Categories: BIKIN KAOS

Bikin Kaos Anak Murah di Jambi

Bikin kaos dengan desain sendiri kini tidaklah sulit. Dunia perindustrian saat ini, terutama konveksi layanan sablon kaos diramalkan akan terus meningkat, lebih lagi kaos merupakan salah satu kebutuhan sandang yang paling penting untuk manusia.

Oleh sebab itu kemungkinan bisnis konveksi kaos ini begitu diminati para wirausaha remaja yang menyasar para anak remaja. Berkaos.com termasuk salah satu diantaranya.

Sejak berdiri pada tahun 2015, Berkaos.com sudah menyerahkan pelayanan menerima banyaknya pelanggan yang aktif dalam berbagai lembaga, kerabat dan personal. Selaku bukti janji serta dedikasi terhadap mutu kaos yang terunggul, Kita hanya menerima pesanan kaos saja.

APA ITU SABLON?

Secara khusus sablon dapat diartikan sebagai teknik mencetak dengan memanfaatkan layar (screen) yang rapat. Layar tersebut biasanya berbahan dasar sutra ataupun nilon yang kemudian dipola berdasarkan desain yang akan dibuat.

Kemudian setelah layar yang sudah terpola diletakkan di atas kaos lalu diberikan tinta sablon agar pola yang terletak pada layar tercetak pada kaos.

Melalui teknologi yang kian maju, saat ini kita bisa menjumpai berbagai bentuk model sablon dan tidak perlu ribet untuk membuat layar dan memola desain ke layar.

sablon berikut merupakan sablon digital
Memang tidak sepenuhnya terkomputerisasi untuk prosesnya, namun dibandingkan dengan sablon manual metode pengerjaan sablon digital di sini lebih cepat dan tidak memerlukan banyak tenaga.

SABLON MANUAL DAN SABLON DIGITAL

Setiap hal pasti memiliki baik buruknya, kelebihan dan kekuranganya. Disini Berkaos.com tidak akan membandingkan diantara keduanya.

Namun akan memberi wawasan mengenai sablon manual dan sablon digital
Bagi sablon manual keuntungannya yaitu mutu dan tahan lama, sedangkan sablon digital yaitu unggul di kekreatifan.

Teknik sablon manual bisa mencetak desain dengan awet, kemungkinan luntur ataupun pecah sangat sedikit tetapi kebanyakan cuma bisa satu warna solid.

Sedangkan untuk sablon digital kita bisa mencetak design dengan banyak warna bahan dengan warna gradient akan tetapi untuk kualitas, kaos dengan sablon digital cepat pudar.

PERBEDAAN SABLON MANUAL DAN SABLON DIGITAL

Terdapat adanya perbedaan khususnya antara Sablon Manual dan Sablon Digital. Ini semata-mata tidak sekedar sebagai perbandingan bahwa ada yang lebih baik diantara keduanya.

Karena pada dasarnya semuanya balik lagi pada proses pengerjaan. Apabila pengerjaanya bagus tentunya hasilnya jadi sangat baik.

MEDIA CETAK YANG DIGUNAKAN

SABLON MANUAL

Kebanyakan untuk sablon manual ini memakai kertas HVS untuk membentuk pola di layar sablon, lalu mencetaknya ke dalam kaos dengan meratakan tinta yang sangat bervariatif dari sablon digital.

SABLON DIGITAL

Lalu untuk sablon ditigal biasanya memakai kertas transfer (transfer paper) yang digunakan untuk mencetak design pada kaos. Kertas transfer ini bagian dari aspek yang menentukan mutu dari sablonan.

Ada bermacam model kertas transfer, seperti gliter, beludru, oracle serta yang lain sebagainya.

Namun ada juga yang tidak menggunakan kertas transfer semacam sablon DTG (Direct to Garment). DTG adalah teknologi baru, sebab prosesnya sangat praktis.

Tidak memerlukan media cetak yang banyak sebab kaos polos langsung dapat dijadikan media cetak itu sendiri.

