Categories: BIKIN KAOS

Bikin Kaos Anak Murah di Ambon

Bikin kaos dengan desain sendiri sekarang tidaklah sulit. Lingkungan perindustrian sekarang, terutama konveksi jasa sablon kaos diperkirakan akan selalu berkembang, lebih lagi kaos termasuk salah satu kebutuhan sandang yang paling penting untuk manusia.

maka dari itu peluang usaha konveksi kaos ini begitu diminati para wirausaha muda yang menyasar para anak remaja. Berkaos.com termasuk salah satu diantaranya.

Kendati dibuka pada tahun 2015, Berkaos.com sudah menyerahkan pelayanan menerima banyaknya klien yang aktif dari beragam lembaga, kerabat dan personal. Sebagai bukti janji dan dedikasi kepada mutu kaos yang juara, Kita hanya menangani pesanan kaos saja.

APA ITU SABLON?

Secara khusus sablon dapat dikatakan selaku teknik mencetak dengan memakai layar (screen) yang rapat. Layar itu pada umumnya berbahan dasar sutra ataupun nilon yang kemudian dipola berdasarkan desain yang mau dibuat.

Lalu setelah layar yang sudah terpola diterapkan di atas kaos lalu dikasih tinta sablon agar pola yang berada pada layar tercetak pada kaos.

Melalui teknologi yang terus maju, sekarang ini kita dapat menjumpai bermacam macam jenis sablon dan tidak perlu bingung untuk membuat layar serta memola desain ke layar.

hal ini merupakan sablon digital
Sebenarnya tidak sepenuhnya terkomputerisasi pada prosesnya, akan tetapi disandingkan dengan sablon manual proses pengerjaan sablon digital tersebut lebih efisien serta tidak membutuhkan banyak tenaga.

SABLON MANUAL DAN SABLON DIGITAL

Setiap hal tentu mempunyai baik buruknya, keuntungan dan kelemahannya. Disini Berkaos.com tidak untuk membandingkan diantara keduanya.

Tetapi akan memberikan wawasan terkait sablon manual dan sablon digital
Untuk sablon manual kelebihanya yaitu mutu dan keawetan, sedangkan sablon digital adalah unggul dalam kekreatifan.

Teknik sablon manual dapat mencetak desain dengan awet, kemungkinan luntur ataupun pecah sangat sedikit tapi kebanyakan hanya bisa satu warna solid.

Sedangkan untuk sablon digital kita bisa mencetak desain dengan beragam warna bahan dengan warna gradient tetapi tentang keawetan, kaos dengan sablon digital mudah luntur.

PERBEDAAN SABLON MANUAL DAN SABLON DIGITAL

Dengan adanya perbedaan khususnya antara Sablon Manual dan Sablon Digital. Ini seakan-akan tidak sekedar sebagai perbandingan jika ada yang lebih baik diantara keduanya.

Karena pada dasarnya semua kembali kepada proses pengerjaan. Jika pengerjaanya bagus pastinya hasilnya jadi sangat baik.

MEDIA CETAK YANG DIGUNAKAN

SABLON MANUAL

Kebanyakan untuk sablon manual ini memakai kertas HVS untuk Pembentukan pola di layar sablon, lalu mencetaknya ke atas kaos dengan meratakan tinta yang sangat bervariatif dari sablon digital.

SABLON DIGITAL

Selanjutnya untuk sablon ditigal kebanyakan menggunakan kertas transfer (transfer paper) yang dipakai untuk mencetak desain di dalam kaos. Kertas transfer ini salah satu faktor yang menentukan kualitas dari sablonan.

Ada berbagai model kertas transfer, seperti gliter, beludru, oracle serta yang lain sebagainya.

Namun ada juga yang tidak menggunakan kertas transfer semacam sablon DTG (Direct to Garment). DTG adalah teknologi baru, hal ini karena prosesnya sangat praktis.

Tidak membutuhkan media cetak yang berlebihan sebab kaos polos langsung bisa digunakan untuk media cetak itu sendiri.

