Categories: BIKIN KAOS

Bikin Kaos Anak Murah di tulungagung

Bikin kaos dengan desain sendiri sekarang tidaklah sulit. Lingkungan perindustrian saat ini, seperti konveksi jasa sablon kaos diperkirakan akan selalu meningkat, apalagi kaos termasuk salah satu kebutuhan sandang yang paling penting untuk manusia.

maka dari itu peluang usaha konveksi kaos ini begitu diminati para wirausaha remaja yang menyasar para anak muda. Berkaos.com merupakan salah satu diantaranya.

Kendati berdiri dari tahun 2015, Berkaos.com telah menyerahkan servis menerima banyaknya klien yang aktif dari beragam komunitas, kerabat dan personal. Menjadi bukti janji dan dedikasi terhadap kualitas kaos yang juara, Kita cuma menangani pesanan kaos saja.

APA ITU SABLON?

Secara khusus sablon bisa dikatakan selaku teknik mencetak dengan memanfaatkan layar (screen) yang rapat. Layar itu biasanya berbahan dasar sutra dan nilon yang kemudian dibentuk berdasarkan desain yang akan dibuat.

Lalu setelah layar yang telah terpola diterapkan di atas kaos kemudian dikasih tinta sablon agar pola yang terletak pada layar tercetak pada kaos.

Dengan teknologi yang semakin maju, saat ini kamu bisa menjumpai bermacam macam model sablon dan tidak perlu bingung untuk membuat layar dan memola desain ke layar.

sablon berikut merupakan sablon digital
Memang tidak 100% terkomputerisasi pada prosesnya, akan tetapi disandingkan dengan sablon manual metode pengerjaan sablon digital tersebut lebih efisien dan tidak memerlukan banyak tenaga.

SABLON MANUAL VS SABLON DIGITAL

Tiap hal tentu mempunyai baik buruknya, kelebihan dan kelemahannya. Disini Berkaos.com tidak untuk membandingkan diantara keduanya.

Namun untuk memberi wawasan mengenai sablon manual dan sablon digital
Untuk sablon manual keuntungannya yaitu mutu dan keawetan, sedangkan sablon digital adalah unggul di kekreatifan.

Teknik sablon manual dapat mencetak desain dengan tahan lama, kemungkinan luntur ataupun pecah sangat minim tetapi rata-rata hanya bisa satu warna bertahan.

Sedangkan untuk sablon digital kita dapat mencetak desain dengan banyak warna bahan dengan warna gradient tetapi tentang kualitas, kaos dengan sablon digital mudah luntur.

PERBEDAAN SABLON MANUAL DENGAN SABLON DIGITAL

Dengan adanya perbedaan di antara Sablon Manual dengan Sablon Digital. Ini semata-mata tidak sekedar menjadi parameter jika ada yang lebih unggul diantara keduanya.

Lantaran pada dasarnya semua balik lagi kepada proses pengerjaan. Apabila pengerjaanya bagus sudah tentu hasilnya jadi sangat baik.

MEDIA CETAK YANG DIPAKAI

SABLON MANUAL

Pada umumnya untuk sablon manual itu memakai kertas HVS untuk membentuk pola pada layar sablon, kemudian mencetaknya ke atas kaos dengan meratakan tinta yang lebih bervariatif dari sablon digital.

SABLON DIGITAL

Selanjutnya untuk sablon ditigal biasanya memakai kertas transfer (transfer paper) yang dipakai untuk mencetak desain pada kaos. Kertas transfer ini salah satu faktor yang memastikan mutu dari sablonan.

Ada beragam model kertas transfer, seperti vinyl, beludru, oracle serta lain sebagainya.

Namun ada juga yang tidak menggunakan kertas transfer seperti sablon DTG (Direct to Garment). DTG merupakan teknologi baru, hal ini karena prosesnya sangat cepat.

Tidak membutuhkan media cetak yang berlebihan karena kaos polos langsung dapat dijadikan media cetak itu sendiri.

KUALITAS SABLON MANUAL

Biasanya sablon manual punya mutu yang bagus dan lebih tahan lama. Namun tidak dapat menjadi acuan, karena tergantung jasanya. karena realitasnya banyak kaos yang disablon manual akan tetapi ketika dicuci tintanya mudah mengelupas.

