Categories: BIKIN KAOS

Bikin Kaos Anak Murah di Pariaman

Bikin kaos dengan desain sendiri kini tidaklah sulit. Dunia perindustrian saat ini, seperti konveksi jasa sablon kaos diperkirakan akan selalu berkembang, lebih lagi kaos merupakan salah satu kebutuhan sandang yang paling penting bagi manusia.

maka dari itu peluang bisnis konveksi kaos ini sangat diminati para wirausaha remaja yang menyasar para anak muda. Berkaos.com merupakan salah satu diantaranya.

Sejak berdiri dari tahun 2015, Berkaos.com sudah memberikan servis menerima ratusan klien yang aktif dalam beragam lembaga, kerabat dan personal. Menjadi bukti janji serta dedikasi kepada mutu kaos yang terbaik, Kita sebatas melayani pesanan kaos saja.

APA ITU SABLON?

Secara khusus sablon dapat diartikan selaku teknik mencetak dengan menggunakan layar (screen) yang rapat. Layar itu pada umumnya berbahan dasar sutra ataupun nilon yang kemudian dibentuk berdasarkan desain yang akan dibuat.

Lalu selanjutnya layar yang sudah terpola diterapkan di atas kaos lalu dikasih tinta sablon supaya pola yang terletak pada layar tercetak pada kaos.

Perkembangan teknologi yang terus maju, saat ini kita bisa menemukan Banyak macam model sablon dan tidak usah bingung untuk membuat layar serta memola desain ke layar.

Ini merupakan sablon digital
Memang tidak sepenuhnya terkomputerisasi pada prosesnya, namun dibandingkan dengan sablon manual proses pengerjaan sablon digital di sini lebih efisien serta tidak membutuhkan banyak tenaga.

SABLON MANUAL VS SABLON DIGITAL

Setiap hal pasti mempunyai baik buruknya, keuntungan dan kelemahannya. Tetapi Berkaos.com tidak akan membandingkan diantara keduanya.

Tetapi akan memberikan wawasan terkait sablon manual dan sablon digital
Untuk sablon manual kelebihanya adalah kualitas dan keawetan, sedangkan sablon digital adalah unggul dalam kekreatifan.

Teknik sablon manual dapat mencetak desain dengan awet, kemungkinan pudar ataupun pecah sangat minim namun biasanya hanya bisa satu warna solid.

Sedangkan untuk sablon digital kita bisa mencetak desain dengan beragam warna bahan dengan warna gradient akan tetapi untuk kualitas, kaos dengan sablon digital gampang pudar.

PERBEDAAN SABLON MANUAL DENGAN SABLON DIGITAL

Dengan adanya perbedaan khususnya antara Sablon Manual dengan Sablon Digital. Itu seakan-akan tidak untuk sebagai parameter bahwa ada yang lebih unggul diantara keduanya.

Sebab pada dasarnya semua kembali kepada proses pengerjaan. Bila pengerjaanya bagus pastinya hasilnya akan sangat baik.

MEDIA CETAK YANG DIGUNAKAN

SABLON MANUAL

Kebanyakan untuk sablon manual itu memakai kertas HVS untuk Pembentukan pola di layar sablon, kemudian mencetaknya ke atas kaos dengan meratakan tinta yang sangat bervariatif dari sablon digital.

SABLON DIGITAL

Lalu untuk sablon ditigal kebanyakan menggunakan kertas transfer (transfer paper) yang dipakai untuk mencetak desain di dalam kaos. Kertas transfer ini salah satu faktor yang menentukan kualitas dari sablonan.

Ada bermacam model kertas transfer, seperti glow in the dark, beludru, oracle dan yang lain sebagainya.

Tetapi ada yang tidak memakai kertas transfer semacam sablon DTG (Direct to Garment). DTG merupakan teknologi baru, karena prosesnya sangat efektif.

Tidak membutuhkan media cetak yang berlebihan sebab kaos polos langsung dapat digunakan untuk media cetak itu sendiri.

KUALITAS SABLON MANUAL

Biasanya sablon manual punya mutu yang bagus dan lebih awet. Namun tidak bisa menjadi acuan, karena tergantung jasanya. karena kenyataanya banyak kaos yang disablon manual namun ketika dicuci tintanya mudah pudar.