KUALITAS SABLON MANUAL

Rata-rata sablon manual mempunyai kualitas yang baik dan lebih awet. Akan tetapi tidak dapat menjadi acuan, sebab tergantung jasanya. Sebab realitasnya banyak kaos yang disablon manual namun saat dicuci tintanya gampang mengelupas.

Hal seperti ini biasanya dipengaruhi oleh tinta yang kurang pas dan proses pengeringan yang tidak cukup sempurna.

Tinta yang kurang tepat itu bagaimana? Terdapat beberapa tinta misalnya, seperti yang rubber tidak cukup baik bila diterapkan dalam kaos berwarna gelap.

Sebaiknya bila buat desain baju sendiri online dan sablonnya disesuaikan dengan keperluan konsumen tetapi dijelaskan pula bagaimana kekurangan serta kelebihannya.

KUALITAS SABLON DIGITAL

Bagi mutu sablon digital tersebut sangat ditentukan oleh jenis kertas transfer (transfer paper) yang digunakan dan juga mutu tinta.

kebanyakan kaos yang dicetak dengan sablon digital di saat anda tarik kaosnya, hasilnya sablonnya jadi pecah-pecah.

Itu salah satu bukti jika kertas transfer yang digunakan kualitasnya tidak cukup baik. Jadi usahakan, bila hendak mengembangkan bisnis sablon digital memakai kertas transfer dan tinta yang kualitasnya baik.

Selain 4 perbedaan diatas buat harga sablon kaos manual lebih murah dibandingkan dengan sablon digital. Karena alat yang digunakan sangat berbeda jauh. Apalagi jika design kaosnya sparasi dengan beragam warna.

BANYAKNYA PERMINTAAN

Menurut survey lapangan yang kita perbuat, hal semacam inilah yang sering berlangsung.

SABLON MANUAL

Dalam usaha sablon kaos daerah khusus ibukota Jakarta misalnya, pastinya ada ketentuan minimum pesanan buat setiap desainnya.

Sebab hal ini buat mengurangi biaya produksi dan ke efesienan dari layar yang ingin dibentuk.

SABLON DIGITAL

Lainhalnya dengan sablon manual untuk jasa sablon digital ini sebagian penyedia jasa percetakan kaos mengizinkan pemesannya untuk mencetak hanya satu buah kaos saja.

Sebab untuk sablon kaos digital tidak memerlukan biaya lebih dalam membuat layar.

MACAM-MACAM SABLON

SABLON RUBBER

Sablon rubber atau sablon karet. Sablon dengan tinta ini mampu menutup serat-serat kain dan mempunyai efek timbul. Hasilnya juga elastis. Tipe sablon ini dikhususkan untuk kaos berwarna gelap disebabkan sifat tintanya yang pekat.

Tinta ini sering digunakan untuk alsa desain maupun underbase. Artinya sebagai warna dasar sebelum penyablonan warna-warna yang lain.

SABLON PIGMEN

Jenis salon ini sifatnya mudah meresap pada serat-serat kain sehingga hasilnya keren. Akan tetapi sablon pigmen ini cuma bisa dipakai untuk kaos berwarna terang.

Bila digunakan untuk kaos yang berwarna tidak terang hasilnya menjadi kuang bagus malahan jelek. Rata-rata empunya usaha sablon tidak merekomendasikan sablon seperti ini.

SABLON FOAM

Sablon ini diberinama foam atau busa hal ini karena memang hasil akhirnya sablon dengan memakai tinta ini memberi efek timbul bulat seperti busa dengan warna kusam.

Bahan dasarnya dari karet hingga sedikit fleksibel. Sablon foam ini dapat dicampurkan melalui sablon rubber atau plastisol.

SABLON PLASTISOL

Bentuk sablon yang satu ini banyak dipakai pengsuplai jasa sablon terutama para pembisnis sablon kaos murah jakarta timur, sebab sablon plastisol memiliki daya rekat yang amat baik dan lebih lama.

Plastisol ini merupakan tinta yang berbahan dasar minyak (oil based). Keunggulannya yang istimewa untuk sablon jenis ini lebih memakan biaya dibandingkan jenis sablon lainnya.

