Categories: BIKIN KAOS

Bikin Kaos Anak Murah di lengan panjang

Bikin kaos dengan desain sendiri sekarang tidaklah sulit. Lingkungan perindustrian saat ini, seperti konveksi jasa sablon kaos diramalkan akan selalu berkembang, lebih lagi kaos termasuk salah satu kebutuhan sandang yang utama untuk manusia.

maka dari itu peluang usaha konveksi kaos ini sangat diminati para wirausaha remaja yang menyasar para anak muda. Berkaos.com termasuk salah satu diantaranya.

Kendati berdiri pada tahun 2015, Berkaos.com sudah memberikan pelayanan menerima ratusan klien yang aktif dari berbagai lembaga, kerabat maupun personal. Sebagai bukti janji serta dedikasi terhadap mutu kaos yang terbaik, Kita sebatas menangani pesanan kaos saja.

APA ITU SABLON?

Secara khusus sablon bisa dikatakan selaku metode mencetak dengan menggunakan layar (screen) yang rapat. Layar itu pada umumnya berbahan dasar sutra atau nilon yang akhirnya dibentuk berdasarkan desain yang akan dibuat.

Lalu selanjutnya layar yang telah terpola diterapkan di atas kaos dan diberikan tinta sablon supaya pola yang berada di layar tercetak pada kaos.

Dengan teknologi yang kian maju, saat ini kita bisa menjumpai Banyak macam model sablon dan tidak usah ribet untuk membikin layar dan memola desain ke layar.

sablon berikut disebut sablon digital
Sebenarnya tidak sepenuhnya terkomputerisasi untuk prosesnya, namun dibandingkan dengan sablon manual metode pengerjaan sablon digital ini lebih cepat serta tidak membutuhkan banyak tenaga.

SABLON MANUAL DAN SABLON DIGITAL

Tiap hal tentu mempunyai baik buruknya, kelebihan dan kelemahannya. Disini Berkaos.com tidak akan membandingkan diantara keduanya.

Namun akan memberikan pengetahuan tentang sablon manual dan sablon digital
Bagi sablon manual keuntungannya adalah kualitas dan tahan lama, sedangkan sablon digital yaitu unggul dalam kekreatifan.

Teknik sablon manual bisa mencetak desain dengan tahan lama, kemungkinan luntur ataupun pecah sangat minim namun rata-rata cuma bisa satu warna solid.

Sementara itu untuk sablon digital kita bisa mencetak desain dengan beragam warna bahan dengan warna gradient tetapi untuk keawetan, kaos dengan sablon digital gampang luntur.

PERBEDAAN SABLON MANUAL DAN SABLON DIGITAL

Dengan adanya perbedaan di antara Sablon Manual dengan Sablon Digital. Itu seakan-akan bukan sekedar sebagai parameter jika ada yang lebih unggul diantara keduanya.

Lantaran pada dasarnya semua balik lagi kepada cara pengerjaan. Jika pengerjaanya bagus tentunya hasilnya akan sangat baik.

MEDIA CETAK YANG DIGUNAKAN

SABLON MANUAL

Pada umumnya untuk sablon manual itu memakai kertas HVS untuk membentuk pola pada layar sablon, lalu mencetaknya ke atas kaos dengan meratakan tinta yang lebih bervariatif dari sablon digital.

SABLON DIGITAL

Selanjutnya untuk sablon ditigal biasanya memakai kertas transfer (transfer paper) yang dipakai untuk mencetak desain pada kaos. Kertas transfer ini bagian dari faktor yang memastikan kualitas dari sablonan.

Ada berbagai jenis kertas transfer, yaitu glow in the dark, beludru, oracle dan lain sebagainya.

Tetapi ada yang tidak menggunakan kertas transfer seperti sablon DTG (Direct to Garment). DTG merupakan teknologi baru, sebab prosesnya sangat cepat.

Tidak memerlukan media cetak yang berlebihan sebab kaos polos langsung bisa digunakan untuk media cetak itu sendiri.

KUALITAS SABLON MANUAL

Rata-rata sablon manual memiliki kualitas yang bagus dan lebih tahan lama. Akan tetapi tidak bisa menjadi acuan, karena tergantung jasanya. karena kenyataanya banyak kaos yang disablon manual namun saat dicuci tintanya mudah mengelupas.

