Categories: BIKIN KAOS

Bikin Kaos Anak di Tegal

Bikin kaos dengan desain sendiri sekarang sangatlah mudah. Lingkungan perindustrian sekarang, seperti konveksi jasa sablon kaos diperkirakan akan terus meningkat, apalagi kaos termasuk salah satu kebutuhan sandang yang paling penting untuk manusia.

Oleh sebab itu kemungkinan usaha konveksi kaos ini begitu diminati para wirausaha remaja yang menyasar para anak remaja. Berkaos.com termasuk salah satu diantaranya.

Sejak berdiri pada tahun 2015, Berkaos.com sudah menyerahkan servis menerima ratusan pelanggan yang aktif dari beragam komunitas, kerabat dan personal. Sebagai bukti janji serta dedikasi kepada kualitas kaos yang terbaik, Kami sebatas menangani pesanan kaos saja.

APA ITU SABLON?

Secara khusus sablon dapat diartikan selaku metode mencetak dengan memanfaatkan layar (screen) yang rapat. Layar tersebut pada umumnya berbahan dasar sutra dan nilon yang akhirnya dibentuk berdasarkan desain yang akan dibuat.

Kemudian selanjutnya layar yang sudah terpola diletakkan di atas kaos lalu diberikan tinta sablon supaya pola yang berada di layar tercetak pada kaos.

Melalui teknologi yang kian maju, sekarang ini kamu dapat menemukan berbagai bentuk jenis sablon dan tidak usah bingung untuk membikin layar dan memola desain ke layar.

sablon berikut disebut sablon digital
Sebenarnya tidak sepenuhnya terkomputerisasi pada prosesnya, akan tetapi disandingkan dengan sablon manual metode pengerjaan sablon digital di sini lebih efisien dan tidak memerlukan banyak tenaga.

SABLON MANUAL DAN SABLON DIGITAL

Setiap hal pasti memiliki baik buruknya, kelebihan dan kekuranganya. Disini Berkaos.com tidak akan membandingkan diantara keduanya.

Namun untuk memberi wawasan terkait sablon manual dan sablon digital
Untuk sablon manual kelebihanya yaitu mutu dan keawetan, sedangkan sablon digital yaitu unggul dalam kekreatifan.

Teknik sablon manual dapat mencetak desain dengan tahan lama, kemungkinan pudar atau pecah sangat sedikit namun biasanya cuma bisa satu warna solid.

Sementara itu untuk sablon digital kita bisa mencetak desain dengan beragam warna bahan dengan warna gradient akan tetapi untuk kualitas, kaos dengan sablon digital mudah pudar.

PERBEDAAN SABLON MANUAL DAN SABLON DIGITAL

Dengan adanya perbedaan di antara Sablon Manual dengan Sablon Digital. Itu semata-mata bukan sekedar menjadi parameter bahwa ada yang lebih baik diantara keduanya.

Karena pada dasarnya semuanya kembali pada proses pengerjaan. Apabila pengerjaanya bagus tentunya hasilnya akan sangat baik.

MEDIA CETAK YANG DIPAKAI

SABLON MANUAL

Pada umumnya untuk sablon manual tersebut memakai kertas HVS untuk membentuk pola di layar sablon, lalu mencetaknya ke dalam kaos dengan meratakan tinta yang sangat bervariatif dari sablon digital.

SABLON DIGITAL

Kemudian untuk sablon ditigal kebanyakan menggunakan kertas transfer (transfer paper) yang digunakan untuk mencetak design di dalam kaos. Kertas transfer ini bagian dari faktor yang memastikan kualitas dari sablonan.

Ada bermacam model kertas transfer, yaitu glow in the dark, beludru, oracle serta lain sebagainya.

Namun ada yang tidak menggunakan kertas transfer seperti sablon DTG (Direct to Garment). DTG adalah teknologi baru, sebab prosesnya sangat cepat.

Tidak membutuhkan media cetak yang berlebihan sebab kaos polos langsung bisa digunakan untuk media cetak itu sendiri.

KUALITAS SABLON MANUAL

Biasanya sablon manual mempunyai kualitas yang baik dan lebih awet. Akan tetapi tidak bisa menjadi acuan, sebab tergantung jasanya. Sebab kenyataanya banyak kaos yang disablon manual akan tetapi ketika dicuci tintanya gampang mengelupas.

