Categories: BIKIN KAOS

Bikin Kaos Anak Murah di Binjai

Bikin kaos dengan desain sendiri sekarang sangatlah mudah. Dunia perindustrian saat ini, terutama konveksi jasa sablon kaos diperkirakan akan terus meningkat, lebih lagi kaos termasuk salah satu kebutuhan sandang yang paling penting untuk manusia.

Oleh sebab itu peluang bisnis konveksi kaos ini begitu diinginkan para wirausaha remaja yang menyasar para anak remaja. Berkaos.com merupakan salah satu diantaranya.

Kendati berdiri pada tahun 2015, Berkaos.com sudah menyerahkan servis menerima banyaknya pelanggan yang aktif dalam beragam lembaga, kerabat maupun personal. Sebagai bukti janji serta dedikasi terhadap mutu kaos yang juara, Kita hanya menerima pesanan kaos saja.

APA ITU SABLON?

Secara khusus sablon dapat diartikan selaku teknik mencetak dengan memakai layar (screen) yang rapat. Layar tersebut biasanya berbahan dasar sutra ataupun nilon yang akhirnya dibentuk berdasarkan desain yang mau dibuat.

Lalu selanjutnya layar yang telah terpola diletakkan di atas kaos dan dikasih tinta sablon supaya pola yang berada di layar tercetak pada kaos.

Melalui teknologi yang kian maju, sekarang ini kita dapat menjumpai berbagai macam jenis sablon dan tidak perlu ribet untuk membuat layar dan memola desain ke layar.

sablon berikut disebut sablon digital
Sebenarnya tidak 100% terkomputerisasi pada prosesnya, namun disandingkan dengan sablon manual proses pengerjaan sablon digital ini lebih efisien dan tidak memerlukan banyak tenaga.

SABLON MANUAL DAN SABLON DIGITAL

Setiap hal tentu mempunyai baik buruknya, keuntungan dan kekuranganya. Disini Berkaos.com tidak untuk membandingkan diantara keduanya.

Tetapi untuk memberi wawasan tentang sablon manual dan sablon digital
Bagi sablon manual keuntungannya yaitu kualitas dan tahan lama, sedangkan sablon digital yaitu unggul di kekreatifan.

Teknik sablon manual bisa mencetak desain dengan awet, kemungkinan luntur ataupun pecah sangat minim tapi kebanyakan hanya bisa satu warna solid.

Sedangkan untuk sablon digital kita bisa mencetak design dengan banyak warna bahan dengan warna gradient tetapi tentang kualitas, kaos dengan sablon digital mudah pudar.

PERBEDAAN SABLON MANUAL DAN SABLON DIGITAL

Terdapat adanya perbedaan khususnya antara Sablon Manual dengan Sablon Digital. Ini semata-mata tidak sekedar jadi parameter jika ada yang lebih baik diantara keduanya.

Lantaran pada dasarnya semua kembali pada proses pengerjaan. Bila pengerjaanya bagus tentunya hasilnya jadi sangat baik.

MEDIA CETAK YANG DIPAKAI

SABLON MANUAL

Biasanya untuk sablon manual ini memakai kertas HVS untuk Pembentukan pola pada layar sablon, lalu mencetaknya ke dalam kaos dengan meratakan tinta yang sangat bervariatif dari sablon digital.

SABLON DIGITAL

Lalu untuk sablon ditigal kebanyakan memakai kertas transfer (transfer paper) yang digunakan untuk mencetak design di dalam kaos. Kertas transfer ini salah satu faktor yang menentukan kualitas dari sablonan.

Ada berbagai jenis kertas transfer, diantaranya gliter, beludru, oracle dan yang lain sebagainya.

Namun ada yang tidak memakai kertas transfer misalnya sablon DTG (Direct to Garment). DTG merupakan teknologi baru, hal ini karena prosesnya sangat cepat.

Tidak memerlukan media cetak yang banyak karena kaos polos langsung bisa dijadikan media cetak itu sendiri.

KUALITAS SABLON MANUAL

Biasanya sablon manual punya mutu yang baik dan lebih tahan lama. Namun tidak bisa menjadi acuan, karena tergantung jasanya. Sebab kenyataanya banyak kaos yang disablon manual namun ketika dicuci tintanya mudah pudar.