Hal semacam ini biasanya dipengaruhi akibat tinta yang kurang pas lalu proses pengeringan yang tidak cukup maksimal.

Tinta yang kurang benar itu bagaimana? Terdapat beberapa tinta misalnya, misalnya yang rubber tidak cukup bagus bila diaplikasikan dalam kaos berwarna gelap.

Sebaiknya jika buat design baju sendiri online lalu sablonnya disesuaikan dengan keperluan konsumen namun dijelaskan pula bagaimana kekurangan serta kelebihannya.

KUALITAS SABLON DIGITAL

Untuk kualitas sablon digital ini sangat dipastikan oleh tipe kertas transfer (transfer paper) yang digunakan dan juga mutu tinta.

Tidak jarang kaos yang dicetak dengan sablon digital di sewaktu kita tarik kaosnya, kemungkinan sablonnya jadi pecah-pecah.

Ini salah satu tanda jika kertas transfer yang dipakai kualitasnya tidak cukup baik. Jadi usahakan, bila hendak mengembangkan usaha sablon digital menggunakan kertas transfer dan tinta yang kualitasnya baik.

Selain 4 perbedaan diatas untuk harga sablon kaos manual lebih terjangkau dibandingkan dengan sablon digital. Sebab alat yang digunakan sangat berbeda jauh. Apalagi jika desain kaosnya sparasi dengan beragam warna.

BANYAKNYA ORDER

Berdasarkan survey lapangan yang kita buat, hal seperti inilah yang sering terjadi.

SABLON MANUAL

Pada usaha sablon kaos daerah khusus ibukota Jakarta misalnya, pastinya ada ketentuan minimum pesanan buat semua desainnya.

Sebab hal ini supaya mengurangi dana produksi juga ke efesienan melalui layar yang akan dibentuk.

SABLON DIGITAL

Berbeda dengan sablon manual untuk jasa sablon digital ini beberapa layanan jasa percetakan kaos mengizinkan pemesannya untuk mencetak hanya 1 contoh kaos saja.

Hal ini karena untuk biaya sablon kaos digital tidak memerlukan biaya lebih dalam membuat layar.

MACAM-MACAM SABLON

SABLON RUBBER

Sablon rubber atau sablon karet. Sablon dengan tinta ini dapat menutup serat-serat kain dan mempunyai efek timbul. Hasilnya juga elastis. Tipe sablon ini dikhususkan untuk kaos berwarna gelap dikarenakan sifat tintanya yang pekat.

Tinta ini sering digunakan untuk alsa desain maupun underbase. Maksudnya untuk warna dasar sebelum penyablonan warna-warna lain.

SABLON PIGMEN

Jenis salon ini sifatnya gampang meresap pada serat-serat kain sehingga hasilnya bagus. Tetapi sablon pigmen ini cuman dapat dipakai pada kaos berwarna tidak gelap.

Kalau digunakan untuk kaos yang berwarna gelap hasilnya akan kuang bagus bahkan jelek. Rata-rata pemilik usaha sablon jarang merekomendasikan sablon tipe ini.

SABLON FOAM

Sablon ini memiliki nama foam atau busa karena memang hasil sablon dengan memakai tinta ini memberi efek timbul bundar seperti busa dengan warna agak kecoklatan.

Bahan dasarnya dari karet hingga minim fleksibel. Sablon foam ini dapat diadukan oleh sablon rubber atau plastisol.

SABLON PLASTISOL

Tipe sablon yang satu ini banyak dipakai penyedia jasa sablon khususnya para pembisnis sablon kaos murah jakarta selatan, sebab sablon plastisol memiliki daya rekat yang amat bagus dan lebih lama.

Plastisol ini merupakan tinta yang berbahan dasar minyak (oil based). Keunggulannya yang istimewa membuat sablon jenis ini lebih memakan Anggaran dibandingkan jenis sablon sebagainya.