Kejadian semacam ini biasanya dipengaruhi akibat tinta yang kurang pas lalu proses pengeringan yang tidak cukup maksimal.

Tinta yang kurang tepat itu seperti apa? Ada beberapa tinta misalnya, seperti yang rubber tidak cukup bagus bila diterapkan pada kaos berwarna gelap.

Sebaiknya jika buat design baju sendiri online lalu sablonnya disesuaikan dengan keinginan konsumen namun dijelaskan pula bagaimana kekurangan dan kelebihannya.

KUALITAS SABLON DIGITAL

Bagi kualitas sablon digital tersebut sangat ditentukan dengan jenis kertas transfer (transfer paper) yang digunakan dan juga kualitas tinta.

kebanyakan kaos yang dicetak melalui sablon digital di saat anda tarik kaosnya, kemungkinan sablonnya menjadi pecah-pecah.

Itu salah satu tanda bahwa kertas transfer yang dipakai kualitasnya tidak cukup bagus. maka usahakan, jika ingin mengembangkan bisnis sablon digital memakai kertas transfer dan tinta yang kualitasnya bermutu.

Selain 4 perbedaan diatas untuk harga sablon kaos manual lebih murah dibandingkan dengan sablon digital. Sebab alat yang digunakan sangat berbeda jauh. Lebih lagi jika desain kaosnya sparasi dengan aneka warna.

BANYAKNYA PERMINTAAN

Menurut survey lapangan yang kita buat, hal semacam inilah yang sering terjadi.

SABLON MANUAL

Pada usaha sablon kaos daerah khusus ibukota Jakarta misalnya, pastinya ada penetapan minimal pesanan buat tiap desainnya.

Sebab hal ini untuk mengurangi biaya produksi dan ke efesienan melalui layar yang ingin dibuat.

SABLON DIGITAL

Lainhalnya dengan sablon manual untuk jasa sablon digital ini sebagian layanan jasa percetakan kaos membolehkan kaonsumennya untuk mencetak hanya satu buah kaos saja.

Dikarenakan untuk biaya sablon kaos digital tidak memerlukan biaya lebih dalam membuat layar.

MACAM-MACAM SABLON

SABLON RUBBER

Sablon rubber atau sablon karet. Sablon dengan tinta ini bisa menutup serat-serat kain dan mempunyai efek timbul. Hasilnya juga lentur. Model sablon ini dikhususkan untuk kaos berwarna gelap hal ini karena sifat tintanya yang pekat.

Tinta ini sering dimanfaatkan untuk alsa desain ataupun underbase. Maksudnya untuk warna dasar sebelum penyablonan warna-warna lain.

SABLON PIGMEN

Jenis salon ini sifatnya mudah meresap pada serat-serat kain sehingga hasilnya bagus. Tetapi sablon pigmen ini cuma bisa dipakai untuk kaos berwarna tidak gelap.

Bilamana dipakai pada kaos yang berwarna tidak terang hasilnya menjadi kuang bagus bahkan kurang bagus. Rata-rata pemilik usaha sablon tidak merekomendasikan sablon jenis ini.

SABLON FOAM

Sablon ini diberinama foam atau busa dikarenakan memang hasil akhirnya sablon dengan memakai tinta ini memberikan efek timbul bundar seperti busa dengan warna agak kecoklatan.

Bahan dasarnya dari karet sehingga minim fleksibel. Sablon foam ini boleh dicampurkan melalui sablon rubber atau plastisol.

SABLON PLASTISOL

Bentuk sablon yang satu ini banyak dipakai penyedia jasa sablon khususnya para pengusaha sablon kaos murah jakarta selatan, sebab sablon plastisol mempunyai daya tempel yang sangat bagus dan lebih lama.

Plastisol ini merupakan tinta yang berbahan dasar minyak (oil based). Keahliannnya yang istimewa membuat sablon jenis ini lebih memakan Anggaran dibandingkan jenis sablon sebagainya.