Kejadian seperti ini biasanya dipengaruhi oleh tinta yang kurang pas lalu proses pengeringan yang tidak cukup sempurna.

Tinta yang kurang benar itu bagaimana? Ada beberapa tinta misalnya, misalnya yang rubber kurang bagus jika diaplikasikan pada kaos berwarna gelap.

Lebih baik bila buat design baju sendiri online dan sablonnya diserasikan dengan keperluan konsumen namun dijelaskan juga bagaimana kelemahan dan kelebihannya.

KUALITAS SABLON DIGITAL

Bagi mutu sablon digital tersebut sangat dipastikan dengan jenis kertas transfer (transfer paper) yang dipakai dan juga kualitas tinta.

Tidak jarang kaos yang dicetak melalui sablon digital di sewaktu anda tarik kaosnya, hasilnya sablonnya menjadi pecah-pecah.

Itu salah satu tanda jika kertas transfer yang dipakai kualitasnya kurang bagus. Jadi usahakan, bila ingin membuka usaha sablon digital memakai kertas transfer dan tinta yang kualitasnya bermutu.

Selain 4 perbedaan diatas buat harga sablon kaos manual lebih terjangkau dibandingkan dengan sablon digital. Karena alat yang digunakan sangat berbeda jauh. Apalagi jika desain kaosnya sparasi dengan aneka warna.

BANYAKNYA PERMINTAAN

Menurut survey lapangan yang kita perbuat, hal semacam inilah yang sering berlangsung.

SABLON MANUAL

Dalam usaha sablon kaos daerah khusus ibukota Jakarta misalnya, tentu ada ketentuan minimal order untuk tiap desainnya.

Karena hal ini supaya mengurangi dana produksi dan ke efesienan dari layar yang ingin dibuat.

SABLON DIGITAL

Lainhalnya dengan sablon manual untuk jasa sablon digital ini sebagian penyedia jasa percetakan kaos mengizinkan pemesannya untuk mencetak hanya satu buah kaos saja.

Disebabkan untuk biaya sablon kaos digital tidak memerlukan biaya lebih dalam membuat layar.

MACAM-MACAM SABLON

SABLON RUBBER

Sablon rubber atau sablon karet. Sablon dengan tinta ini bisa menutup serat-serat kain dan mempunyai efek timbul. Hasilnya juga elastis. Tipe sablon ini dikhususkan untuk kaos berwarna gelap disebabkan sifat tintanya yang pekat.

Tinta ini sering dipakai untuk alsa desain ataupun underbase. Artinya untuk warna dasar sebelum penyablonan warna-warna yang lain.

SABLON PIGMEN

Jenis salon ini sifatnya gampang meresap pada serat-serat kain sehingga hasilnya maksimal. Akan tetapi sablon pigmen ini cuman dapat dipakai pada kaos berwarna terang.

Bila digunakan pada kaos yang berwarna gelap hasilnya akan kuang baik malahan jelek. Rata-rata empunya usaha sablon tidak merekomendasikan sablon seperti ini.

SABLON FOAM

Sablon ini mempunyai nama foam atau busa sebab memang hasil sablon dengan memakai tinta ini memberikan efek timbul bulat seperti busa dengan warna kusam.

Bahan dasarnya dari karet sehingga sedikit elastis. Sablon foam ini bisa diadukan melalui sablon rubber atau plastisol.

SABLON PLASTISOL

Bentuk sablon yang satu ini banyak digunakan pengsuplai jasa sablon terutama para pembisnis sablon kaos murah jakarta barat, sebab sablon plastisol mempunyai kekuatan rekat yang amat baik dan lebih lama.

Plastisol ini merupakan tinta yang berbahan dasar minyak (oil based). Keahliannnya yang istimewa membuat sablon jenis ini lebih memakan Anggaran daripada jenis sablon yang lain.

Peralatan yang dipakai pun beda dari jenis-jenis sablon yang lainnya. Misalnya semacam alat pengering khusus yang biasanya memakai sinar infrared atau menggunakan flash curing dan conveyor curing

Karena sablon plastisol memiliki kekuatan tempel yang sangat bagus, tetapi yang mesti diperhatikan yaitu ketika menyetrika kaosnya.