Hal seperti ini pada umumnya dipengaruhi akibat tinta yang kurang tepat lalu proses pengeringan yang kurang sempurna.

Tinta yang kurang benar itu bagaimana? Terdapat beberapa tinta misalnya, seperti yang rubber tidak cukup baik bila diaplikasikan pada kaos berwarna gelap.

Lebih baik jika buat desain baju sendiri online lalu sablonnya disesuaikan dengan keinginan konsumen namun dijelaskan pula bagaimana kekurangan dan kelebihannya.

KUALITAS SABLON DIGITAL

Untuk kualitas sablon digital ini sangat dipastikan dari tipe kertas transfer (transfer paper) yang dipakai dan juga mutu tinta.

kebanyakan kaos yang dicetak dengan sablon digital di sewaktu kita tarik kaosnya, hasilnya sablonnya jadi pecah-pecah.

Itu salah satu tanda bahwa kertas transfer yang digunakan kualitasnya tidak cukup baik. Jadi usahakan, bila hendak mengembangkan bisnis sablon digital memakai kertas transfer dan tinta yang kualitasnya baik.

Selain 4 perbedaan diatas agar harga sablon kaos manual lebih murah dibandingkan dengan sablon digital. Karena alat yang digunakan sangat berbeda jauh. Apalagi jika design kaosnya sparasi dengan banyak warna.

BANYAKNYA PERMINTAAN

Berdasarkan survey lapangan yang kita lakukan, hal semacam inilah yang sering terjadi.

SABLON MANUAL

Pada usaha sablon kaos daerah khusus ibukota Jakarta misalnya, tentu ada penetapan minimum pesanan buat semua desainnya.

Karena hal ini agar meringankan dana produksi juga ke efesienan dari layar yang akan dibentuk.

SABLON DIGITAL

Berbeda dengan sablon manual untuk jasa sablon digital ini sebagian layanan jasa percetakan kaos membolehkan pemesannya untuk mencetak hanya satu buah kaos saja.

Disebabkan untuk biaya sablon kaos digital tidak memerlukan biaya lebih dalam membuat layar.

MACAM-MACAM SABLON

SABLON RUBBER

Sablon rubber atau sablon karet. Sablon dengan tinta ini dapat menutup serat-serat kain dan memiliki efek timbul. Hasilnya juga elastis. Jenis sablon ini dikhususkan untuk kaos berwarna gelap sebab sifat tintanya yang pekat.

Tinta ini sering dimanfaatkan untuk alsa desain atau underbase. Artinya untuk warna dasar sebelum penyablonan warna-warna yang lain.

SABLON PIGMEN

Jenis salon ini sifatnya mudah meresap pada serat-serat kain sehingga hasilnya bagus. Namun sablon pigmen ini hanya mampu digunakan pada kaos berwarna tidak gelap.

Apabila dipakai untuk kaos yang berwarna gelap hasilnya akan kuang bagus terlebih-lebih kurang bagus. Rata-rata empunya usaha sablon tidak menyarankan sablon model ini.

SABLON FOAM

Sablon ini memiliki nama foam atau busa hal ini karena memang hasil sablon dengan menggunakan tinta ini memberi efek timbul bundar seperti busa dengan warna kusam.

Bahan awalnya dari karet hingga sedikit elastis. Sablon foam ini bisa dicampurkan melalui sablon rubber atau plastisol.

SABLON PLASTISOL

Model sablon yang satu ini banyak digunakan penyedia jasa sablon khususnya para pembisnis sablon kaos murah jakarta barat, sebab sablon plastisol mempunyai daya tempel yang sangat bagus dan lebih tahan.

Plastisol ini adalah tinta yang berbahan dasar minyak (oil based). Keunggulannya yang istimewa buat sablon jenis ini lebih memakan biaya daripada jenis sablon sebagainya.