KUALITAS SABLON MANUAL

Biasanya sablon manual mempunyai mutu yang bagus dan lebih awet. Namun tidak bisa menjadi acuan, karena tergantung jasanya. Sebab kenyataanya banyak kaos yang disablon manual namun saat dicuci tintanya mudah pudar.

Peristiwa semacam ini biasanya dipengaruhi akibat tinta yang kurang pas dan proses pengeringan yang tidak cukup maksimal.

Tinta yang kurang benar itu bagaimana? Ada beberapa tinta misalnya, misalnya yang rubber tidak cukup baik bila diterapkan pada kaos berwarna gelap.

Alangkah baiknya bila buat design baju sendiri online dan sablonnya disesuaikan dengan keinginan konsumen tetapi dijelaskan pula bagaimana kekurangan serta kelebihannya.

KUALITAS SABLON DIGITAL

Bagi mutu sablon digital tersebut sangat dipastikan dari tipe kertas transfer (transfer paper) yang digunakan dan juga mutu tinta.

Tidak jarang kaos yang dicetak melalui sablon digital di saat anda tarik kaosnya, hasilnya sablonnya jadi pecah-pecah.

Ini salah satu tanda bahwa kertas transfer yang digunakan kualitasnya kurang baik. maka usahakan, apabila mau mengembangkan usaha sablon digital memakai kertas transfer serta tinta yang kualitasnya baik.

Selain 4 perbedaan diatas supaya harga sablon kaos manual lebih murah dibandingkan dengan sablon digital. Lantaran alat yang digunakan sangat berbeda jauh. Lebih lagi jika design kaosnya sparasi dengan banyak warna.

BANYAKNYA PERMINTAAN

Berdasarkan survey lapangan yang kita perbuat, hal seperti inilah yang sering berlangsung.

SABLON MANUAL

Di dalam usaha sablon kaos daerah khusus ibukota Jakarta misalnya, pasti ada penetapan minimal pesanan untuk tiap desainnya.

Karena hal ini untuk meringankan anggaran produksi juga ke efesienan melalui layar yang ingin dibentuk.

SABLON DIGITAL

Berbeda dengan sablon manual untuk jasa sablon digital ini beberapa penyedia jasa percetakan kaos mengizinkan pembelinya untuk mencetak hanya 1 contoh kaos saja.

Lantaran untuk biaya sablon kaos digital tidak memerlukan biaya lebih dalam menyajikan layar.

MACAM-MACAM SABLON

SABLON RUBBER

Sablon rubber atau sablon karet. Sablon dengan tinta ini mampu menutup serat-serat kain dan mempunyai efek timbul. Hasilnya juga lentur. Jenis sablon ini dikhususkan untuk kaos berwarna gelap disebabkan sifat tintanya yang pekat.

Tinta ini sering digunakan untuk alsa desain maupun underbase. Maksudnya sebagai warna dasar sebelum penyablonan warna-warna lain.

SABLON PIGMEN

Jenis salon ini sifatnya gampang meresap pada serat-serat kain sehingga hasilnya bagus. Namun sablon pigmen ini cuman dapat dipakai untuk kaos berwarna terang.

Bila digunakan pada kaos yang berwarna tidak terang hasilnya menjadi kuang baik bahkan jelek. Rata-rata owner usaha sablon jarang merekomendasikan sablon tipe ini.

SABLON FOAM

Sablon ini diberinama foam atau busa karena memang hasil sablon dengan menggunakan tinta ini memberikan efek timbul bundar seperti busa dengan warna kusam.

Bahan awalnya dari karet hingga minim fleksibel. Sablon foam ini boleh diadukan melalui sablon rubber atau plastisol.

SABLON PLASTISOL

Tipe sablon yang satu ini banyak digunakan penyedia jasa sablon khususnya para pembisnis sablon kaos murah jakarta timur, sebab sablon plastisol memiliki kekuatan rekat yang sungguh bagus dan lebih tahan.

Plastisol ini ialah tinta yang berbahan dasar minyak (oil based). Keunggulannya yang istimewa buat sablon jenis ini lebih memakan biaya dibandingkan jenis sablon lainnya.