Peristiwa semacam ini pada umumnya dipengaruhi oleh tinta yang kurang pas lalu proses pengeringan yang tidak cukup maksimal.

Tinta yang kurang tepat itu bagaimana? Ada beberapa tinta misalnya, misalnya yang rubber tidak cukup bagus bila diterapkan pada kaos berwarna gelap.

Alangkah baiknya jika buat desain baju sendiri online lalu sablonnya diserasikan dengan keperluan konsumen tetapi dijelaskan juga bagaimana kelemahan serta kelebihannya.

KUALITAS SABLON DIGITAL

Untuk mutu sablon digital tersebut sangat dipastikan oleh tipe kertas transfer (transfer paper) yang digunakan dan juga kualitas tinta.

Tidak jarang kaos yang dicetak dengan sablon digital di saat kita tarik kaosnya, kemungkinan sablonnya jadi pecah-pecah.

Ini salah satu bukti bahwa kertas transfer yang digunakan kualitasnya tidak cukup baik. Jadi usahakan, jika ingin mengembangkan usaha sablon digital memakai kertas transfer serta tinta yang kualitasnya bagus.

Selain 4 perbedaan diatas supaya harga sablon kaos manual lebih murah dibandingkan dengan sablon digital. Dikarenakan alat yang digunakan sangat berbeda jauh. Apalagi jika design kaosnya sparasi dengan beragam warna.

BANYAKNYA PERMINTAAN

Menurut survey lapangan yang kita lakukan, hal seperti inilah yang sering berlangsung.

SABLON MANUAL

Dalam usaha sablon kaos daerah khusus ibukota Jakarta misalnya, pasti ada penetapan minimal order buat setiap desainnya.

Karena hal ini supaya meringankan dana produksi dan ke efesienan dari layar yang akan dibuat.

SABLON DIGITAL

Berbeda dengan sablon manual untuk jasa sablon digital ini sebagian layanan jasa percetakan kaos membolehkan pembelinya untuk mencetak hanya satu contoh kaos saja.

Sebab untuk anggaran sablon kaos digital tidak memerlukan biaya lebih dalam membuat layar.

MACAM-MACAM SABLON

SABLON RUBBER

Sablon rubber atau sablon karet. Sablon dengan tinta ini dapat menutup serat-serat kain dan mempunyai efek timbul. Hasilnya juga elastis. Tipe sablon ini dikhususkan untuk kaos berwarna gelap karena sifat tintanya yang pekat.

Tinta ini sering dipakai untuk alsa desain maupun underbase. Maksudnya sebagai warna dasar sebelum penyablonan warna-warna lain.

SABLON PIGMEN

Jenis salon ini sifatnya mudah meresap pada serat-serat kain sehingga hasilnya keren. Akan tetapi sablon pigmen ini hanya mampu dipakai pada kaos berwarna terang.

Bila digunakan pada kaos yang berwarna gelap hasilnya akan kuang baik bahkan jelek. Rata-rata pemilik usaha sablon tidak menyarankan sablon model ini.

SABLON FOAM

Sablon ini dinamakan foam atau busa sebab memang hasil akhirnya sablon dengan menggunakan tinta ini memberikan efek timbul bundar seperti busa dengan warna kusam.

Bahan awalnya dari karet sehingga minim fleksibel. Sablon foam ini boleh dicampurkan oleh sablon rubber atau plastisol.

SABLON PLASTISOL

Jenis sablon yang satu ini banyak dipakai pengsuplai jasa sablon khususnya para pembisnis sablon kaos murah jakarta barat, sebab sablon plastisol mempunyai daya rekat yang sungguh baik dan lebih lama.

Plastisol ini adalah tinta yang berbahan dasar minyak (oil based). Keunggulannya yang istimewa membuat sablon jenis ini lebih memakan biaya daripada jenis sablon lainnya.