Alat yang dipakai pun berbeda dari jenis-jenis sablon yang lain. Misalnya semacam alat pengering khusus yang umumnya memakai sinar infrared ataupun memakai flash curing dan conveyor curing

Disebabkan sablon plastisol memiliki kekuatan rekat yang sangat bagus, akan tetapi yang harus diperhatikan adalah ketika menyetrika kaosnya.

Saya sarankan untuk menyetrika kaos melalui sablon plastisol jangan langsung disetrika pada tempat sablonnya sebab akan meleleh.

SABLON GLITTER

Sablon yang transparan ini mempunyai efek kerlap-kerlip hingga terkesan lebih eksklusif dan mewah. Gliter ini terbentuk dari berbagai partikel kecil berukuran mikro, selain itu tersedia juga efek lainnya kerlap-kerlip misalnya metalik, hologram dan pelangi.

Sablon gliter ini sangat tepat dan biasa dimanfaatkan untuk kaos anak perempuan karena efeknya yang menarik dan lucu. Layaknya tulisan Barbie maupun Frozen mungkin hampir sering kita yang dijumpai.

SABLON GLOW IN THE DARK

Sablon yang sanggup menyala di daerah gelap ini terbuat dari adukan bubuk fosfor yang sanggup menyerap sinar matahari.

Hal inilah yang membuat sablon in the dark bisa terlihat di lingkungan yang gelap.
Bubuk fosfor ini boleh dicampurkan oleh sablon/tinta rubber, pigmen, dan plastisol.

SABLON SUPER WHITE

Sablon super white ini memiliki sifat tintanya sama seperti rubber dan pigmen, sablon yang mampu menyerap ke serat-serat kaos. Sablon super white cocok digunakan untuk kaos berwarna tidak terang.

Sebab dapat menghasilkan warna putih terang yang menyala. Bukan hanya itu saja, karena sifatnya menyerap ke serat-serat, sablon super white ini memiliki daya tutup yang baik.

SABLON FOIL

Sablon yang polanya terbuat dari bahan kertas logam mirip alumunium foil. Metode pencetakannya diterapkan dengan menempelkan lem khusus kemudian dipress.
Kesan yang dihasilkan adalah warna metalik sehingga kelihatan eksklusif.

SABLON FLOCKING

Sablon flocking lebih sering dikenal dengan sablon beludru, sebab hasil akhir melalui sablon ini adalah desain yang timbul dengan bulu-bulu halus.

Cara mencetaknya serupa dengan sablon foil, yaitu ditempel menggunakan lem khusus lalu dipress agar merekat sempurna.

SABLON CABUT WARNA ATAU DISCHARGE

Untuk sablon discharge ini, kaos yang digunakan patut berbahan katun dan cotton, lantaran jenis tinta ini membuat melunturkan warna kaos dan menggantinya dengan warna lain sesuai kebutuhan.

Nah, walaupun dengan bahan katun tetapi jenis bahan katun yang dipakai perlu katun yang reaktif.
Tinta untuk sablon discharge ini menggunakan bahan kimia yang mampu mencabut warna asli bahan, ataupun yang lebih keras memunculkan warna benang kaos yang sesungguhnya.

Makanya, saran untuk menggunakan tinta ini untuk mendapatkan hasil yang maksimum, bahan pewarna kainnya harus dipilih dengan yang dischargeable.

SABLON HIGH DENSITY

Sablon high density ini mempergunakan tinta plastisol dengan tahap ketajaman yang lebih besar. Tinta ini memiliki sifat transparan.

Efek yang diperoleh ialah mengkilap dan berkesan basah. Akan tetapi dapat juga dibuat doff.

SABLON SEPARASI

Sablon jenis yang satu ini tahap penyablonannya dengan cara menseleksi warna desain untuk dijadikan film.
Sablon separasi ada dua model, yaitu warna blok atau spot color untuk desain vector dan raster yang biasa disebut process color atau raster.

SABLON ASPAL

Jenis sablon aspal ini memanfaatkan cat plastisol yang dicetak diatas kain melalui metode khusus yang memperoleh bentuk yang unik.

SABLON DIRECT TO GARMENT (DTG)

Sebagaimana yang kami katakan diatas, inilah proses penyablonan yang tanpa menggunakan media dan lebih menghemat tenaga pada proesenya dikarenakan memakai mesin.