Peralatan yang dipakai pun beda dari jenis-jenis sablon yang lain. Misalnya seperti alat pengering khusus yang pada umumnya memakai sinar infrared ataupun memakai flash curing dan conveyor curing

Sebab sablon plastisol memiliki kekuatan tempel yang sangat bagus, tetapi yang patut diperhatikan ialah ketika menggosok kaosnya.

Kita sarankan untuk menyetrika kaos oleh sablon plastisol dilarang langsung disetrika pada bagian sablonnya karena akan meleleh.

SABLON GLITTER

Sablon yang transparan ini memiliki efek kerlap-kerlip hingga terlihat lebih eksklusif dan mewah. Gliter ini dibentuk dengan berbagai partikel kecil berukuran mikro, tidak hanya itu tersedia juga efek selain kerlap-kerlip misalnya metalik, hologram dan pelangi.

Sablon gliter ini sangat tepat dan lumrah dipakai untuk kaos anak wanita karena efeknya yang menarik dan lucu. Semacam tulisan Barbie ataupun Frozen mungkin hampir sering kita yang dijumpai.

SABLON GLOW IN THE DARK

Sablon yang dapat menyala di daerah gelap ini terbuat dari campuran bubuk fosfor yang sanggup menghisap sinar matahari.

Karena inilah yang menjadikan sablon in the dark bisa terlihat di arena yang gelap.
Bubuk fosfor ini bisa dicampurkan dengan sablon/tinta rubber, pigmen, dan plastisol.

SABLON SUPER WHITE

Sablon super white ini mempunyai sifat tintanya serupa seperti rubber dan pigmen, sablon yang bisa menyerap ke serat-serat kain. Sablon super white cocok digunakan oleh kaos berwarna gelap.

Sebab mampu menghasilkan warna putih terang yang cemerlang. Bukan hanya itu saja, dikarenakan sifatnya menyerap ke serat-serat, sablon super white ini memiliki kekuatan tutup yang bagus.

SABLON FOIL

Sablon yang gambarnya berasal dari bahan kertas logam menyerupai alumunium foil. Teknik pencetakannya diterapkan dengan menempelkan lem khusus lalu dipress.
Kesan yang dihasilkan adalah warna metalik hingga kelihatan eksklusif.

SABLON FLOCKING

Sablon flocking lebih sering terkenal dengan sablon beludru, lantaran hasil akhir melalui sablon ini adalah desain yang menonjol dengan bulu-bulu halus.

Teknik mencetaknya serupa dengan sablon foil, yaitu ditempel menggunakan lem khusus setelah itu dipress agar menempel sempurna.

SABLON CABUT WARNA ATAU DISCHARGE

Untuk sablon discharge ini, kaos yang dipakai patut berbahan katun dan cotton, dikarenakan jenis tinta ini membuat melunturkan warna kaos dan menggantinya melalui warna lain sesuai kebutuhan.

Nah, walau dengan bahan katun akan tetapi jenis bahan katun yang digunakan perlu katun yang reaktif.
Tinta untuk sablon discharge ini mempergunakan bahan kimia yang mampu mencabut warna asli kain, ataupun yang lebih ekstrim menampilkan warna benang kaos yang sebetulnya.

Makanya, tips untuk menggunakan tinta ini agar mendapatkan hasil yang tertinggi, bahan pewarna kainnya harus dipilih melalui yang dischargeable.

SABLON HIGH DENSITY

Sablon high density ini mempergunakan tinta plastisol dengan tahap ketajaman yang lebih besar. Tinta ini memiliki sifat transparan.

Efek yang ditimbulkan adalah mengkilap dan berkesan basah. Akan tetapi bisa juga dibuat doff.

SABLON SEPARASI

Sablon jenis yang satu ini tahap penyablonannya dengan cara menseleksi warna desain untuk dibuat film.
Sablon separasi ada dua macam, ialah warna blok atau spot color buat desain vector dan raster yang lumrah dianggap process warna ataupun raster.

SABLON ASPAL

Jenis sablon aspal ini menggunakan cat plastisol yang diprint diatas kain melalui teknik istimewa yang mendapatkan tekstur yang unik.

SABLON DIRECT TO GARMENT (DTG)

Seperti yang kami katakan diatas, inilah proses penyablonan dimana tidak menggunakan media dan lebih menghemat tenaga pada proesenya karena memakai alat.

