Categories: BIKIN KAOS

Bikin Kaos Anak Murah di Cilegon

Bikin kaos dengan desain sendiri sekarang tidaklah sulit. Dunia perindustrian saat ini, terutama konveksi layanan sablon kaos diramalkan akan terus meningkat, apalagi kaos termasuk salah satu kebutuhan sandang yang paling penting bagi manusia.

maka dari itu peluang bisnis konveksi kaos ini begitu diinginkan para wirausaha muda yang menyasar para anak remaja. Berkaos.com merupakan salah satu diantaranya.

Sejak berdiri dari tahun 2015, Berkaos.com sudah menyerahkan servis menerima banyaknya klien yang aktif dari berbagai komunitas, kerabat maupun personal. Selaku bukti janji serta dedikasi terhadap mutu kaos yang terbaik, Kami hanya menangani pesanan kaos saja.

APA ITU SABLON?

Secara khusus sablon dapat diartikan selaku teknik mencetak dengan menggunakan layar (screen) yang rapat. Layar tersebut pada umumnya berbahan dasar sutra ataupun nilon yang akhirnya dibentuk berdasarkan desain yang ingin dibuat.

Kemudian setelah layar yang telah terpola diterapkan di atas kaos kemudian dikasih tinta sablon agar pola yang terletak di layar tercetak pada kaos.

Perkembangan teknologi yang kian maju, sekarang ini kamu dapat menemukan Banyak macam jenis sablon dan tidak usah ribet untuk membuat layar dan memola desain ke layar.

Ini disebut sablon digital
Memang tidak 100% terkomputerisasi untuk prosesnya, akan tetapi dibandingkan dengan sablon manual metode pengerjaan sablon digital tersebut lebih cepat serta tidak membutuhkan banyak tenaga.

SABLON MANUAL DAN SABLON DIGITAL

Tiap hal tentu mempunyai baik buruknya, keuntungan dan kekuranganya. Disini Berkaos.com tidak untuk membandingkan diantara keduanya.

Namun untuk memberikan pengetahuan terkait sablon manual dan sablon digital
Bagi sablon manual kelebihanya yaitu mutu dan tahan lama, sedangkan sablon digital adalah unggul pada kekreatifan.

Teknik sablon manual bisa mencetak desain dengan awet, kemungkinan pudar atau pecah sangat sedikit tetapi biasanya cuma bisa satu warna bertahan.

Sementara itu untuk sablon digital kita bisa mencetak design dengan banyak warna bahan dengan warna gradient namun tentang keawetan, kaos dengan sablon digital cepat pudar.

PERBEDAAN SABLON MANUAL DAN SABLON DIGITAL

Terdapat adanya perbedaan khususnya antara Sablon Manual dengan Sablon Digital. Ini seakan-akan tidak sekedar menjadi perbandingan jika ada yang lebih baik diantara keduanya.

Karena pada dasarnya semua kembali kepada cara pengerjaan. Jika pengerjaanya bagus sudah tentu hasilnya jadi sangat baik.

MEDIA CETAK YANG DIGUNAKAN

SABLON MANUAL

Pada umumnya untuk sablon manual ini menggunakan kertas HVS untuk membentuk pola pada layar sablon, kemudian mencetaknya ke atas kaos dengan meratakan tinta yang sangat bervariatif dari sablon digital.

SABLON DIGITAL

Selanjutnya untuk sablon ditigal seringnya menggunakan kertas transfer (transfer paper) yang dipakai untuk mencetak design di dalam kaos. Kertas transfer ini salah satu aspek yang memastikan mutu dari sablonan.

Ada bermacam model kertas transfer, diantaranya vinyl, beludru, oracle dan yang lain sebagainya.

Namun ada yang tidak memakai kertas transfer misalnya sablon DTG (Direct to Garment). DTG merupakan teknologi baru, hal ini karena prosesnya sangat praktis.

Tidak memerlukan media cetak yang banyak sebab kaos polos langsung bisa digunakan untuk media cetak itu sendiri.

KUALITAS SABLON MANUAL

Biasanya sablon manual memiliki mutu yang bagus dan lebih awet. Akan tetapi tidak dapat menjadi acuan, karena tergantung jasanya. Sebab kenyataanya banyak kaos yang disablon manual akan tetapi saat dicuci tintanya gampang pudar.

