Categories: BIKIN KAOS

Bikin Kaos Anak Murah di gresik

Bikin kaos dengan desain sendiri sekarang sangatlah mudah. Lingkungan perindustrian sekarang, terutama konveksi jasa sablon kaos diramalkan akan terus berkembang, apalagi kaos termasuk salah satu kebutuhan sandang yang utama untuk manusia.

Oleh sebab itu peluang usaha konveksi kaos ini sangat diinginkan para wirausaha muda yang menyasar para anak remaja. Berkaos.com termasuk salah satu diantaranya.

Sejak dibuka pada tahun 2015, Berkaos.com telah memberikan pelayanan menerima ratusan klien yang aktif dalam beragam lembaga, kerabat maupun personal. Sebagai bukti janji serta dedikasi kepada kualitas kaos yang juara, Kami sebatas menerima pesanan kaos saja.

APA ITU SABLON?

Secara khusus sablon bisa dikatakan sebagai teknik mencetak dengan memanfaatkan layar (screen) yang rapat. Layar tersebut biasanya berbahan dasar sutra dan nilon yang akhirnya dibentuk berdasarkan desain yang akan dibuat.

Lalu selanjutnya layar yang telah terpola diterapkan di atas kaos dan diberikan tinta sablon supaya pola yang berada di layar tercetak pada kaos.

Dengan teknologi yang semakin maju, saat ini anda bisa menemukan berbagai bentuk jenis sablon dan tidak perlu ribet untuk membuat layar dan memola desain di layar.

Ini disebut sablon digital
Memang tidak 100% terkomputerisasi untuk prosesnya, namun dibandingkan dengan sablon manual proses pengerjaan sablon digital di sini lebih cepat serta tidak membutuhkan banyak tenaga.

SABLON MANUAL DAN SABLON DIGITAL

Tiap hal pasti memiliki baik buruknya, keuntungan dan kelemahannya. Disini Berkaos.com tidak akan membandingkan diantara keduanya.

Tetapi akan memberi pengetahuan tentang sablon manual dan sablon digital
Untuk sablon manual kelebihanya adalah mutu dan keawetan, sedangkan sablon digital yaitu unggul dalam kekreatifan.

Teknik sablon manual dapat mencetak desain dengan tahan lama, kemungkinan pudar atau pecah sangat minim tetapi kebanyakan hanya bisa satu warna solid.

Sedangkan untuk sablon digital kita dapat mencetak design dengan beragam warna bahan dengan warna gradient namun tentang kualitas, kaos dengan sablon digital mudah pudar.

PERBEDAAN SABLON MANUAL DAN SABLON DIGITAL

Terdapat adanya perbedaan di antara Sablon Manual dan Sablon Digital. Itu seakan-akan tidak sekedar jadi perbandingan bahwa ada yang lebih unggul diantara keduanya.

Lantaran pada dasarnya semua kembali kepada cara pengerjaan. Jika pengerjaanya bagus pastinya hasilnya akan sangat baik.

MEDIA CETAK YANG DIPAKAI

SABLON MANUAL

Pada umumnya untuk sablon manual ini memakai kertas HVS untuk Pembentukan pola pada layar sablon, kemudian mencetaknya ke dalam kaos dengan meratakan tinta yang sangat bervariatif dari sablon digital.

SABLON DIGITAL

Lalu untuk sablon ditigal kebanyakan memakai kertas transfer (transfer paper) yang dipakai untuk mencetak design di dalam kaos. Kertas transfer ini salah satu faktor yang memastikan kualitas dari sablonan.

Ada bermacam model kertas transfer, seperti gliter, beludru, oracle serta lain sebagainya.

Namun ada yang tidak memakai kertas transfer misalnya sablon DTG (Direct to Garment). DTG adalah teknologi baru, hal ini karena prosesnya sangat praktis.

Tidak memerlukan media cetak yang banyak sebab kaos polos langsung dapat digunakan untuk media cetak itu sendiri.

KUALITAS SABLON MANUAL

Rata-rata sablon manual mempunyai kualitas yang bagus dan lebih awet. Akan tetapi tidak bisa menjadi acuan, karena tergantung jasanya. karena kenyataanya banyak kaos yang disablon manual tapi saat dicuci tintanya gampang mengelupas.

