Categories: BIKIN KAOS

Bikin Kaos Anak di Tebing Tinggi

Bikin kaos dengan desain sendiri kini tidaklah sulit. Lingkungan perindustrian saat ini, terutama konveksi jasa sablon kaos diperkirakan akan selalu meningkat, apalagi kaos merupakan salah satu kebutuhan sandang yang paling penting bagi manusia.

Oleh sebab itu kemungkinan bisnis konveksi kaos ini begitu diinginkan para wirausaha remaja yang menyasar para anak remaja. Berkaos.com merupakan salah satu diantaranya.

Kendati berdiri dari tahun 2015, Berkaos.com sudah memberikan pelayanan menerima banyaknya pelanggan yang aktif dalam berbagai komunitas, kerabat dan personal. Menjadi bukti janji dan dedikasi terhadap mutu kaos yang juara, Kita hanya melayani pesanan kaos saja.

APA ITU SABLON?

Secara khusus sablon bisa diartikan selaku metode mencetak dengan memakai layar (screen) yang rapat. Layar itu biasanya berbahan dasar sutra ataupun nilon yang kemudian dipola berdasarkan desain yang mau dibuat.

Lalu setelah layar yang telah terpola diterapkan di atas kaos lalu diberikan tinta sablon supaya pola yang terletak pada layar tercetak pada kaos.

Melalui teknologi yang kian maju, sekarang ini anda bisa menjumpai berbagai macam model sablon dan tidak usah bingung untuk membuat layar dan memola desain di layar.

Ini merupakan sablon digital
Sebenarnya tidak sepenuhnya terkomputerisasi dalam prosesnya, akan tetapi dibandingkan dengan sablon manual proses pengerjaan sablon digital di sini lebih efisien dan tidak membutuhkan banyak tenaga.

SABLON MANUAL DAN SABLON DIGITAL

Setiap hal pasti mempunyai baik buruknya, keuntungan dan kekuranganya. Disini Berkaos.com tidak akan membandingkan diantara keduanya.

Tetapi untuk memberikan pengetahuan mengenai sablon manual dan sablon digital
Bagi sablon manual keuntungannya adalah kualitas dan tahan lama, sedangkan sablon digital adalah unggul pada kekreatifan.

Teknik sablon manual dapat mencetak desain dengan awet, kemungkinan luntur ataupun pecah sangat sedikit tetapi rata-rata hanya bisa satu warna solid.

Sedangkan untuk sablon digital kita bisa mencetak design dengan banyak warna bahan dengan warna gradient akan tetapi tentang kualitas, kaos dengan sablon digital cepat luntur.

PERBEDAAN SABLON MANUAL DAN SABLON DIGITAL

Terdapat adanya perbedaan khususnya antara Sablon Manual dan Sablon Digital. Ini semata-mata tidak sekedar menjadi parameter jika ada yang lebih unggul diantara keduanya.

Lantaran pada dasarnya semuanya balik lagi kepada proses pengerjaan. Apabila pengerjaanya bagus tentunya hasilnya jadi sangat baik.

MEDIA CETAK YANG DIPAKAI

SABLON MANUAL

Pada umumnya untuk sablon manual itu memakai kertas HVS untuk membentuk pola di layar sablon, lalu mencetaknya ke dalam kaos dengan meratakan tinta yang lebih bervariatif dari sablon digital.

SABLON DIGITAL

Selanjutnya untuk sablon ditigal seringnya menggunakan kertas transfer (transfer paper) yang dipakai untuk mencetak desain pada kaos. Kertas transfer ini salah satu faktor yang menentukan mutu dari sablonan.

Ada bermacam model kertas transfer, yaitu glow in the dark, beludru, oracle dan yang lain sebagainya.

Tetapi ada yang tidak menggunakan kertas transfer seperti sablon DTG (Direct to Garment). DTG yaitu teknologi baru, karena prosesnya sangat efektif.

Tidak memerlukan media cetak yang banyak sebab kaos polos langsung bisa dijadikan media cetak itu sendiri.

