Categories: BIKIN KAOS

Bikin Kaos Anak Murah di Medan

Bikin kaos dengan desain sendiri kini sangatlah mudah. Dunia perindustrian sekarang, seperti konveksi layanan sablon kaos diramalkan akan terus meningkat, apalagi kaos termasuk salah satu kebutuhan sandang yang paling penting untuk manusia.

maka dari itu peluang usaha konveksi kaos ini sangat diinginkan para wirausaha remaja yang menyasar para anak muda. Berkaos.com termasuk salah satu diantaranya.

Sejak berdiri pada tahun 2015, Berkaos.com telah menyerahkan servis menerima ratusan klien yang aktif dari berbagai lembaga, kerabat dan personal. Selaku bukti janji dan dedikasi terhadap kualitas kaos yang terunggul, Kita hanya menerima pesanan kaos saja.

APA ITU SABLON?

Secara khusus sablon dapat dikatakan sebagai metode mencetak dengan memakai layar (screen) yang rapat. Layar tersebut pada umumnya berbahan dasar sutra dan nilon yang akhirnya dipola berdasarkan desain yang mau dibuat.

Lalu selanjutnya layar yang telah terpola diterapkan di atas kaos lalu dikasih tinta sablon agar pola yang berada pada layar tercetak pada kaos.

Dengan teknologi yang kian maju, sekarang ini kita dapat menemukan bermacam macam model sablon dan tidak perlu bingung untuk membuat layar dan memola desain di layar.

Ini merupakan sablon digital
Sebenarnya tidak 100% terkomputerisasi pada prosesnya, namun disandingkan dengan sablon manual metode pengerjaan sablon digital tersebut lebih efisien dan tidak membutuhkan banyak tenaga.

SABLON MANUAL DAN SABLON DIGITAL

Tiap hal pasti mempunyai baik buruknya, keuntungan dan kekuranganya. Tetapi Berkaos.com tidak untuk membandingkan diantara keduanya.

Namun untuk memberikan pengetahuan tentang sablon manual dan sablon digital
Untuk sablon manual keuntungannya adalah mutu dan keawetan, sedangkan sablon digital adalah unggul di kekreatifan.

Teknik sablon manual dapat mencetak desain dengan awet, kemungkinan luntur ataupun pecah sangat minim tapi rata-rata cuma bisa satu warna bertahan.

Sedangkan untuk sablon digital kita bisa mencetak desain dengan beragam warna bahan dengan warna gradient akan tetapi tentang kualitas, kaos dengan sablon digital mudah luntur.

PERBEDAAN SABLON MANUAL DAN SABLON DIGITAL

Terdapat adanya perbedaan di antara Sablon Manual dengan Sablon Digital. Itu seakan-akan bukan sekedar jadi parameter jika ada yang lebih baik diantara keduanya.

Lantaran pada dasarnya semuanya kembali pada proses pengerjaan. Jika pengerjaanya bagus sudah tentu hasilnya jadi sangat baik.

MEDIA CETAK YANG DIPAKAI

SABLON MANUAL

Kebanyakan untuk sablon manual itu menggunakan kertas HVS untuk membentuk pola pada layar sablon, kemudian mencetaknya ke dalam kaos dengan meratakan tinta yang lebih bervariatif dari sablon digital.

SABLON DIGITAL

Selanjutnya untuk sablon ditigal kebanyakan menggunakan kertas transfer (transfer paper) yang digunakan untuk mencetak desain pada kaos. Kertas transfer ini bagian dari aspek yang menentukan kualitas dari sablonan.

Ada bermacam jenis kertas transfer, diantaranya vinyl, beludru, oracle serta lain sebagainya.

Tetapi ada yang tidak memakai kertas transfer misalnya sablon DTG (Direct to Garment). DTG yaitu teknologi baru, sebab prosesnya sangat efektif.

Tidak memerlukan media cetak yang banyak sebab kaos polos langsung dapat digunakan untuk media cetak itu sendiri.

KUALITAS SABLON MANUAL

Biasanya sablon manual mempunyai kualitas yang baik dan lebih awet. Akan tetapi tidak dapat menjadi acuan, sebab tergantung jasanya. karena kenyataanya banyak kaos yang disablon manual tapi sewaktu dicuci tintanya mudah mengelupas.