Peristiwa semacam ini pada umumnya dipengaruhi oleh tinta yang kurang pas lalu proses pengeringan yang kurang sempurna.

Tinta yang kurang benar itu bagaimana? Ada beberapa tinta misalnya, misalnya yang rubber tidak cukup baik jika diterapkan pada kaos berwarna gelap.

Lebih baik jika buat desain baju sendiri online lalu sablonnya disesuaikan dengan keperluan konsumen namun dijelaskan juga bagaimana kekurangan serta kelebihannya.

KUALITAS SABLON DIGITAL

Untuk mutu sablon digital tersebut sangat ditentukan oleh jenis kertas transfer (transfer paper) yang digunakan dan juga mutu tinta.

kebanyakan kaos yang dicetak dengan sablon digital pada sewaktu kita tarik kaosnya, kemungkinan sablonnya menjadi pecah-pecah.

Ini salah satu bukti bahwa kertas transfer yang digunakan kualitasnya tidak cukup bagus. maka usahakan, apabila ingin membuka bisnis sablon digital memakai kertas transfer dan tinta yang kualitasnya bagus.

Selain 4 perbedaan diatas agar harga sablon kaos manual lebih murah dibandingkan dengan sablon digital. Dikarenakan alat yang digunakan sangat berbeda jauh. Lebih lagi jika desain kaosnya sparasi dengan aneka warna.

BANYAKNYA PESANAN

Menurut survey lapangan yang kita buat, hal seperti inilah yang sering berlangsung.

SABLON MANUAL

Di dalam usaha sablon kaos daerah khusus ibukota Jakarta misalnya, tentu ada penetapan minimal pesanan buat semua desainnya.

Karena hal ini agar meringankan anggaran produksi dan ke efesienan dari layar yang akan dibentuk.

SABLON DIGITAL

Berbeda dengan sablon manual untuk jasa sablon digital ini sebagian penyedia jasa percetakan kaos mengizinkan kaonsumennya untuk mencetak hanya 1 contoh kaos saja.

Dikarenakan untuk anggaran sablon kaos digital tidak memerlukan biaya lebih dalam menyajikan layar.

MACAM-MACAM SABLON

SABLON RUBBER

Sablon rubber atau sablon karet. Sablon dengan tinta ini mampu menutup serat-serat kain dan memiliki efek timbul. Hasilnya juga lentur. Tipe sablon ini dikhususkan untuk kaos berwarna gelap dikarenakan sifat tintanya yang pekat.

Tinta ini sering digunakan untuk alsa desain ataupun underbase. Maksudnya sebagai warna dasar sebelum penyablonan warna-warna yang lain.

SABLON PIGMEN

Jenis salon ini sifatnya mudah meresap pada serat-serat kain sehingga hasilnya bagus. Tetapi sablon pigmen ini hanya dapat dipakai untuk kaos berwarna terang.

Andai dipakai untuk kaos yang berwarna tidak terang hasilnya menjadi kuang baik terlebih-lebih jelek. Rata-rata pemilik usaha sablon jarang menyarankan sablon seperti ini.

SABLON FOAM

Sablon ini diberinama foam atau busa hal ini karena memang hasil sablon dengan memakai tinta ini memberikan efek timbul bundar seperti busa dengan warna agak kecoklatan.

Bahan awalnya dari karet hingga minim fleksibel. Sablon foam ini bisa diadukan dengan sablon rubber atau plastisol.

SABLON PLASTISOL

Tipe sablon yang satu ini banyak dipakai penyedia jasa sablon terutama para pembisnis sablon kaos murah jakarta barat, sebab sablon plastisol memiliki kekuatan tempel yang sungguh baik dan lebih lama.

Plastisol ini merupakan tinta yang berbahan dasar minyak (oil based). Keunggulannya yang istimewa membuat sablon jenis ini lebih memakan biaya daripada jenis sablon lainnya.