KUALITAS SABLON MANUAL

Biasanya sablon manual memiliki mutu yang bagus dan lebih awet. Akan tetapi tidak bisa menjadi acuan, sebab tergantung jasanya. Sebab kenyataanya banyak kaos yang disablon manual akan tetapi sewaktu dicuci tintanya mudah pudar.

Hal seperti ini biasanya dipengaruhi akibat tinta yang kurang tepat lalu proses pengeringan yang kurang maksimal.

Tinta yang kurang benar itu bagaimana? Terdapat beberapa tinta misalnya, seperti yang rubber kurang baik jika diaplikasikan pada kaos berwarna gelap.

Alangkah baiknya jika buat design baju sendiri online dan sablonnya diserasikan dengan keinginan konsumen namun dijelaskan juga bagaimana kelemahan serta kelebihannya.

KUALITAS SABLON DIGITAL

Untuk mutu sablon digital tersebut sangat dipastikan oleh tipe kertas transfer (transfer paper) yang dipakai dan juga kualitas tinta.

Tidak jarang kaos yang dicetak dengan sablon digital di sewaktu anda tarik kaosnya, kemungkinan sablonnya menjadi pecah-pecah.

Ini salah satu tanda jika kertas transfer yang digunakan kualitasnya kurang bagus. Jadi usahakan, jika mau membuka bisnis sablon digital memakai kertas transfer serta tinta yang kualitasnya bermutu.

Selain 4 perbedaan diatas agar harga sablon kaos manual lebih terjangkau dibandingkan dengan sablon digital. Karena alat yang digunakan sangat berbeda jauh. Lebih lagi jika desain kaosnya sparasi dengan banyak warna.

BANYAKNYA PERMINTAAN

Berdasarkan survey lapangan yang kita lakukan, hal seperti inilah yang sering berlaku.

SABLON MANUAL

Pada usaha sablon kaos daerah khusus ibukota Jakarta misalnya, pasti ada ketentuan minimum pesanan untuk semua desainnya.

Sebab hal ini supaya mengurangi biaya produksi juga ke efesienan melalui layar yang akan dibentuk.

SABLON DIGITAL

Lainhalnya dengan sablon manual untuk jasa sablon digital ini sebagian penyedia jasa percetakan kaos membolehkan pemesannya untuk mencetak hanya satu contoh kaos saja.

Karena untuk sablon kaos digital tidak memerlukan biaya lebih dalam menyajikan layar.

MACAM-MACAM SABLON

SABLON RUBBER

Sablon rubber atau sablon karet. Sablon dengan tinta ini mampu menutup serat-serat kain dan memiliki efek timbul. Hasilnya juga lentur. Jenis sablon ini dikhususkan buat kaos berwarna gelap hal ini karena sifat tintanya yang pekat.

Tinta ini sering dimanfaatkan untuk alsa desain atau underbase. Artinya untuk warna dasar sebelum penyablonan warna-warna yang lain.

SABLON PIGMEN

Jenis salon ini sifatnya gampang meresap pada serat-serat kain sehingga hasilnya bagus. Tetapi sablon pigmen ini cuman dapat dipakai untuk kaos berwarna terang.

Kalau digunakan untuk kaos yang berwarna tidak terang hasilnya menjadi kuang bagus terlebih-lebih jelek. Rata-rata pemilik usaha sablon tidak menyarankan sablon tipe ini.

SABLON FOAM

Sablon ini memiliki nama foam atau busa karena memang hasil sablon dengan memakai tinta ini memberi efek timbul bulat seperti busa dengan warna agak kecoklatan.

Bahan awalnya dari karet hingga sedikit elastis. Sablon foam ini boleh diadukan melalui sablon rubber atau plastisol.

SABLON PLASTISOL

Model sablon yang satu ini banyak digunakan pengsuplai jasa sablon khususnya para pengusaha sablon kaos murah jakarta selatan, sebab sablon plastisol mempunyai daya rekat yang sangat baik dan lebih awet.

Plastisol ini adalah tinta yang berbahan dasar minyak (oil based). Keunggulannya yang istimewa membuat sablon jenis ini lebih memakan Anggaran daripada jenis sablon lainnya.