Sablon Direct to garment itu tahapannya memakai mesin khusus, seringnya berukuran lebih besar. Agar hasilnya sangat jelas dan detail, untuk warna yang dihasilkan bisa bergradien

Umumnya para vendor yang mempunyai mesin sablon ini menerima pemesanan kaos hanya satuan disebabkan dalam proses penyabloanannya tidak terlalu ribet.

ALAT-ALAT SABLON MANUAL

Sablon manual masih bertahan dengan seluruh kelebihannya walaupun sedikit demi sedikit mulai tergantikan dengan sablon auto.

Sablon manual masih besar diminati lantaran kualitas yang dihasilkan pada umumnya lebih awet daripada sablon digital.

Nah, berikut berkaos rangkumkan apa saja sih sebenarnya yang patut dipersiapkan buat menggunakan sablon manual.

1. LAYAR DAN TAMPILAN

Ini perangkat yang paling dasar di dalam sablon manual. Layar seringnya berasal dari kain sutra, kain gasa, kain nilon, atau kain-kain lain yang berpori-pori.

Fungsi dari screen ini untuk menentukan tinta yang nantinya akan menempel di kaos sesuai design. Tapi sebelum itu, screen ini jadi media pembentuk pola desain yang tercetak di kertas HVS.

Semakin besar nomor screen, maka semakin padat pori-porinya. Dan makin rapat pori-porinya maka hasil printing akan semakin halus.

2. OBAT AFDRUK

Obat afdruk ini berfungsi untuk memindahkan desain dari kertas HVS ke dalam screen yang nantinya akan tercetak pola gambar.

Di sinilah tinta akan diratakan. Obat afdruk ini beragam jenisnya, yang sering dipakai ialah: Ulano TZ, Super Emulsion 5, dan Rainbow.

3. OBAT PENGHAPUS M3 / 3M

Obat penghapus ini sangat diperlukan, karena bila sewaktu-waktu kita ingin mengubah pola desain yang ada pada screen. Atau ingin menghapusnya secara semuanya untuk kemudian screennya disimpan.

4. RAKEL

Rakel memiliki fungsi yang sama untuk menarik atau menggesut tinta sablon ke kain. Yang harus diperhatikan adalah karet rakelnya,

disebabkan karet rakel inilah yang membedakan fungsi secara spesifik. Ada 2 macam bentuk pegangan rakel ialah pegangan dari kayu dan pegangan dari alumunium.

admin

Share
Published by
admin

Recent Posts

Kaos Komunitas Keren dan Simple: Makna, Contoh, Desain, Bahan, Manfaat, dan Harga

Apa itu Kaos Komunitas? Kaos komunitas adalah kaos yang dirancang untuk mewakili atau mewujudkan identitas…

2 months ago

Kaos Family Gathering Keren: Pengertian, Desain Kaos Family Gathering, Bahan, dan Manfaat

Pengertian Kaos Family Gathering Kaos family gathering adalah kaos yang dirancang khusus untuk acara atau…

2 months ago

Kaos Kelas Keren dan Aesthetic: Pengertian, Manfaat, Cara bikin, Aplikasi desain, dan Harga

Apa itu Kaos Kelas ? Kaos kelas merupakan sebuah pakaian yang biasanya dikenakan oleh siswa…

2 months ago

Penjelasan Lengkap Tentang Bahan Jersey: Pengertian, Jenis, Karakteristik bahan, Kelebihan dan Kekurangan

Apa itu Bahan Jersey? Bahan jersey adalah jenis kain yang sering digunakan dalam pembuatan pakaian…

2 months ago

Mengenal Lebih dalam Bahan Polyester: Pengertian, Jenis, Karakteristik Bahan, Kelebihan dan Kekurangan

Apa itu Bahan Polyester? Polyester adalah jenis bahan sintetis yang terbuat dari serat polimer poliester.…

2 months ago

Memahami Bahan Taslan: Pengertian, Jenis, Harga, Kelebihan dan Kekurangan

Apa itu Bahan Taslan? Bahan taslan adalah jenis kain yang terbuat dari serat poliamida atau…

2 months ago