Peralatan yang dipakai pun berbeda dari jenis-jenis sablon yang lain. Misalnya seperti alat pengering khusus yang biasanya menggunakan sinar infrared ataupun memakai flash curing dan conveyor curing

Karena sablon plastisol memiliki daya rekat yang sangat tangguh, tetapi yang mesti diperhatikan ialah ketika menyetrika kaosnya.

Kita sarankan untuk menyetrika kaos dengan sablon plastisol dilarang langsung disetrika pada bagian sablonnya dikarenakan akan meleleh.

SABLON GLITTER

Sablon yang transparan ini mempunyai efek kerlap-kerlip sehingga terlihat lebih eksklusif dan stylis. Gliter ini terbentuk dengan berbagai partikel kecil berukuran mikro, selain itu tersedia juga efek selain kerlap-kerlip semacam metalik, hologram dan pelangi.

Sablon gliter ini sangat tepat dan normal dimanfaatkan untuk kaos anak perempuan karena efeknya yang menarik dan lucu. Seperti tulisan Barbie ataupun Frozen mungkin sering kami yang dijumpai.

SABLON GLOW IN THE DARK

Sablon yang bisa bersinar di lokasi gelap ini dibuat dari campuran bubuk fosfor yang bisa menyerap sinar matahari.

Inilah yang menjadikan sablon in the dark bisa terlihat di arena yang gelap.
Bubuk fosfor ini boleh dicampurkan oleh sablon/tinta rubber, pigmen, dan plastisol.

SABLON SUPER WHITE

Sablon super white ini mempunyai sifat tintanya sama seperti rubber dan pigmen, sablon yang bisa menyerap ke serat-serat kaos. Sablon super white cocok digunakan oleh kaos berwarna gelap.

Sebab mampu menghasilkan warna putih terang yang menyala. Bukan hanya itu saja, karena sifatnya menyerap ke serat-serat, sablon super white ini memiliki daya tutup yang bagus.

SABLON FOIL

Sablon yang polanya terbuat dari bahan kertas logam mirip alumunium foil. Teknik pencetakannya dilakukan melalui menempelkan lem khusus lalu dipress.
Kesan yang dihasilkan adalah warna metalik sehingga terlihat eksklusif.

SABLON FLOCKING

Sablon flocking lebih sering terkenal dengan sablon beludru, karena hasil akhir melalui sablon ini adalah desain yang menonjol dengan bulu-bulu halus.

Teknik mencetaknya sama dengan sablon foil, yaitu dilekatkan menggunakan lem khusus selanjutnya dipress agar menempel sempurna.

SABLON CABUT WARNA ATAU DISCHARGE

Untuk sablon discharge ini, kaos yang digunakan patut berbahan katun atau cotton, dikarenakan jenis tinta ini membuat melunturkan warna kaos dan menggantinya dengan warna lain sesuai keperluan.

Nah, walau dengan bahan katun tetapi jenis bahan katun yang dipakai perlu katun yang reaktif.
Tinta agar sablon discharge ini menggunakan bahan kimia yang dapat mencabut warna asli bahan, ataupun yang lebih ekstrim memunculkan warna benang kaos yang sesungguhnya.

Makanya, tips untuk penggunakan tinta ini supaya mendapatkan hasil yang maksimum, bahan pewarna kainnya harus dipilih dengan yang dischargeable.

SABLON HIGH DENSITY

Sablon high density ini memakai tinta plastisol dengan tahap ketajaman yang lebih tinggi. Tinta ini bersifat transparan.

Efek yang dihasilkan adalah mengkilap dan terkesan basah. Namun dapat juga diterapkan doff.

SABLON SEPARASI

Sablon jenis yang satu ini proses penyablonannya dengan cara memisahkan warna desain buat dijadikan film.
Sablon separasi ada 2 tipe, yaitu warna blok atau spot color buat desain vector dan raster yang biasa dianggap process color ataupun raster.

SABLON ASPAL

Jenis sablon aspal ini memakai cat plastisol yang diprint diatas kain melalui cara istimewa yang memperoleh bentuk yang unik.

SABLON DIRECT TO GARMENT (DTG)

Sebagaimana yang kita bilang diatas, inilah tahapan penyablonan yang tanpa mempergunakan media dan lebih menghemat energi pada proesenya karena mempergunakan mesin.