Kejadian semacam ini pada umumnya dipengaruhi akibat tinta yang kurang benar lalu proses pengeringan yang kurang sempurna.

Tinta yang kurang benar itu bagaimana? Terdapat beberapa tinta misalnya, misalnya yang rubber kurang baik bila diterapkan dalam kaos berwarna gelap.

Lebih baik jika buat desain baju sendiri online lalu sablonnya disesuaikan dengan keperluan konsumen tetapi dijelaskan juga bagaimana kelemahan dan kelebihannya.

KUALITAS SABLON DIGITAL

Bagi kualitas sablon digital ini sangat dipastikan dengan tipe kertas transfer (transfer paper) yang dipakai dan juga mutu tinta.

kebanyakan kaos yang dicetak dengan sablon digital di saat anda tarik kaosnya, kemungkinan sablonnya jadi pecah-pecah.

Ini salah satu tanda bahwa kertas transfer yang dipakai kualitasnya kurang baik. maka usahakan, bila ingin mengembangkan usaha sablon digital memakai kertas transfer serta tinta yang kualitasnya baik.

Selain 4 perbedaan diatas agar harga sablon kaos manual lebih terjangkau dibandingkan dengan sablon digital. Dikarenakan alat yang digunakan sangat berbeda jauh. Apalagi jika design kaosnya sparasi dengan banyak warna.

BANYAKNYA ORDER

Berdasarkan survey lapangan yang kita perbuat, hal semacam inilah yang sering berlaku.

SABLON MANUAL

Pada usaha sablon kaos daerah khusus ibukota Jakarta misalnya, tentunya ada ketentuan minimum pesanan untuk tiap desainnya.

Sebab hal ini supaya meringankan dana produksi dan ke efesienan dari layar yang akan dibentuk.

SABLON DIGITAL

Berbeda dengan sablon manual untuk jasa sablon digital ini beberapa penyedia jasa percetakan kaos membolehkan kaonsumennya untuk mencetak hanya satu contoh kaos saja.

Disebabkan untuk anggaran sablon kaos digital tidak memerlukan anggaran lebih dalam menyajikan layar.

MACAM-MACAM SABLON

SABLON RUBBER

Sablon rubber atau sablon karet. Sablon dengan tinta ini dapat menutup serat-serat kain dan mempunyai efek timbul. Hasilnya juga elastis. Model sablon ini dikhususkan buat kaos berwarna gelap dikarenakan sifat tintanya yang pekat.

Tinta ini sering dimanfaatkan untuk alsa desain maupun underbase. Maksudnya untuk warna dasar sebelum penyablonan warna-warna lainnya.

SABLON PIGMEN

Jenis salon ini sifatnya gampang meresap pada serat-serat kain sehingga hasilnya maksimal. Namun sablon pigmen ini cuman bisa digunakan pada kaos berwarna tidak gelap.

Kalau digunakan untuk kaos yang berwarna gelap hasilnya akan kuang baik terlebih-lebih kurang bagus. Rata-rata owner usaha sablon tidak merekomendasikan sablon seperti ini.

SABLON FOAM

Sablon ini memiliki nama foam atau busa karena memang hasil akhirnya sablon dengan memakai tinta ini memberi efek timbul bundar seperti busa dengan warna agak kecoklatan.

Bahan dasarnya dari karet sehingga sedikit elastis. Sablon foam ini dapat dicampurkan oleh sablon rubber atau plastisol.

SABLON PLASTISOL

Tipe sablon yang satu ini banyak dipakai pengsuplai jasa sablon terutama para pengusaha sablon kaos murah jakarta utara, sebab sablon plastisol memiliki daya rekat yang amat bagus dan lebih lama.

Plastisol ini adalah tinta yang berbahan dasar minyak (oil based). Keunggulannya yang istimewa untuk sablon jenis ini lebih memakan Anggaran daripada jenis sablon sebagainya.