Kami rekomendasikan untuk menyetrika kaos melalui sablon plastisol jangan langsung disetrika pada bagian sablonnya sebab bisa meleleh.

SABLON GLITTER

Sablon yang transparan ini memiliki efek kerlap-kerlip sehingga terlihat lebih eksklusif dan bagus. Gliter ini dibentuk melalui berbagai partikel kecil dengan ukuran mikro, selain itu tersedia juga efek selain kerlap-kerlip misalnya metalik, hologram dan pelangi.

Sablon gliter ini sangat pas dan biasa dipakai untuk kaos anak perempuan karena efeknya yang memikat dan lucu. Layaknya tulisan Barbie maupun Frozen mungkin hampir sering anda yang dijumpai.

SABLON GLOW IN THE DARK

Sablon yang mampu menyala di arena gelap ini terbuat dari adukan bubuk fosfor yang sanggup menghisap sinar matahari.

Karena inilah yang membuat sablon in the dark mampu terlihat di lingkungan yang gelap.
Bubuk fosfor ini bisa dicampurkan oleh sablon/tinta rubber, pigmen, dan plastisol.

SABLON SUPER WHITE

Sablon super white ini mempunyai sifat tintanya serupa seperti rubber dan pigmen, sablon yang dapat menyerap ke serat-serat kaos. Sablon super white cocok diterapkan untuk kaos berwarna tidak terang.

Sebab bisa menghasilkan warna putih terang yang menyala. Selain itu saja, karena sifatnya menyerap ke serat-serat, sablon super white ini memiliki kekuatan tutup yang baik.

SABLON FOIL

Sablon yang gambarnya berasal dari bahan kertas logam menyerupai alumunium foil. Cara pencetakannya diterapkan melalui menempelkan lem khusus kemudian dipress.
Kesan yang ditimbulkan adalah warna metalik hingga terlihat eksklusif.

SABLON FLOCKING

Sablon flocking lebih sering diketahui dengan sablon beludru, sebab hasil akhir melalui sablon ini adalah desain yang menonjol dengan bulu-bulu halus.

Teknik mencetaknya sama dengan sablon foil, yaitu dilekatkan menggunakan lem khusus lalu dipress agar merekat sempurna.

SABLON CABUT WARNA ATAU DISCHARGE

Untuk sablon discharge ini, kaos yang dipakai mesti berbahan katun atau cotton, karena jenis tinta ini membuat melunturkan warna kaos dan menggantinya melalui warna lain sesuai keinginan.

Nah, meski dengan bahan katun tetapi jenis bahan katun yang dipakai wajib katun yang reaktif.
Tinta bagi sablon discharge ini menggunakan bahan kimia yang sanggup mencabut warna asli kain, atau yang lebih ekstrim memperlihatkan warna benang kaos yang sesungguhnya.

Makanya, saran untuk menggunakan tinta ini agar mendapatkan hasil yang tertinggi, bahan pewarna kainnya harus dipilih melalui yang dischargeable.

SABLON HIGH DENSITY

Sablon high density ini memanfaatkan tinta plastisol dengan tingkat ketajaman yang lebih banyak. Tinta ini bersifat transparan.

Efek yang diperoleh ialah mengkilap dan terkesan basah. Akan tetapi dapat juga diterapkan doff.

SABLON SEPARASI

Sablon jenis yang satu ini tahap penyablonannya melalui cara memisahkan warna desain untuk dibuat film.
Sablon separasi ada 2 macam, yaitu warna blok atau spot color untuk desain vector dan raster yang lumrah disebut process warna ataupun raster.

SABLON ASPAL

Jenis sablon aspal ini menggunakan cat plastisol yang dicetak diatas kain dengan teknik istimewa yang menghasilkan bentuk yang unik.

SABLON DIRECT TO GARMENT (DTG)

Seperti yang saya bilang diatas, inilah tahapan penyablonan yang tidak mempergunakan media dan lebih menghemat tenaga dalam proesenya dikarenakan menggunakan mesin.