Sablon Direct to garment ini tahapannya memakai mesin khusus, seringnya berukuran lebih besar. Untuk hasilnya sangat jelas dan detail, buat warna yang dihasilkan dapat bergradien

Seringnya para vendor yang mempunyai mesin sablon ini menerima order kaos hanya satuan hal ini karena dalam proses penyabloanannya tidak begitu ribet.

ALAT-ALAT SABLON MANUAL

Sablon manual dapat bertahan dengan segenap keunggulannya meskipun sedikit demi sedikit mulai tergeser dengan sablon auto.

Sablon manual masih besar digunakan karena kualitas yang dihasilkan biasanya lebih awet dibandingkan sablon digital.

Nah, berikut berkaos simpulkan apa saja sih sebetulnya yang harus dipersiapkan buat membikin sablon manual.

1. LAYAR ATAU TAMPILAN

Ini perangkat yang paling utama untuk sablon manual. Layar pada umumnya terbuat dari kain sutra, kain gasa, kain nilon, atau kain-kain lain yang berpori-pori.

Fungsi dari screen ini untuk memilih tinta yang akhirnya akan ditempel di kaos sesuai desain. Tapi sebelum itu, screen ini jadi media pembentuk pola design yang dicetak di kertas HVS.

Makin luas nomor screen, maka semakin rapat pori-porinya. Dan makin rapat pori-porinya maka hasil printing akan semakin rapih.

2. OBAT AFDRUK

Obat afdruk ini bermanfaat untuk memindahkan desain dari kertas HVS ke dalam screen yang nantinya jadi tercetak pola gambar.

Di sinilah tinta akan diratakan. Obat afdruk ini beragam jenisnya, yang banyak dipakai ialah: Ulano TZ, Super Emulsion 5, dan Rainbow.

3. OBAT PENGHAPUS M3 / 3M

Obat penghapus ini amat diperlukan, sebab jika sewaktu-waktu kamu ingin merubah pola desain yang ada di screen. Atau ingin menghapusnya secara semuanya untuk kemudian screennya disimpan.

4. RAKEL

Rakel memiliki manfaat yang sama agar memikat atau menempelkan tinta sablon ke kaos. Yang mesti diperhatikan adalah karet rakelnya,

sebab karet rakel inilah yang membedakan manfaat secara spesifik. Ada 2 macam jenis pegangan rakel ialah pegangan dari kayu dan pegangan dari alumunium.

admin

Share
Published by
admin

Recent Posts

Kaos Komunitas Keren dan Simple: Makna, Contoh, Desain, Bahan, Manfaat, dan Harga

Apa itu Kaos Komunitas? Kaos komunitas adalah kaos yang dirancang untuk mewakili atau mewujudkan identitas…

2 months ago

Kaos Family Gathering Keren: Pengertian, Desain Kaos Family Gathering, Bahan, dan Manfaat

Pengertian Kaos Family Gathering Kaos family gathering adalah kaos yang dirancang khusus untuk acara atau…

2 months ago

Kaos Kelas Keren dan Aesthetic: Pengertian, Manfaat, Cara bikin, Aplikasi desain, dan Harga

Apa itu Kaos Kelas ? Kaos kelas merupakan sebuah pakaian yang biasanya dikenakan oleh siswa…

2 months ago

Penjelasan Lengkap Tentang Bahan Jersey: Pengertian, Jenis, Karakteristik bahan, Kelebihan dan Kekurangan

Apa itu Bahan Jersey? Bahan jersey adalah jenis kain yang sering digunakan dalam pembuatan pakaian…

2 months ago

Mengenal Lebih dalam Bahan Polyester: Pengertian, Jenis, Karakteristik Bahan, Kelebihan dan Kekurangan

Apa itu Bahan Polyester? Polyester adalah jenis bahan sintetis yang terbuat dari serat polimer poliester.…

2 months ago

Memahami Bahan Taslan: Pengertian, Jenis, Harga, Kelebihan dan Kekurangan

Apa itu Bahan Taslan? Bahan taslan adalah jenis kain yang terbuat dari serat poliamida atau…

2 months ago