Alat yang digunakan pun beda dari jenis-jenis sablon yang lain. Contohnya seperti alat pengering khusus yang biasanya menggunakan sinar infrared atau menggunakan flash curing dan conveyor curing

Hal ini karena sablon plastisol memiliki kekuatan tempel yang sangat tangguh, akan tetapi yang harus diperhatikan yaitu ketika menyetrika kaosnya.

Saya sarankan untuk menyetrika kaos oleh sablon plastisol jangan langsung disetrika pada bagian sablonnya karena akan meleleh.

SABLON GLITTER

Sablon yang transparan ini mempunyai efek kerlap-kerlip hingga terkesan lebih eksklusif dan bagus. Gliter ini dibentuk dengan berbagai partikel kecil dengan ukuran mikro, selain itu tersedia juga efek selain kerlap-kerlip seperti metalik, hologram dan pelangi.

Sablon gliter ini sangat tepat dan biasa dipakai untuk kaos anak perempuan karena efeknya yang menarik dan lucu. Layaknya tulisan Barbie maupun Frozen mungkin hampir sering anda yang dijumpai.

SABLON GLOW IN THE DARK

Sablon yang dapat menyala di arena gelap ini terbuat dari adukan bubuk fosfor yang bisa menghisap sinar matahari.

Karena inilah yang membuat sablon in the dark bisa terlihat di tempat yang gelap.
Bubuk fosfor ini boleh dicampurkan dengan sablon/tinta rubber, pigmen, dan plastisol.

SABLON SUPER WHITE

Sablon super white ini mempunyai sifat tintanya sama seperti rubber dan pigmen, sablon yang bisa menyerap ke serat-serat kain. Sablon super white cocok diterapkan untuk kaos berwarna tidak terang.

Sebab bisa menghasilkan warna putih terang yang cemerlang. Tidak hanya itu saja, karena sifatnya menyerap ke serat-serat, sablon super white ini memiliki daya tutup yang baik.

SABLON FOIL

Sablon yang desainnya terbuat dari bahan kertas logam mirip alumunium foil. Metode pencetakannya diterapkan melalui menempelkan lem khusus kemudian dipress.
Kesan yang ditimbulkan adalah warna metalik hingga kelihatan eksklusif.

SABLON FLOCKING

Sablon flocking lebih sering dikenal dengan sablon beludru, hal ini karena hasil akhir melalui sablon ini adalah desain yang menonjol dengan bulu-bulu halus.

Cara mencetaknya serupa dengan sablon foil, yaitu ditempel memakai lem khusus selanjutnya dipress agar menempel sempurna.

SABLON CABUT WARNA ATAU DISCHARGE

Untuk sablon discharge ini, kaos yang dipakai patut berbahan katun atau cotton, karena jenis tinta ini membuat melunturkan warna kaos dan menggantinya oleh warna lain sesuai keperluan.

Nah, walau hanya bahan katun tetapi jenis bahan katun yang digunakan wajib katun yang reaktif.
Tinta buat sablon discharge ini memakai bahan kimia yang dapat mencabut warna asli kain, atau yang lebih ekstrim memperlihatkan warna benang kaos yang sebenarnya.

Makanya, tips untuk menggunakan tinta ini agar mendapatkan hasil yang maksimum, bahan pewarna kainnya harus dipilih dengan yang dischargeable.

SABLON HIGH DENSITY

Sablon high density ini mempergunakan tinta plastisol dengan tingkat ketajaman yang lebih banyak. Tinta ini memiliki sifat transparan.

Efek yang dihasilkan adalah mengkilap dan terkesan basah. Akan tetapi bisa juga dibuat doff.

SABLON SEPARASI

Sablon jenis yang satu ini tahap penyablonannya melalui cara menseleksi warna desain buat dijadikan film.
Sablon separasi ada 2 macam, yaitu warna blok atau spot color untuk desain vector dan raster yang lumrah disebut process color atau raster.

SABLON ASPAL

Jenis sablon aspal ini memanfaatkan cat plastisol yang dicetak diatas kain melalui metode khusus yang mendapatkan bentuk yang unik.

SABLON DIRECT TO GARMENT (DTG)

Sebagaimana yang saya katakan diatas, inilah tahapan penyablonan yang tidak menggunakan media dan lebih menghemat tenaga di dalam proesenya karena memanfaatkan alat.