Peristiwa semacam ini biasanya dipengaruhi akibat tinta yang kurang tepat lalu proses pengeringan yang tidak cukup maksimal.

Tinta yang kurang benar itu bagaimana? Terdapat beberapa tinta misalnya, misalnya yang rubber kurang bagus jika diaplikasikan dalam kaos berwarna gelap.

Lebih baik bila buat design baju sendiri online lalu sablonnya diserasikan dengan keperluan konsumen namun dijelaskan juga bagaimana kekurangan serta kelebihannya.

KUALITAS SABLON DIGITAL

Untuk mutu sablon digital tersebut sangat ditentukan oleh jenis kertas transfer (transfer paper) yang digunakan dan juga kualitas tinta.

kebanyakan kaos yang dicetak dengan sablon digital pada sewaktu anda tarik kaosnya, kemungkinan sablonnya menjadi pecah-pecah.

Itu salah satu tanda jika kertas transfer yang digunakan kualitasnya kurang bagus. Jadi usahakan, apabila mau mengembangkan bisnis sablon digital memakai kertas transfer serta tinta yang kualitasnya baik.

Selain 4 perbedaan diatas supaya harga sablon kaos manual lebih murah dibandingkan dengan sablon digital. Lantaran alat yang digunakan sangat berbeda jauh. Lebih lagi jika design kaosnya sparasi dengan banyak warna.

BANYAKNYA ORDER

Menurut survey lapangan yang kita lakukan, hal seperti inilah yang sering berlangsung.

SABLON MANUAL

Dalam usaha sablon kaos daerah khusus ibukota Jakarta misalnya, tentu ada penetapan minimum order buat setiap desainnya.

Karena hal ini untuk mengurangi anggaran produksi dan ke efesienan dari layar yang akan dibentuk.

SABLON DIGITAL

Lainhalnya dengan sablon manual untuk jasa sablon digital ini sebagian penyedia jasa percetakan kaos mengizinkan pemesannya untuk mencetak hanya satu buah kaos saja.

Dikarenakan untuk anggaran sablon kaos digital tidak memerlukan biaya lebih dalam membuat layar.

MACAM-MACAM SABLON

SABLON RUBBER

Sablon rubber atau sablon karet. Sablon dengan tinta ini mampu menutup serat-serat kain dan memiliki efek timbul. Hasilnya juga elastis. Jenis sablon ini dikhususkan untuk kaos berwarna gelap dikarenakan sifat tintanya yang pekat.

Tinta ini sering dimanfaatkan untuk alsa desain ataupun underbase. Artinya untuk warna dasar sebelum penyablonan warna-warna lain.

SABLON PIGMEN

Jenis salon ini sifatnya mudah meresap pada serat-serat kain sehingga hasilnya keren. Akan tetapi sablon pigmen ini cuman dapat digunakan untuk kaos berwarna terang.

Kalau dipakai pada kaos yang berwarna gelap hasilnya menjadi kuang baik bahkan kurang bagus. Rata-rata owner usaha sablon tidak menyarankan sablon jenis ini.

SABLON FOAM

Sablon ini memiliki nama foam atau busa karena memang hasil akhirnya sablon dengan memakai tinta ini memberikan efek timbul bulat seperti busa dengan warna kusam.

Bahan dasarnya dari karet sehingga sedikit fleksibel. Sablon foam ini bisa dicampurkan dengan sablon rubber atau plastisol.

SABLON PLASTISOL

Tipe sablon yang satu ini banyak dipakai penyedia jasa sablon khususnya para pengusaha sablon kaos murah jakarta barat, sebab sablon plastisol mempunyai kekuatan tempel yang sungguh baik dan lebih awet.

Plastisol ini ialah tinta yang berbahan dasar minyak (oil based). Kemampuannya yang istimewa untuk sablon jenis ini lebih memakan biaya dibandingkan jenis sablon yang lain.