Peralatan yang digunakan pun beda dari jenis-jenis sablon yang lainnya. Contohnya seperti alat pengering khusus yang umumnya menggunakan sinar infrared atau menggunakan flash curing dan conveyor curing

Sebab sablon plastisol memiliki kekuatan tempel yang sangat tangguh, namun yang perlu diperhatikan yaitu ketika menggosok kaosnya.

Kami sarankan untuk menyetrika kaos oleh sablon plastisol jangan langsung disetrika pada bagian sablonnya dikarenakan akan meleleh.

SABLON GLITTER

Sablon yang transparan ini memiliki efek kerlap-kerlip sehingga terlihat lebih eksklusif dan stylis. Gliter ini dibentuk dengan berbagai partikel kecil berukuran mikro, tidak hanya itu tersedia juga efek lainnya kerlap-kerlip semacam metalik, hologram dan pelangi.

Sablon gliter ini sangat cocok dan lumrah digunakan untuk kaos anak perempuan karena efeknya yang menarik dan lucu. Seperti tulisan Barbie ataupun Frozen mungkin hampir sering kami yang dijumpai.

SABLON GLOW IN THE DARK

Sablon yang mampu bersinar di lingkungan gelap ini tercipta dari campuran bubuk fosfor yang mampu menghisap sinar matahari.

Karena inilah yang membuat sablon in the dark bisa terlihat di lingkungan yang gelap.
Bubuk fosfor ini dapat dicampurkan oleh sablon/tinta rubber, pigmen, dan plastisol.

SABLON SUPER WHITE

Sablon super white ini memiliki sifat tintanya sama seperti rubber dan pigmen, sablon yang mampu menyerap ke serat-serat kain. Sablon super white cocok digunakan oleh kaos berwarna tidak terang.

Sebab mampu menghasilkan warna putih terang yang cemerlang. Selain itu saja, dikarenakan sifatnya menyerap ke serat-serat, sablon super white ini memiliki daya tutup yang bagus.

SABLON FOIL

Sablon yang desainnya berasal dari bahan kertas logam menyerupai alumunium foil. Teknik pencetakannya diterapkan melalui menempelkan lem khusus lalu dipress.
Kesan yang ditimbulkan adalah warna metalik sehingga terlihat eksklusif.

SABLON FLOCKING

Sablon flocking lebih sering terkenal dengan sablon beludru, disebabkan hasil akhir melalui sablon ini adalah desain yang menonjol dengan bulu-bulu halus.

Cara mencetaknya sama dengan sablon foil, yaitu ditempel menggunakan lem khusus lalu dipress agar menempel sempurna.

SABLON CABUT WARNA ATAU DISCHARGE

Untuk sablon discharge ini, kaos yang dipakai harus berbahan katun dan cotton, sebab jenis tinta ini membuat melunturkan warna kaos dan menggantinya melalui warna lain sesuai keperluan.

Nah, meskipun hanya bahan katun akan tetapi jenis bahan katun yang digunakan wajib katun yang reaktif.
Tinta untuk sablon discharge ini mempergunakan bahan kimia yang dapat mencabut warna asli bahan, ataupun yang lebih keras menampilkan warna benang kaos yang sesungguhnya.

Makanya, tips untuk penggunakan tinta ini agar mendapatkan hasil yang tertinggi, bahan pewarna kainnya harus dipilih melalui yang dischargeable.

SABLON HIGH DENSITY

Sablon high density ini mempergunakan tinta plastisol dengan tingkat ketajaman yang lebih atas. Tinta ini memiliki sifat transparan.

Efek yang ditimbulkan adalah mengkilap dan berkesan basah. Akan tetapi dapat juga dibuat doff.

SABLON SEPARASI

Sablon jenis yang satu ini proses penyablonannya melalui cara memisahkan warna desain yang dijadikan film.
Sablon separasi ada dua model, ialah warna blok atau spot color untuk desain vector dan raster yang biasa disebut process warna maupun raster.

SABLON ASPAL

Jenis sablon aspal ini memanfaatkan cat plastisol yang dicetak diatas kain melalui cara istimewa yang mendapatkan bentuk yang unik.

SABLON DIRECT TO GARMENT (DTG)

Seperti yang kita bilang diatas, inilah proses penyablonan dimana tanpa memakai media dan lebih menghemat energi pada proesenya dikarenakan menggunakan mesin.