Alat yang digunakan pun berbeda dari jenis-jenis sablon yang lain. Contohnya seperti alat pengering khusus yang biasanya menggunakan sinar infrared atau memakai flash curing dan conveyor curing

Sebab sablon plastisol memiliki kekuatan tempel yang sangat kuat, namun yang mesti diperhatikan ialah ketika menggosok kaosnya.

Saya sarankan untuk menyetrika kaos oleh sablon plastisol dilarang langsung disetrika pada bagian sablonnya sebab akan meleleh.

SABLON GLITTER

Sablon yang transparan ini memiliki efek kerlap-kerlip hingga terkesan lebih eksklusif dan mewah. Gliter ini terbentuk dari berbagai partikel kecil dengan ukuran mikro, selain itu tersedia juga efek selain kerlap-kerlip seperti metalik, hologram dan pelangi.

Sablon gliter ini sangat cocok dan lumrah dipakai untuk kaos anak wanita karena efeknya yang memikat dan lucu. Layaknya tulisan Barbie maupun Frozen mungkin sering kami yang dijumpai.

SABLON GLOW IN THE DARK

Sablon yang sanggup bersinar di lingkungan gelap ini terbuat dari campuran bubuk fosfor yang sanggup menyerap sinar matahari.

Karena inilah yang membuat sablon in the dark bisa terlihat di arena yang gelap.
Bubuk fosfor ini bisa dicampurkan dengan sablon/tinta rubber, pigmen, dan plastisol.

SABLON SUPER WHITE

Sablon super white ini memiliki sifat tintanya persis seperti rubber dan pigmen, sablon yang dapat menyerap ke serat-serat kain. Sablon super white cocok digunakan oleh kaos berwarna tidak terang.

Sebab dapat menghasilkan warna putih terang yang cemerlang. Bukan hanya itu saja, karena sifatnya menyerap ke serat-serat, sablon super white ini memiliki daya tutup yang baik.

SABLON FOIL

Sablon yang polanya terbuat dari bahan kertas logam mirip alumunium foil. Cara pencetakannya diterapkan dengan menempelkan lem khusus lalu dipress.
Kesan yang ditimbulkan adalah warna metalik sehingga kelihatan eksklusif.

SABLON FLOCKING

Sablon flocking lebih sering diketahui dengan sablon beludru, sebab hasil akhir dari sablon ini adalah desain yang timbul dengan bulu-bulu halus.

Cara mencetaknya serupa dengan sablon foil, yaitu ditempel menggunakan lem khusus setelah itu dipress agar menempel sempurna.

SABLON CABUT WARNA ATAU DISCHARGE

Untuk sablon discharge ini, kaos yang digunakan mesti berbahan katun atau cotton, karena jenis tinta ini membuat melunturkan warna kaos dan menggantinya melalui warna lain sesuai keinginan.

Nah, walaupun hanya bahan katun tetapi jenis bahan katun yang digunakan harus katun yang reaktif.
Tinta untuk sablon discharge ini memakai bahan kimia yang dapat mencabut warna asli kain, ataupun yang lebih keras menampilkan warna benang kaos yang sebenarnya.

Makanya, tips untuk menggunakan tinta ini untuk mendapatkan hasil yang maksimum, bahan pewarna kainnya harus dipilih melalui yang dischargeable.

SABLON HIGH DENSITY

Sablon high density ini mempergunakan tinta plastisol dengan tahap ketajaman yang lebih banyak. Tinta ini bersifat transparan.

Efek yang dihasilkan ialah mengkilap dan berkesan basah. Namun bisa juga diterapkan doff.

SABLON SEPARASI

Sablon jenis yang satu ini proses penyablonannya melalui cara memisahkan warna desain buat dibuat film.
Sablon separasi ada dua model, ialah warna blok atau spot color buat desain vector dan raster yang lumrah disebut process color maupun raster.

SABLON ASPAL

Jenis sablon aspal ini memanfaatkan cat plastisol yang dicetak diatas kain melalui cara istimewa yang menghasilkan bentuk yang unik.

SABLON DIRECT TO GARMENT (DTG)

Sebagaimana yang kita bilang diatas, inilah proses penyablonan dimana tidak menggunakan media dan lebih menghemat tenaga di dalam proesenya karena memakai alat.