Alat yang digunakan pun berbeda dari jenis-jenis sablon yang lain. Misalnya semacam alat pengering khusus yang biasanya memakai sinar infrared atau memakai flash curing dan conveyor curing

Hal ini karena sablon plastisol memiliki kekuatan tempel yang sangat kuat, akan tetapi yang butuh diperhatikan yaitu ketika menggosok kaosnya.

Saya sarankan untuk menyetrika kaos melalui sablon plastisol jangan langsung disetrika pada bagian sablonnya dikarenakan bisa meleleh.

SABLON GLITTER

Sablon yang transparan ini mempunyai efek kerlap-kerlip hingga terlihat lebih eksklusif dan stylis. Gliter ini terbentuk dengan berbagai partikel kecil berukuran mikro, selain itu tersedia juga efek selain kerlap-kerlip misalnya metalik, hologram dan pelangi.

Sablon gliter ini sangat pas dan biasa digunakan untuk kaos anak wanita karena efeknya yang menarik dan lucu. Seperti tulisan Barbie ataupun Frozen mungkin hampir sering anda yang dijumpai.

SABLON GLOW IN THE DARK

Sablon yang dapat bersinar di lokasi gelap ini tercipta dari adukan bubuk fosfor yang mampu menyerap sinar matahari.

Inilah yang membuat sablon in the dark mampu terlihat di arena yang gelap.
Bubuk fosfor ini bisa dicampurkan oleh sablon/tinta rubber, pigmen, dan plastisol.

SABLON SUPER WHITE

Sablon super white ini mempunyai sifat tintanya serupa seperti rubber dan pigmen, sablon yang mampu menyerap ke serat-serat kain. Sablon super white cocok diterapkan untuk kaos berwarna tidak terang.

Sebab akan menghasilkan warna putih terang yang menyala. Selain itu saja, dikarenakan sifatnya menyerap ke serat-serat, sablon super white ini memiliki kekuatan tutup yang bagus.

SABLON FOIL

Sablon yang polanya terbuat dari bahan kertas logam mirip alumunium foil. Metode pencetakannya dibuat melalui menempelkan lem khusus lalu dipress.
Kesan yang ditimbulkan adalah warna metalik hingga kelihatan eksklusif.

SABLON FLOCKING

Sablon flocking lebih sering terkenal dengan sablon beludru, dikarenakan hasil akhir melalui sablon ini adalah desain yang menonjol dengan bulu-bulu halus.

Cara mencetaknya serupa dengan sablon foil, yaitu ditempel memakai lem khusus lalu dipress agar merekat sempurna.

SABLON CABUT WARNA ATAU DISCHARGE

Untuk sablon discharge ini, kaos yang digunakan wajib berbahan katun dan cotton, sebab jenis tinta ini membuat melunturkan warna kaos dan menggantinya dengan warna lain sesuai kepentingan.

Nah, walau hanya bahan katun namun jenis bahan katun yang digunakan harus katun yang reaktif.
Tinta buat sablon discharge ini mempergunakan bahan kimia yang sanggup mencabut warna asli kain, atau yang lebih ekstrim menampilkan warna benang kaos yang sebetulnya.

Makanya, tips untuk penggunakan tinta ini untuk mendapatkan hasil yang tertinggi, bahan pewarna kainnya harus dipilih dengan yang dischargeable.

SABLON HIGH DENSITY

Sablon high density ini memanfaatkan tinta plastisol dengan tahap ketajaman yang lebih banyak. Tinta ini memiliki sifat transparan.

Efek yang ditimbulkan adalah mengkilap dan terkesan basah. Akan tetapi bisa juga diterapkan doff.

SABLON SEPARASI

Sablon jenis yang satu ini tahap penyablonannya melalui cara menseleksi warna desain buat dibuat film.
Sablon separasi ada dua tipe, ialah warna blok atau spot color buat desain vector dan raster yang biasa disebut process color atau raster.

SABLON ASPAL

Jenis sablon aspal ini memakai cat plastisol yang dicetak diatas kain dengan cara khusus yang mendapatkan tekstur yang unik.

SABLON DIRECT TO GARMENT (DTG)

Sebagaimana yang saya katakan diatas, inilah tahapan penyablonan dimana tidak mempergunakan media dan lebih menghemat energi di dalam proesenya karena memanfaatkan mesin.