Sablon Direct to garment ini tahapannya memakai mesin khusus, seringnya berukuran lebih besar. Agar hasilnya sangat jelas dan detail, buat warna yang dihasilkan mampu bergradien

Umumnya para vendor yang mempunyai mesin sablon ini menerima pesanan kaos hanya satuan hal ini karena dalam proses penyabloanannya tidak terlalu ribet.

ALAT-ALAT SABLON MANUAL

Sablon manual dapat bertahan oleh segala kelebihannya biarpun sedikit demi sedikit mulai tergantikan dengan sablon auto.

Sablon manual masih banyak diminati dikarenakan kualitas yang dihasilkan kebanyakan lebih awet dibandingkan sablon digital.

Nah, berikut berkaos rangkumkan apa saja sih sebenarnya yang perlu dipersiapkan buat membikin sablon manual.

1. LAYAR DAN TAMPILAN

Ini peralatan yang paling dasar untuk sablon manual. Layar umumnya terbuat dari kain sutra, kain gasa, kain nilon, atau kain-kain lain yang berpori-pori.

Manfaat dari screen ini untuk menyaring tinta yang nantinya akan ditempel di kaos sesuai design. Namun sebelum itu, screen ini jadi media membentuk pola design yang tercetak pada kertas HVS.

Semakin gede nomor screen, maka semakin rapat pori-porinya. Serta makin rapat pori-porinya maka hasil printing jadi semakin halus.

2. OBAT AFDRUK

Obat afdruk ini bermanfaat untuk mentrasfer design dari kertas HVS ke dalam screen yang nantinya akan tercetak pola gambar.

Di sinilah tinta akan diratakan. Obat afdruk ini banyak merknya, yang banyak digunakan ialah: Ulano TZ, Super Emulsion 5, dan Rainbow.

3. OBAT PENGHAPUS M3 / 3M

Obat penghapus ini sangat dibutuhkan, karena apabila sewaktu-waktu kamu hendak merubah pola desain yang ada pada screen. Maupun ingin menghapusnya secara semuanya untuk akhirnya screennya disimpan.

4. RAKEL

Rakel memiliki manfaat yang sama supaya menarik atau menggesut tinta sablon ke kaos. Yang mesti diperhatikan ialah karet rakelnya,

hal ini karena karet rakel inilah yang membedakan fungsi secara spesifik. Ada 2 macam tipe pegangan rakel yaitu pegangan dari kayu kemudian pegangan dari alumunium.

admin

Share
Published by
admin

Recent Posts

Kaos Komunitas Keren dan Simple: Makna, Contoh, Desain, Bahan, Manfaat, dan Harga

Apa itu Kaos Komunitas? Kaos komunitas adalah kaos yang dirancang untuk mewakili atau mewujudkan identitas…

2 months ago

Kaos Family Gathering Keren: Pengertian, Desain Kaos Family Gathering, Bahan, dan Manfaat

Pengertian Kaos Family Gathering Kaos family gathering adalah kaos yang dirancang khusus untuk acara atau…

2 months ago

Kaos Kelas Keren dan Aesthetic: Pengertian, Manfaat, Cara bikin, Aplikasi desain, dan Harga

Apa itu Kaos Kelas ? Kaos kelas merupakan sebuah pakaian yang biasanya dikenakan oleh siswa…

2 months ago

Penjelasan Lengkap Tentang Bahan Jersey: Pengertian, Jenis, Karakteristik bahan, Kelebihan dan Kekurangan

Apa itu Bahan Jersey? Bahan jersey adalah jenis kain yang sering digunakan dalam pembuatan pakaian…

2 months ago

Mengenal Lebih dalam Bahan Polyester: Pengertian, Jenis, Karakteristik Bahan, Kelebihan dan Kekurangan

Apa itu Bahan Polyester? Polyester adalah jenis bahan sintetis yang terbuat dari serat polimer poliester.…

2 months ago

Memahami Bahan Taslan: Pengertian, Jenis, Harga, Kelebihan dan Kekurangan

Apa itu Bahan Taslan? Bahan taslan adalah jenis kain yang terbuat dari serat poliamida atau…

2 months ago