Sablon Direct to garment ini tahapannya menggunakan mesin khusus, pada umumnya berukuran lebih besar. Buat hasilnya sangat jelas dan detail, untuk warna yang dihasilkan dapat bergradien

Biasanya para vendor yang memiliki mesin sablon ini menerima order kaos hanya satuan hal ini karena dalam proses penyabloanannya tidak begitu ribet.

ALAT-ALAT SABLON MANUAL

Sablon manual mampu bertahan dengan seluruh kelebihannya sekalipun sedikit demi sedikit mulai tergantikan dengan sablon auto.

Sablon manual masih besar digunakan dikarenakan kualitas yang dihasilkan seringnya lebih awet daripada sablon digital.

Nah, berikut berkaos simpulkan apa saja sih sebenarnya yang perlu dipersiapkan buat menggunakan sablon manual.

1. LAYAR DAN SCREEN

Ini perangkat yang paling utama pada sablon manual. Layar biasanya berasal dari kain sutra, kain gasa, kain nilon, atau kain-kain lain yang berpori-pori.

Tujuan dari screen ini untuk menyaring tinta yang nantinya akan menempel di kaos sesuai desain. Namun sebelum itu, screen ini jadi media membentuk pola design yang dicetak di kertas HVS.

Semakin besar nomor screen, maka semakin rapat pori-porinya. Dan semakin rapat pori-porinya maka hasil cetakan akan semakin halus.

2. OBAT AFDRUK

Obat afdruk ini berfungsi untuk mentrasfer desain dari kertas HVS ke dalam screen yang nantinya akan tercetak pola gambar.

Di sinilah tinta akan diratakan. Obat afdruk ini banyak jenisnya, yang sering digunakan adalah: Ulano TZ, Super Emulsion 5, dan Rainbow.

3. OBAT PENGHAPUS M3 / 3M

Obat penghapus ini paling diperlukan, karena jika sewaktu-waktu anda mau merubah pola desain yang ada di screen. Maupun ingin menghapusnya secara semuanya untuk kemudian screennya disimpan.

4. RAKEL

Rakel memiliki fungsi yang sama untuk memikat atau mempererat tinta sablon ke kaos. Yang mesti diperhatikan adalah karet rakelnya,

karena karet rakel inilah yang membedakan manfaat secara spesifik. Ada 2 macam bentuk pegangan rakel yaitu pegangan dari kayu kemudian pegangan dari alumunium.

admin

Share
Published by
admin

Recent Posts

Kaos Komunitas Keren dan Simple: Makna, Contoh, Desain, Bahan, Manfaat, dan Harga

Apa itu Kaos Komunitas? Kaos komunitas adalah kaos yang dirancang untuk mewakili atau mewujudkan identitas…

2 months ago

Kaos Family Gathering Keren: Pengertian, Desain Kaos Family Gathering, Bahan, dan Manfaat

Pengertian Kaos Family Gathering Kaos family gathering adalah kaos yang dirancang khusus untuk acara atau…

2 months ago

Kaos Kelas Keren dan Aesthetic: Pengertian, Manfaat, Cara bikin, Aplikasi desain, dan Harga

Apa itu Kaos Kelas ? Kaos kelas merupakan sebuah pakaian yang biasanya dikenakan oleh siswa…

2 months ago

Penjelasan Lengkap Tentang Bahan Jersey: Pengertian, Jenis, Karakteristik bahan, Kelebihan dan Kekurangan

Apa itu Bahan Jersey? Bahan jersey adalah jenis kain yang sering digunakan dalam pembuatan pakaian…

2 months ago

Mengenal Lebih dalam Bahan Polyester: Pengertian, Jenis, Karakteristik Bahan, Kelebihan dan Kekurangan

Apa itu Bahan Polyester? Polyester adalah jenis bahan sintetis yang terbuat dari serat polimer poliester.…

2 months ago

Memahami Bahan Taslan: Pengertian, Jenis, Harga, Kelebihan dan Kekurangan

Apa itu Bahan Taslan? Bahan taslan adalah jenis kain yang terbuat dari serat poliamida atau…

2 months ago