Sablon Direct to garment itu prosesnya menggunakan alat khusus, pada umumnya berukuran lebih besar. Untuk hasilnya sangat jelas dan detail, buat warna yang dihasilkan boleh bergradien

Biasanya para vendor yang memiliki mesin sablon ini menerima pemesanan kaos hanya satuan hal ini karena dalam proses penyabloanannya tidak begitu ribet.

ALAT-ALAT SABLON MANUAL

Sablon manual dapat bertahan oleh seluruh kelebihannya meskipun sedikit demi sedikit mulai tergeser dengan sablon digital.

Sablon manual masih besar diminati lantaran kualitas yang dihasilkan biasanya lebih awet daripada sablon digital.

Nah, berikut berkaos rangkumkan apa saja sih sebenarnya yang patut dipersiapkan agar menggunakan sablon manual.

1. LAYAR ATAU SCREEN

Ini peralatan yang paling utama pada sablon manual. Layar umumnya terbuat dari kain sutra, kain gasa, kain nilon, atau kain-kain lain yang berpori-pori.

Fungsi dari screen ini buat menyaring tinta yang nantinya akan menempel di kaos sesuai design. Tetapi sebelum itu, screen ini menjadi media pembentuk pola design yang tercetak pada kertas HVS.

Makin besar nomor screen, maka semakin padat pori-porinya. Serta semakin rapat pori-porinya maka hasil printing jadi semakin rapih.

2. OBAT AFDRUK

Obat afdruk ini bermanfaat untuk mentrasfer desain dari kertas HVS ke dalam screen yang nantinya akan tercetak pola gambar.

Di sanalah tinta akan dihaluskan. Obat afdruk ini beragam merknya, yang sering dipakai ialah: Ulano TZ, Super Emulsion 5, dan Rainbow.

3. OBAT PENGHAPUS M3 / 3M

Obat penghapus ini paling dibutuhkan, karena jika sewaktu-waktu anda mau merubah pola desain yang ada di screen. Ataupun ingin menghapusnya secara keseluruhan untuk kemudian screennya disimpan.

4. RAKEL

Rakel memiliki fungsi yang sama untuk menarik atau mempererat tinta sablon ke kaos. Yang harus diperhatikan adalah karet rakelnya,

sebab karet rakel inilah yang membedakan fungsi secara spesifik. Ada 2 macam tipe pegangan rakel yaitu pegangan dari kayu kemudian pegangan dari alumunium.

admin

Share
Published by
admin

Recent Posts

Kaos Komunitas Keren dan Simple: Makna, Contoh, Desain, Bahan, Manfaat, dan Harga

Apa itu Kaos Komunitas? Kaos komunitas adalah kaos yang dirancang untuk mewakili atau mewujudkan identitas…

2 months ago

Kaos Family Gathering Keren: Pengertian, Desain Kaos Family Gathering, Bahan, dan Manfaat

Pengertian Kaos Family Gathering Kaos family gathering adalah kaos yang dirancang khusus untuk acara atau…

2 months ago

Kaos Kelas Keren dan Aesthetic: Pengertian, Manfaat, Cara bikin, Aplikasi desain, dan Harga

Apa itu Kaos Kelas ? Kaos kelas merupakan sebuah pakaian yang biasanya dikenakan oleh siswa…

2 months ago

Penjelasan Lengkap Tentang Bahan Jersey: Pengertian, Jenis, Karakteristik bahan, Kelebihan dan Kekurangan

Apa itu Bahan Jersey? Bahan jersey adalah jenis kain yang sering digunakan dalam pembuatan pakaian…

2 months ago

Mengenal Lebih dalam Bahan Polyester: Pengertian, Jenis, Karakteristik Bahan, Kelebihan dan Kekurangan

Apa itu Bahan Polyester? Polyester adalah jenis bahan sintetis yang terbuat dari serat polimer poliester.…

2 months ago

Memahami Bahan Taslan: Pengertian, Jenis, Harga, Kelebihan dan Kekurangan

Apa itu Bahan Taslan? Bahan taslan adalah jenis kain yang terbuat dari serat poliamida atau…

2 months ago