Peralatan yang digunakan pun berbeda dari jenis-jenis sablon yang lainnya. Contohnya seperti alat pengering khusus yang lazimnya menggunakan sinar infrared ataupun menggunakan flash curing dan conveyor curing

Disebabkan sablon plastisol memiliki kekuatan tempel yang sangat tangguh, akan tetapi yang wajib diperhatikan adalah ketika menyetrika kaosnya.

Kita rekomendasikan untuk menyetrika kaos dengan sablon plastisol jangan langsung disetrika pada tempat sablonnya sebab bisa meleleh.

SABLON GLITTER

Sablon yang transparan ini mempunyai efek kerlap-kerlip sehingga terkesan lebih eksklusif dan bagus. Gliter ini dibentuk dengan berbagai partikel kecil berukuran mikro, tidak hanya itu tersedia juga efek selain kerlap-kerlip seperti metalik, hologram dan pelangi.

Sablon gliter ini sangat cocok dan biasa digunakan untuk kaos anak perempuan karena efeknya yang menarik dan lucu. Layaknya tulisan Barbie maupun Frozen mungkin hampir sering kita yang dijumpai.

SABLON GLOW IN THE DARK

Sablon yang sanggup menyala di lokasi gelap ini terbuat dari campuran bubuk fosfor yang dapat menyerap sinar matahari.

Inilah yang membuat sablon in the dark mampu terlihat di arena yang gelap.
Bubuk fosfor ini dapat dicampurkan dengan sablon/tinta rubber, pigmen, dan plastisol.

SABLON SUPER WHITE

Sablon super white ini mempunyai sifat tintanya serupa seperti rubber dan pigmen, sablon yang dapat menyerap ke serat-serat kain. Sablon super white cocok digunakan oleh kaos berwarna tidak terang.

Sebab bisa menghasilkan warna putih terang yang menyala. Bukan hanya itu saja, dikarenakan sifatnya menyerap ke serat-serat, sablon super white ini memiliki kekuatan tutup yang baik.

SABLON FOIL

Sablon yang polanya berasal dari bahan kertas logam menyerupai alumunium foil. Teknik pencetakannya dilakukan dengan menempelkan lem khusus kemudian dipress.
Kesan yang dihasilkan adalah warna metalik sehingga terlihat eksklusif.

SABLON FLOCKING

Sablon flocking lebih sering diketahui dengan sablon beludru, lantaran hasil akhir melalui sablon ini adalah desain yang menonjol dengan bulu-bulu halus.

Teknik mencetaknya sama dengan sablon foil, yaitu ditempel memakai lem khusus kemudian dipress agar merekat sempurna.

SABLON CABUT WARNA ATAU DISCHARGE

Untuk sablon discharge ini, kaos yang dipakai harus berbahan katun dan cotton, disebabkan jenis tinta ini akan melunturkan warna kaos dan menggantinya dengan warna lain sesuai keinginan.

Nah, meskipun dengan bahan katun akan tetapi jenis bahan katun yang digunakan wajib katun yang reaktif.
Tinta agar sablon discharge ini memakai bahan kimia yang dapat mencabut warna asli bahan, atau yang lebih ekstrim memunculkan warna benang kaos yang sebenarnya.

Makanya, tips untuk menggunakan tinta ini supaya mendapatkan hasil yang tertinggi, bahan pewarna kainnya harus dipilih melalui yang dischargeable.

SABLON HIGH DENSITY

Sablon high density ini memanfaatkan tinta plastisol dengan tingkat ketajaman yang lebih tinggi. Tinta ini memiliki sifat transparan.

Efek yang ditimbulkan ialah mengkilap dan terkesan basah. Namun dapat juga dibuat doff.

SABLON SEPARASI

Sablon jenis yang satu ini tahap penyablonannya dengan cara menseleksi warna desain yang dijadikan film.
Sablon separasi ada 2 macam, ialah warna blok atau spot color untuk desain vector dan raster yang lumrah disebut process color ataupun raster.

SABLON ASPAL

Jenis sablon aspal ini memakai cat plastisol yang diprint diatas kain melalui metode khusus yang mendapatkan bentuk yang unik.

SABLON DIRECT TO GARMENT (DTG)

Sebagaimana yang kami bilang diatas, inilah tahapan penyablonan dimana tidak menggunakan media dan lebih menghemat tenaga dalam proesenya dikarenakan memanfaatkan mesin.