Peralatan yang dipakai pun beda dari jenis-jenis sablon yang lain. Contohnya semacam alat pengering khusus yang biasanya memakai sinar infrared ataupun memakai flash curing dan conveyor curing

Karena sablon plastisol memiliki daya tempel yang sangat kuat, tetapi yang wajib diperhatikan adalah ketika menyetrika kaosnya.

Kami sarankan untuk menyetrika kaos melalui sablon plastisol dilarang langsung disetrika pada bagian sablonnya dikarenakan bisa meleleh.

SABLON GLITTER

Sablon yang transparan ini mempunyai efek kerlap-kerlip hingga terlihat lebih eksklusif dan bagus. Gliter ini dibentuk dari berbagai partikel kecil berukuran mikro, tidak hanya itu tersedia juga efek lainnya kerlap-kerlip misalnya metalik, hologram dan pelangi.

Sablon gliter ini sangat cocok dan lumrah dipakai untuk kaos anak wanita karena efeknya yang menarik dan lucu. Semacam tulisan Barbie maupun Frozen mungkin hampir sering kita yang dijumpai.

SABLON GLOW IN THE DARK

Sablon yang dapat menyala di lingkungan gelap ini dibuat dari campuran bubuk fosfor yang bisa menghisap sinar matahari.

Hal inilah yang menjadikan sablon in the dark bisa terlihat di daerah yang gelap.
Bubuk fosfor ini bisa dicampurkan oleh sablon/tinta rubber, pigmen, dan plastisol.

SABLON SUPER WHITE

Sablon super white ini mempunyai sifat tintanya persis seperti rubber dan pigmen, sablon yang mampu menyerap ke serat-serat kain. Sablon super white cocok dipakai oleh kaos berwarna tidak terang.

Sebab mampu menghasilkan warna putih terang yang cemerlang. Selain itu saja, karena sifatnya menyerap ke serat-serat, sablon super white ini memiliki daya tutup yang baik.

SABLON FOIL

Sablon yang desainnya terbuat dari bahan kertas logam menyerupai alumunium foil. Metode pencetakannya dilakukan dengan menempelkan lem khusus lalu dipress.
Kesan yang ditimbulkan adalah warna metalik sehingga terlihat eksklusif.

SABLON FLOCKING

Sablon flocking lebih sering dikenal dengan sablon beludru, lantaran hasil akhir dari sablon ini adalah desain yang menonjol dengan bulu-bulu halus.

Teknik mencetaknya serupa dengan sablon foil, yaitu ditempel memakai lem khusus lalu dipress agar merekat sempurna.

SABLON CABUT WARNA ATAU DISCHARGE

Untuk sablon discharge ini, kaos yang dipakai wajib berbahan katun dan cotton, karena jenis tinta ini membuat melunturkan warna kaos dan menggantinya dengan warna lain sesuai keinginan.

Nah, meski hanya bahan katun akan tetapi jenis bahan katun yang digunakan harus katun yang reaktif.
Tinta untuk sablon discharge ini memakai bahan kimia yang sanggup mencabut warna asli kain, atau yang lebih ekstrim menampilkan warna benang kaos yang sebetulnya.

Makanya, tips untuk penggunakan tinta ini agar mendapatkan hasil yang maksimum, bahan pewarna kainnya harus dipilih dengan yang dischargeable.

SABLON HIGH DENSITY

Sablon high density ini memakai tinta plastisol dengan tahap ketajaman yang lebih banyak. Tinta ini memiliki sifat transparan.

Efek yang dihasilkan adalah mengkilap dan berkesan basah. Namun dapat juga diterapkan doff.

SABLON SEPARASI

Sablon jenis yang satu ini proses penyablonannya dengan cara menseleksi warna desain buat dibuat film.
Sablon separasi ada dua tipe, yaitu warna blok atau spot color buat desain vector dan raster yang lumrah disebut process warna ataupun raster.

SABLON ASPAL

Jenis sablon aspal ini memakai cat plastisol yang dicetak diatas kain melalui teknik istimewa yang menghasilkan tekstur yang unik.

SABLON DIRECT TO GARMENT (DTG)

Seperti yang saya bilang diatas, inilah proses penyablonan yang tanpa menggunakan media dan lebih menghemat energi di dalam proesenya dikarenakan menggunakan alat.