Sablon Direct to garment itu tahapannya memakai mesin khusus, kebanyakan berukuran lebih besar. Untuk hasilnya sangat jelas dan detail, buat warna yang dihasilkan dapat bergradien

Umumnya para vendor yang punya mesin sablon ini menerima pemesanan kaos hanya satuan karena dalam proses penyabloanannya tidak terlalu ribet.

ALAT-ALAT SABLON MANUAL

Sablon manual mampu bertahan oleh segala kelebihannya walaupun sedikit demi sedikit mulai tergeser dengan sablon auto.

Sablon manual masih banyak diminati sebab kualitas yang dihasilkan pada umumnya lebih awet dibandingkan sablon digital.

Nah, berikut berkaos simpulkan apa saja sih sebenarnya yang harus dipersiapkan buat membuat sablon manual.

1. LAYAR ATAU SCREEN

Ini perangkat yang paling dasar untuk sablon manual. Layar pada umumnya berasal dari kain sutra, kain gasa, kain nilon, atau kain-kain lain yang berpori-pori.

Manfaat dari screen ini untuk memilih tinta yang nantinya akan ditempel di kaos sesuai design. Tapi sebelum itu, screen ini jadi media pembentuk pola design yang tercetak di kertas HVS.

Semakin besar nomor screen, maka semakin padat pori-porinya. Serta semakin rapat pori-porinya maka hasil printing jadi semakin halus.

2. OBAT AFDRUK

Obat afdruk ini berfungsi untuk mentrasfer desain dari kertas HVS ke dalam screen yang nantinya jadi tercetak pola gambar.

Di sanalah tinta akan diratakan. Obat afdruk ini banyak jenisnya, yang banyak digunakan adalah: Ulano TZ, Super Emulsion 5, dan Rainbow.

3. OBAT PENGHAPUS M3 / 3M

Obat penghapus ini paling dibutuhkan, karena apabila sewaktu-waktu anda hendak merubah pola desain yang ada pada screen. Maupun ingin menghapusnya secara semuanya untuk kemudian screennya disimpan.

4. RAKEL

Rakel memiliki manfaat yang sama agar memikat atau menggesut tinta sablon ke kain. Yang harus diperhatikan adalah karet rakelnya,

sebab karet rakel inilah yang membedakan fungsi secara spesifik. Ada 2 macam model pegangan rakel yaitu pegangan dari kayu kemudian pegangan dari alumunium.

admin

Share
Published by
admin

Recent Posts

Kaos Komunitas Keren dan Simple: Makna, Contoh, Desain, Bahan, Manfaat, dan Harga

Apa itu Kaos Komunitas? Kaos komunitas adalah kaos yang dirancang untuk mewakili atau mewujudkan identitas…

2 months ago

Kaos Family Gathering Keren: Pengertian, Desain Kaos Family Gathering, Bahan, dan Manfaat

Pengertian Kaos Family Gathering Kaos family gathering adalah kaos yang dirancang khusus untuk acara atau…

2 months ago

Kaos Kelas Keren dan Aesthetic: Pengertian, Manfaat, Cara bikin, Aplikasi desain, dan Harga

Apa itu Kaos Kelas ? Kaos kelas merupakan sebuah pakaian yang biasanya dikenakan oleh siswa…

2 months ago

Penjelasan Lengkap Tentang Bahan Jersey: Pengertian, Jenis, Karakteristik bahan, Kelebihan dan Kekurangan

Apa itu Bahan Jersey? Bahan jersey adalah jenis kain yang sering digunakan dalam pembuatan pakaian…

2 months ago

Mengenal Lebih dalam Bahan Polyester: Pengertian, Jenis, Karakteristik Bahan, Kelebihan dan Kekurangan

Apa itu Bahan Polyester? Polyester adalah jenis bahan sintetis yang terbuat dari serat polimer poliester.…

2 months ago

Memahami Bahan Taslan: Pengertian, Jenis, Harga, Kelebihan dan Kekurangan

Apa itu Bahan Taslan? Bahan taslan adalah jenis kain yang terbuat dari serat poliamida atau…

2 months ago