Sablon Direct to garment ini tahapannya memakai mesin khusus, seringnya berukuran lebih besar. Supaya hasilnya sangat jelas dan detail, buat warna yang dihasilkan dapat bergradien

Seringnya para vendor yang punya mesin sablon ini menerima pesanan kaos hanya satuan hal ini karena dalam proses penyabloanannya tidak terlalu ribet.

ALAT-ALAT SABLON MANUAL

Sablon manual mampu bertahan dengan seluruh kelebihannya meskipun sedikit demi sedikit mulai tergeser dengan sablon auto.

Sablon manual masih besar digunakan lantaran kualitas yang dihasilkan pada umumnya lebih awet daripada sablon digital.

Nah, berikut berkaos simpulkan apa saja sih sebenarnya yang perlu dipersiapkan untuk membuat sablon manual.

1. LAYAR DAN TAMPILAN

Ini perangkat yang paling utama di dalam sablon manual. Layar biasanya berasal dari kain sutra, kain gasa, kain nilon, atau kain-kain lain yang berpori-pori.

Fungsi dari screen ini untuk menentukan tinta yang nantinya akan ditempel di kaos sesuai design. Tetapi sebelum itu, screen ini jadi media membentuk pola design yang tercetak di kertas HVS.

Makin luas nomor screen, maka semakin padat pori-porinya. Dan semakin rapat pori-porinya maka hasil cetakan akan semakin rapih.

2. OBAT AFDRUK

Obat afdruk ini bermanfaat untuk memindahkan desain dari kertas HVS ke dalam screen yang nantinya akan tercetak pola gambar.

Di sanalah tinta akan dihaluskan. Obat afdruk ini beragam merknya, yang banyak digunakan ialah: Ulano TZ, Super Emulsion 5, dan Rainbow.

3. OBAT PENGHAPUS M3 / 3M

Obat penghapus ini sangat diperlukan, sebab jika sewaktu-waktu kita mau merubah pola desain yang ada di screen. Atau ingin menghapusnya secara semuanya untuk kemudian screennya disimpan.

4. RAKEL

Rakel memiliki fungsi yang sama tuk menarik atau menggesut tinta sablon ke kain. Yang harus diperhatikan adalah karet rakelnya,

sebab karet rakel inilah yang membedakan fungsi secara jelas. Ada 2 macam jenis pegangan rakel yaitu pegangan dari kayu kemudian pegangan dari alumunium.

admin

Share
Published by
admin

Recent Posts

Kaos Komunitas Keren dan Simple: Makna, Contoh, Desain, Bahan, Manfaat, dan Harga

Apa itu Kaos Komunitas? Kaos komunitas adalah kaos yang dirancang untuk mewakili atau mewujudkan identitas…

2 months ago

Kaos Family Gathering Keren: Pengertian, Desain Kaos Family Gathering, Bahan, dan Manfaat

Pengertian Kaos Family Gathering Kaos family gathering adalah kaos yang dirancang khusus untuk acara atau…

2 months ago

Kaos Kelas Keren dan Aesthetic: Pengertian, Manfaat, Cara bikin, Aplikasi desain, dan Harga

Apa itu Kaos Kelas ? Kaos kelas merupakan sebuah pakaian yang biasanya dikenakan oleh siswa…

2 months ago

Penjelasan Lengkap Tentang Bahan Jersey: Pengertian, Jenis, Karakteristik bahan, Kelebihan dan Kekurangan

Apa itu Bahan Jersey? Bahan jersey adalah jenis kain yang sering digunakan dalam pembuatan pakaian…

2 months ago

Mengenal Lebih dalam Bahan Polyester: Pengertian, Jenis, Karakteristik Bahan, Kelebihan dan Kekurangan

Apa itu Bahan Polyester? Polyester adalah jenis bahan sintetis yang terbuat dari serat polimer poliester.…

2 months ago

Memahami Bahan Taslan: Pengertian, Jenis, Harga, Kelebihan dan Kekurangan

Apa itu Bahan Taslan? Bahan taslan adalah jenis kain yang terbuat dari serat poliamida atau…

2 months ago