Peralatan yang digunakan pun berbeda dari jenis-jenis sablon yang lain. Misalnya seperti alat pengering khusus yang biasanya menggunakan sinar infrared atau menggunakan flash curing dan conveyor curing

Hal ini karena sablon plastisol memiliki daya tempel yang sangat bagus, tetapi yang butuh diperhatikan adalah ketika menggosok kaosnya.

Kita sarankan untuk menyetrika kaos oleh sablon plastisol jangan langsung disetrika pada letak sablonnya sebab akan meleleh.

SABLON GLITTER

Sablon yang transparan ini mempunyai efek kerlap-kerlip sehingga terlihat lebih eksklusif dan stylis. Gliter ini dibentuk melalui berbagai partikel kecil dengan ukuran mikro, selain itu tersedia juga efek selain kerlap-kerlip seperti metalik, hologram dan pelangi.

Sablon gliter ini sangat cocok dan biasa dipakai untuk kaos anak wanita karena efeknya yang memikat dan lucu. Semacam tulisan Barbie ataupun Frozen mungkin sering kamu yang dijumpai.

SABLON GLOW IN THE DARK

Sablon yang dapat bersinar di arena gelap ini terbuat dari campuran bubuk fosfor yang dapat menyerap sinar matahari.

Hal inilah yang membuat sablon in the dark mampu terlihat di daerah yang gelap.
Bubuk fosfor ini bisa dicampurkan dengan sablon/tinta rubber, pigmen, dan plastisol.

SABLON SUPER WHITE

Sablon super white ini mempunyai sifat tintanya sama seperti rubber dan pigmen, sablon yang dapat menyerap ke serat-serat kain. Sablon super white cocok diterapkan oleh kaos berwarna gelap.

Sebab akan menghasilkan warna putih terang yang menyala. Selain itu saja, karena sifatnya menyerap ke serat-serat, sablon super white ini memiliki daya tutup yang bagus.

SABLON FOIL

Sablon yang desainnya terbuat dari bahan kertas logam mirip alumunium foil. Metode pencetakannya diterapkan dengan menempelkan lem khusus kemudian dipress.
Kesan yang ditimbulkan adalah warna metalik sehingga terlihat eksklusif.

SABLON FLOCKING

Sablon flocking lebih sering dikenal dengan sablon beludru, hal ini karena hasil akhir dari sablon ini adalah desain yang menonjol dengan bulu-bulu halus.

Cara mencetaknya sama dengan sablon foil, yaitu dilekatkan menggunakan lem khusus lalu dipress agar merekat sempurna.

SABLON CABUT WARNA ATAU DISCHARGE

Untuk sablon discharge ini, kaos yang digunakan harus berbahan katun atau cotton, karena jenis tinta ini akan melunturkan warna kaos dan menggantinya oleh warna lain sesuai keinginan.

Nah, walau dengan bahan katun akan tetapi jenis bahan katun yang dipakai perlu katun yang reaktif.
Tinta buat sablon discharge ini menggunakan bahan kimia yang mampu mencabut warna asli bahan, atau yang lebih keras memperlihatkan warna benang kaos yang sesungguhnya.

Makanya, saran untuk penggunakan tinta ini agar mendapatkan hasil yang maksimum, bahan pewarna kainnya harus dipilih melalui yang dischargeable.

SABLON HIGH DENSITY

Sablon high density ini menggunakan tinta plastisol dengan tingkat ketajaman yang lebih atas. Tinta ini bersifat transparan.

Efek yang ditimbulkan ialah mengkilap dan berkesan basah. Namun bisa juga dibuat doff.

SABLON SEPARASI

Sablon jenis yang satu ini proses penyablonannya melalui cara menseleksi warna desain buat dijadikan film.
Sablon separasi ada dua macam, ialah warna blok atau spot color buat desain vector dan raster yang biasa dianggap process warna maupun raster.

SABLON ASPAL

Jenis sablon aspal ini memanfaatkan cat plastisol yang dicetak diatas kain dengan cara istimewa yang menghasilkan tekstur yang unik.

SABLON DIRECT TO GARMENT (DTG)

Seperti yang kami katakan diatas, inilah proses penyablonan dimana tanpa mempergunakan media dan lebih menghemat tenaga di dalam proesenya karena mempergunakan alat.