Sablon Direct to garment itu tahapannya menggunakan mesin khusus, kebanyakan berukuran lebih besar. Agar hasilnya sangat jelas dan detail, untuk warna yang dihasilkan bisa bergradien

Umumnya para vendor yang punya mesin sablon ini menerima order kaos hanya satuan hal ini karena dalam proses penyabloanannya tidak begitu ribet.

ALAT-ALAT SABLON MANUAL

Sablon manual mampu bertahan oleh segenap keunggulannya biarpun sedikit demi sedikit mulai tergeser dengan sablon digital.

Sablon manual masih banyak diminati karena kualitas yang dihasilkan kebanyakan lebih awet dibandingkan sablon digital.

Nah, berikut berkaos rangkumkan apa saja sih sebetulnya yang patut dipersiapkan agar membikin sablon manual.

1. LAYAR DAN SCREEN

Ini perangkat yang paling utama untuk sablon manual. Layar biasanya terbuat dari kain sutra, kain gasa, kain nilon, atau kain-kain lain yang berpori-pori.

Manfaat dari screen ini untuk memilih tinta yang nantinya akan menempel di kaos sesuai design. Tapi sebelum itu, screen ini jadi media pembentuk pola design yang dicetak pada kertas HVS.

Semakin luas nomor screen, maka semakin rapat pori-porinya. Dan makin rapat pori-porinya maka hasil printing jadi semakin rapih.

2. OBAT AFDRUK

Obat afdruk ini berfungsi untuk mentrasfer design dari kertas HVS ke pada screen yang nantinya jadi tercetak pola gambar.

Di sanalah tinta akan dihaluskan. Obat afdruk ini banyak merknya, yang banyak dipakai adalah: Ulano TZ, Super Emulsion 5, dan Rainbow.

3. OBAT PENGHAPUS M3 / 3M

Obat penghapus ini paling diperlukan, sebab bila sewaktu-waktu anda ingin merubah pola desain yang ada pada screen. Ataupun ingin menghapusnya secara keseluruhan untuk kemudian screennya disimpan.

4. RAKEL

Rakel memiliki tujuan yang sama supaya memikat atau menggesut tinta sablon ke bahan. Yang perlu diperhatikan adalah karet rakelnya,

sebab karet rakel inilah yang membedakan fungsi secara spesifik. Ada 2 macam model pegangan rakel yaitu pegangan dari kayu kemudian pegangan dari alumunium.

admin

Share
Published by
admin

Recent Posts

Kaos Komunitas Keren dan Simple: Makna, Contoh, Desain, Bahan, Manfaat, dan Harga

Apa itu Kaos Komunitas? Kaos komunitas adalah kaos yang dirancang untuk mewakili atau mewujudkan identitas…

2 months ago

Kaos Family Gathering Keren: Pengertian, Desain Kaos Family Gathering, Bahan, dan Manfaat

Pengertian Kaos Family Gathering Kaos family gathering adalah kaos yang dirancang khusus untuk acara atau…

2 months ago

Kaos Kelas Keren dan Aesthetic: Pengertian, Manfaat, Cara bikin, Aplikasi desain, dan Harga

Apa itu Kaos Kelas ? Kaos kelas merupakan sebuah pakaian yang biasanya dikenakan oleh siswa…

2 months ago

Penjelasan Lengkap Tentang Bahan Jersey: Pengertian, Jenis, Karakteristik bahan, Kelebihan dan Kekurangan

Apa itu Bahan Jersey? Bahan jersey adalah jenis kain yang sering digunakan dalam pembuatan pakaian…

2 months ago

Mengenal Lebih dalam Bahan Polyester: Pengertian, Jenis, Karakteristik Bahan, Kelebihan dan Kekurangan

Apa itu Bahan Polyester? Polyester adalah jenis bahan sintetis yang terbuat dari serat polimer poliester.…

2 months ago

Memahami Bahan Taslan: Pengertian, Jenis, Harga, Kelebihan dan Kekurangan

Apa itu Bahan Taslan? Bahan taslan adalah jenis kain yang terbuat dari serat poliamida atau…

2 months ago