran produksi dan ke efesienan dari layar yang ingin dibuat.

SABLON DIGITAL

Lainhalnya dengan sablon manual untuk jasa sablon digital ini beberapa layanan jasa percetakan kaos membolehkan pembelinya untuk mencetak hanya satu buah kaos saja.

Lantaran untuk harga sablon kaos digital tidak memerlukan biaya lebih dalam membuat layar.

MACAM-MACAM SABLON

SABLON RUBBER

Sablon rubber atau sablon karet. Sablon dengan tinta ini mampu menutup serat-serat kain dan mempunyai efek timbul. Hasilnya juga elastis. Tipe sablon ini dikhususkan untuk kaos berwarna gelap karena sifat tintanya yang pekat.

Tinta ini sering dimanfaatkan untuk alsa desain ataupun underbase. Artinya sebagai warna dasar sebelum penyablonan warna-warna lain.

SABLON PIGMEN

Jenis salon ini sifatnya gampang meresap pada serat-serat kain sehingga hasilnya keren. Tetapi sablon pigmen ini cuma bisa digunakan pada kaos berwarna tidak gelap.

Kalau dipakai untuk kaos yang berwarna gelap hasilnya akan kuang baik terlebih-lebih kurang bagus. Rata-rata pemilik usaha sablon jarang menyarankan sablon tipe ini.

SABLON FOAM

Sablon ini mempunyai nama foam atau busa hal ini karena memang hasil akhirnya sablon dengan menggunakan tinta ini memberikan efek timbul bundar seperti busa dengan warna agak kecoklatan.

Bahan awalnya dari karet sehingga minim fleksibel. Sablon foam ini boleh diadukan dengan sablon rubber atau plastisol.

SABLON PLASTISOL

Bentuk sablon yang satu ini banyak digunakan pengsuplai jasa sablon terutama para pengusaha sablon kaos murah jakarta selatan, sebab sablon plastisol mempunyai daya rekat yang sangat baik dan lebih tahan.

Plastisol ini merupakan tinta yang berbahan dasar minyak (oil based). Kemampuannya yang istimewa membuat sablon jenis ini lebih memakan Anggaran dibandingkan jenis sablon sebagainya.

Peralatan yang dipakai pun berbeda dari jenis-jenis sablon yang lainnya. Misalnya semacam alat pengering khusus yang biasanya menggunakan sinar infrared atau menggunakan flash curing dan conveyor curing

Dikarenakan sablon plastisol memiliki kekuatan tempel yang sangat bagus, akan tetapi yang patut diperhatikan ialah ketika menyetrika kaosnya.

Saya rekomendasikan untuk menyetrika kaos oleh sablon plastisol dilarang langsung disetrika pada letak sablonnya karena bisa meleleh.

SABLON GLITTER

Sablon yang transparan ini mempunyai efek kerlap-kerlip hingga terlihat lebih eksklusif dan bagus. Gliter ini terbentuk dengan berbagai partikel kecil berukuran mikro, tidak hanya itu tersedia juga efek lainnya kerlap-kerlip contohnya metalik, hologram dan pelangi.

Sablon gliter ini sangat tepat dan biasa digunakan untuk kaos anak wanita karena efeknya yang menarik dan lucu. Seperti tulisan Barbie atau Frozen mungkin hampir sering kita yang dijumpai.

SABLON GLOW IN THE DARK

Sablon yang sanggup menyala di tempat gelap ini dibuat dari campuran bubuk fosfor yang mampu menghisap sinar matahari.

Inilah yang membuat sablon in the dark mampu terlihat di lingkungan yang gelap.
Bubuk fosfor ini bisa dicampurkan oleh sablon/tinta rubber, pigmen, dan plastisol.

SABLON SUPER WHITE

Sablon super white ini memiliki sifat tintanya serupa seperti rubber dan pigmen, sablon yang bisa menyerap ke serat-serat kaos. Sablon super white cocok dipakai untuk kaos berwarna tidak terang.

Sebab dapat menghasilkan warna putih terang yang cemerlang. Selain itu saja, dikarenakan sifatnya menyerap ke serat-serat, sablon super white ini memiliki kekuatan tutup yang baik.

SABLON FOIL

Sablon yang gambarnya terbuat dari bahan kertas logam mirip alumunium foil. Metode pencetakannya diterapkan melalui menempelkan lem khusus lalu dipress.
Kesan yang ditimbulkan adalah warna metalik hingga terlihat eksklusif.

SABLON FLOCKING

Sablon flocking lebih sering dikenal dengan sablon beludru, sebab hasil akhir dari sablon ini adalah desain yang timbul dengan bulu-bulu halus.

Cara mencetaknya serupa dengan sablon foil, yaitu dilekatkan memakai lem khusus lalu dipress agar merekat sempurna.

SABLON CABUT WARNA ATAU DISCHARGE

Untuk sablon discharge ini, kaos yang digunakan wajib berbahan katun atau cotton, sebab jenis tinta ini akan melunturkan warna kaos dan menggantinya melalui warna lain sesuai kebutuhan.

Nah, walaupun dengan bahan katun akan tetapi jenis bahan katun yang dipakai wajib katun yang reaktif.
Tinta untuk sablon discharge ini memakai bahan kimia yang dapat mencabut warna asli kain, ataupun yang lebih keras menampilkan warna benang kaos yang sebenarnya.