Sablon Direct to garment itu tahapannya memakai alat khusus, seringnya berukuran lebih besar. Bagi hasilnya sangat jelas dan detail, untuk warna yang dihasilkan bisa bergradien

Biasanya para vendor yang punya mesin sablon ini menerima order kaos hanya satuan karena dalam proses penyabloanannya tidak begitu ribet.

ALAT-ALAT SABLON MANUAL

Sablon manual masih bertahan dengan segenap keunggulannya sekalipun sedikit demi sedikit mulai tergeser dengan sablon auto.

Sablon manual masih besar diminati dikarenakan kualitas yang dihasilkan pada umumnya lebih awet daripada sablon digital.

Nah, berikut berkaos rangkumkan apa saja sih sebetulnya yang harus dipersiapkan agar membikin sablon manual.

1. LAYAR DAN SCREEN

Ini perangkat yang paling utama untuk sablon manual. Layar biasanya berasal dari kain sutra, kain gasa, kain nilon, atau kain-kain lain yang berpori-pori.

Manfaat dari screen ini untuk menyaring tinta yang akhirnya akan menempel di kaos sesuai desain. Tetapi sebelum itu, screen ini menjadi media pembentuk pola design yang tercetak pada kertas HVS.

Semakin gede nomor screen, maka semakin rapat pori-porinya. Serta semakin rapat pori-porinya maka hasil printing akan semakin rapih.

2. OBAT AFDRUK

Obat afdruk ini berfungsi untuk memindahkan design dari kertas HVS ke pada screen yang nantinya jadi tercetak pola gambar.

Di sanalah tinta akan dihaluskan. Obat afdruk ini banyak merknya, yang banyak digunakan adalah: Ulano TZ, Super Emulsion 5, dan Rainbow.

3. OBAT PENGHAPUS M3 / 3M

Obat penghapus ini amat diperlukan, sebab bila sewaktu-waktu kamu hendak merubah pola desain yang ada di screen. Atau ingin menghapusnya secara keseluruhan untuk akhirnya screennya disimpan.

4. RAKEL

Rakel memiliki fungsi yang sama tuk memikat atau menggesut tinta sablon ke kain. Yang mesti diperhatikan adalah karet rakelnya,

lantaran karet rakel inilah yang membedakan manfaat secara jelas. Ada 2 macam tipe pegangan rakel yaitu pegangan dari kayu kemudian pegangan dari alumunium.

admin

Share
Published by
admin

Recent Posts

Kaos Komunitas Keren dan Simple: Makna, Contoh, Desain, Bahan, Manfaat, dan Harga

Apa itu Kaos Komunitas? Kaos komunitas adalah kaos yang dirancang untuk mewakili atau mewujudkan identitas…

2 months ago

Kaos Family Gathering Keren: Pengertian, Desain Kaos Family Gathering, Bahan, dan Manfaat

Pengertian Kaos Family Gathering Kaos family gathering adalah kaos yang dirancang khusus untuk acara atau…

2 months ago

Kaos Kelas Keren dan Aesthetic: Pengertian, Manfaat, Cara bikin, Aplikasi desain, dan Harga

Apa itu Kaos Kelas ? Kaos kelas merupakan sebuah pakaian yang biasanya dikenakan oleh siswa…

2 months ago

Penjelasan Lengkap Tentang Bahan Jersey: Pengertian, Jenis, Karakteristik bahan, Kelebihan dan Kekurangan

Apa itu Bahan Jersey? Bahan jersey adalah jenis kain yang sering digunakan dalam pembuatan pakaian…

2 months ago

Mengenal Lebih dalam Bahan Polyester: Pengertian, Jenis, Karakteristik Bahan, Kelebihan dan Kekurangan

Apa itu Bahan Polyester? Polyester adalah jenis bahan sintetis yang terbuat dari serat polimer poliester.…

2 months ago

Memahami Bahan Taslan: Pengertian, Jenis, Harga, Kelebihan dan Kekurangan

Apa itu Bahan Taslan? Bahan taslan adalah jenis kain yang terbuat dari serat poliamida atau…

2 months ago