Sablon Direct to garment ini prosesnya menggunakan mesin khusus, seringnya berukuran lebih besar. Supaya hasilnya sangat jelas dan detail, untuk warna yang dihasilkan boleh bergradien

Seringnya para vendor yang memiliki mesin sablon ini menerima pemesanan kaos hanya satuan hal ini karena dalam proses penyabloanannya tidak terlalu ribet.

ALAT-ALAT SABLON MANUAL

Sablon manual mampu bertahan oleh segala kelebihannya biarpun sedikit demi sedikit mulai tergantikan dengan sablon auto.

Sablon manual masih banyak diminati lantaran kualitas yang dihasilkan biasanya lebih awet dibandingkan sablon digital.

Nah, berikut berkaos rangkumkan apa saja sih sebenarnya yang harus dipersiapkan untuk menggunakan sablon manual.

1. LAYAR DAN SCREEN

Ini peralatan yang paling dasar di dalam sablon manual. Layar pada umumnya berasal dari kain sutra, kain gasa, kain nilon, atau kain-kain lain yang berpori-pori.

Fungsi dari screen ini buat menyaring tinta yang akhirnya akan ditempel di kaos sesuai desain. Tetapi sebelum itu, screen ini menjadi media pembentuk pola desain yang dicetak pada kertas HVS.

Makin besar nomor screen, maka semakin rapat pori-porinya. Serta semakin rapat pori-porinya maka hasil printing jadi semakin halus.

2. OBAT AFDRUK

Obat afdruk ini berfungsi untuk memindahkan desain dari kertas HVS ke dalam screen yang nantinya akan tercetak pola gambar.

Di sinilah tinta akan dihaluskan. Obat afdruk ini banyak merknya, yang sering dipakai ialah: Ulano TZ, Super Emulsion 5, dan Rainbow.

3. OBAT PENGHAPUS M3 / 3M

Obat penghapus ini sangat dibutuhkan, sebab bila sewaktu-waktu anda ingin mengubah pola desain yang ada di screen. Ataupun ingin menghapusnya secara keseluruhan untuk akhirnya screennya disimpan.

4. RAKEL

Rakel memiliki fungsi yang sama agar memikat atau menggesut tinta sablon ke kaos. Yang harus diperhatikan ialah karet rakelnya,

sebab karet rakel inilah yang membedakan manfaat secara spesifik. Ada 2 macam bentuk pegangan rakel ialah pegangan dari kayu dan pegangan dari alumunium.

admin

Share
Published by
admin

Recent Posts

Kaos Komunitas Keren dan Simple: Makna, Contoh, Desain, Bahan, Manfaat, dan Harga

Apa itu Kaos Komunitas? Kaos komunitas adalah kaos yang dirancang untuk mewakili atau mewujudkan identitas…

2 months ago

Kaos Family Gathering Keren: Pengertian, Desain Kaos Family Gathering, Bahan, dan Manfaat

Pengertian Kaos Family Gathering Kaos family gathering adalah kaos yang dirancang khusus untuk acara atau…

2 months ago

Kaos Kelas Keren dan Aesthetic: Pengertian, Manfaat, Cara bikin, Aplikasi desain, dan Harga

Apa itu Kaos Kelas ? Kaos kelas merupakan sebuah pakaian yang biasanya dikenakan oleh siswa…

2 months ago

Penjelasan Lengkap Tentang Bahan Jersey: Pengertian, Jenis, Karakteristik bahan, Kelebihan dan Kekurangan

Apa itu Bahan Jersey? Bahan jersey adalah jenis kain yang sering digunakan dalam pembuatan pakaian…

2 months ago

Mengenal Lebih dalam Bahan Polyester: Pengertian, Jenis, Karakteristik Bahan, Kelebihan dan Kekurangan

Apa itu Bahan Polyester? Polyester adalah jenis bahan sintetis yang terbuat dari serat polimer poliester.…

2 months ago

Memahami Bahan Taslan: Pengertian, Jenis, Harga, Kelebihan dan Kekurangan

Apa itu Bahan Taslan? Bahan taslan adalah jenis kain yang terbuat dari serat poliamida atau…

2 months ago