Makanya, tips untuk menggunakan tinta ini agar mendapatkan hasil yang maksimal, bahan pewarna kainnya harus dipilih dengan yang dischargeable.

SABLON HIGH DENSITY

Sablon high density ini memanfaatkan tinta plastisol dengan tahap ketajaman yang lebih besar. Tinta ini bersifat transparan.

Efek yang diperoleh ialah mengkilap dan berkesan basah. Akan tetapi dapat juga dibuat doff.

SABLON SEPARASI

Sablon jenis yang satu ini tahap penyablonannya dengan cara menseleksi warna desain yang dijadikan film.
Sablon separasi ada 2 tipe, ialah warna blok atau spot color buat desain vector dan raster yang lumrah dianggap process color ataupun raster.

SABLON ASPAL

Jenis sablon aspal ini menggunakan cat plastisol yang dicetak diatas kain dengan cara khusus yang mendapatkan tekstur yang unik.

SABLON DIRECT TO GARMENT (DTG)

Seperti yang kami bilang diatas, inilah proses penyablonan dimana tidak memakai media dan lebih menghemat tenaga pada proesenya dikarenakan memanfaatkan mesin.

Sablon Direct to garment ini tahapannya memakai alat khusus, seringnya berukuran lebih besar. Bagi hasilnya sangat jelas dan detail, untuk warna yang dihasilkan boleh bergradien

Seringnya para vendor yang punya mesin sablon ini menerima order kaos hanya satuan disebabkan dalam proses penyabloanannya tidak terlalu ribet.

ALAT-ALAT SABLON MANUAL

Sablon manual mampu bertahan dengan segenap kelebihannya sekalipun sedikit demi sedikit mulai tergeser dengan sablon digital.

Sablon manual masih besar digunakan dikarenakan kualitas yang dihasilkan seringnya lebih awet dibandingkan sablon digital.

Nah, berikut berkaos rangkumkan apa saja sih sebetulnya yang patut dipersiapkan agar membikin sablon manual.

1. LAYAR DAN TAMPILAN

Ini peralatan yang paling utama untuk sablon manual. Layar pada umumnya terbuat dari kain sutra, kain gasa, kain nilon, atau kain-kain lain yang berpori-pori.

Tujuan dari screen ini untuk menentukan tinta yang nantinya akan menempel di kaos sesuai desain. Namun sebelum itu, screen ini jadi media membentuk pola desain yang dicetak di kertas HVS.

Semakin gede nomor screen, maka semakin padat pori-porinya. Dan makin rapat pori-porinya maka hasil printing jadi semakin rapih.

2. OBAT AFDRUK

Obat afdruk ini berfungsi untuk memindahkan desain dari kertas HVS ke pada screen yang nantinya jadi tercetak pola gambar.

Di sinilah tinta akan diratakan. Obat afdruk ini beragam merknya, yang sering dipakai ialah: Ulano TZ, Super Emulsion 5, dan Rainbow.

3. OBAT PENGHAPUS M3 / 3M

Obat penghapus ini amat diperlukan, karena jika sewaktu-waktu anda hendak mengubah pola desain yang ada di screen. Ataupun ingin menghapusnya secara semuanya untuk kemudian screennya disimpan.

4. RAKEL

Rakel memiliki fungsi yang sama untuk memikat atau menempelkan tinta sablon ke kain. Yang perlu diperhatikan ialah karet rakelnya,

hal ini karena karet rakel inilah yang membedakan fungsi secara jelas. Ada 2 macam tipe pegangan rakel yaitu pegangan dari kayu dan pegangan dari alumunium.

admin

Share
Published by
admin

Recent Posts

Kaos Komunitas Keren dan Simple: Makna, Contoh, Desain, Bahan, Manfaat, dan Harga

Apa itu Kaos Komunitas? Kaos komunitas adalah kaos yang dirancang untuk mewakili atau mewujudkan identitas…

2 months ago

Kaos Family Gathering Keren: Pengertian, Desain Kaos Family Gathering, Bahan, dan Manfaat

Pengertian Kaos Family Gathering Kaos family gathering adalah kaos yang dirancang khusus untuk acara atau…

2 months ago

Kaos Kelas Keren dan Aesthetic: Pengertian, Manfaat, Cara bikin, Aplikasi desain, dan Harga

Apa itu Kaos Kelas ? Kaos kelas merupakan sebuah pakaian yang biasanya dikenakan oleh siswa…

2 months ago

Penjelasan Lengkap Tentang Bahan Jersey: Pengertian, Jenis, Karakteristik bahan, Kelebihan dan Kekurangan

Apa itu Bahan Jersey? Bahan jersey adalah jenis kain yang sering digunakan dalam pembuatan pakaian…

2 months ago

Mengenal Lebih dalam Bahan Polyester: Pengertian, Jenis, Karakteristik Bahan, Kelebihan dan Kekurangan

Apa itu Bahan Polyester? Polyester adalah jenis bahan sintetis yang terbuat dari serat polimer poliester.…

2 months ago

Memahami Bahan Taslan: Pengertian, Jenis, Harga, Kelebihan dan Kekurangan

Apa itu Bahan Taslan? Bahan taslan adalah jenis kain yang terbuat dari serat poliamida atau…

2 months ago