Sablon Direct to garment itu tahapannya memakai mesin khusus, seringnya berukuran lebih besar. Bagi hasilnya sangat jelas dan detail, untuk warna yang dihasilkan bisa bergradien

Seringnya para vendor yang punya mesin sablon ini menerima order kaos hanya satuan dikarenakan dalam proses penyabloanannya tidak begitu ribet.

ALAT-ALAT SABLON MANUAL

Sablon manual mampu bertahan dengan segala keunggulannya walaupun sedikit demi sedikit mulai tergeser dengan sablon digital.

Sablon manual masih besar digunakan dikarenakan kualitas yang dihasilkan kebanyakan lebih awet dibandingkan sablon digital.

Nah, berikut berkaos rangkumkan apa saja sih sebetulnya yang harus dipersiapkan untuk menggunakan sablon manual.

1. LAYAR ATAU SCREEN

Ini peralatan yang paling dasar untuk sablon manual. Layar seringnya berasal dari kain sutra, kain gasa, kain nilon, atau kain-kain lain yang berpori-pori.

Manfaat dari screen ini untuk menentukan tinta yang nantinya akan ditempel di kaos sesuai desain. Tapi sebelum itu, screen ini jadi media pembentuk pola desain yang dicetak pada kertas HVS.

Semakin luas nomor screen, maka semakin padat pori-porinya. Serta semakin rapat pori-porinya maka hasil cetakan akan semakin halus.

2. OBAT AFDRUK

Obat afdruk ini bermanfaat untuk memindahkan design dari kertas HVS ke dalam screen yang nantinya akan tercetak pola gambar.

Di sinilah tinta akan diratakan. Obat afdruk ini banyak merknya, yang banyak digunakan adalah: Ulano TZ, Super Emulsion 5, dan Rainbow.

3. OBAT PENGHAPUS M3 / 3M

Obat penghapus ini sangat dibutuhkan, sebab bila sewaktu-waktu kamu mau merubah pola desain yang ada di screen. Atau ingin menghapusnya secara semuanya untuk akhirnya screennya disimpan.

4. RAKEL

Rakel memiliki manfaat yang sama supaya memikat atau mempererat tinta sablon ke kaos. Yang mesti diperhatikan adalah karet rakelnya,

hal ini karena karet rakel inilah yang membedakan fungsi secara spesifik. Ada 2 macam model pegangan rakel ialah pegangan dari kayu kemudian pegangan dari alumunium.

admin

Share
Published by
admin

Recent Posts

Kaos Komunitas Keren dan Simple: Makna, Contoh, Desain, Bahan, Manfaat, dan Harga

Apa itu Kaos Komunitas? Kaos komunitas adalah kaos yang dirancang untuk mewakili atau mewujudkan identitas…

2 months ago

Kaos Family Gathering Keren: Pengertian, Desain Kaos Family Gathering, Bahan, dan Manfaat

Pengertian Kaos Family Gathering Kaos family gathering adalah kaos yang dirancang khusus untuk acara atau…

2 months ago

Kaos Kelas Keren dan Aesthetic: Pengertian, Manfaat, Cara bikin, Aplikasi desain, dan Harga

Apa itu Kaos Kelas ? Kaos kelas merupakan sebuah pakaian yang biasanya dikenakan oleh siswa…

2 months ago

Penjelasan Lengkap Tentang Bahan Jersey: Pengertian, Jenis, Karakteristik bahan, Kelebihan dan Kekurangan

Apa itu Bahan Jersey? Bahan jersey adalah jenis kain yang sering digunakan dalam pembuatan pakaian…

2 months ago

Mengenal Lebih dalam Bahan Polyester: Pengertian, Jenis, Karakteristik Bahan, Kelebihan dan Kekurangan

Apa itu Bahan Polyester? Polyester adalah jenis bahan sintetis yang terbuat dari serat polimer poliester.…

2 months ago

Memahami Bahan Taslan: Pengertian, Jenis, Harga, Kelebihan dan Kekurangan

Apa itu Bahan Taslan? Bahan taslan adalah jenis kain yang terbuat dari serat poliamida atau…

2 months ago