Categories: BIKIN KAOS

Bikin Kaos Anime di Makassar

Bikin kaos dengan desain sendiri kini sangatlah mudah. Tempat perindustrian saat ini, seperti konveksi jasa sablon kaos diperkirakan akan terus meningkat, lebih lagi kaos merupakan salah satu kebutuhan sandang yang utama bagi manusia.

maka dari itu kemungkinan bisnis konveksi kaos ini begitu diinginkan para wirausaha muda yang menyasar para anak remaja. Berkaos.com merupakan salah satu diantaranya.

Sejak berdiri dari tahun 2015, Berkaos.com telah menyerahkan servis menerima ratusan pelanggan yang aktif dari berbagai komunitas, kerabat maupun personal. Selaku bukti janji serta dedikasi kepada kualitas kaos yang terbaik, Kami cuma menerima pesanan kaos saja.

APA ITU SABLON?

Secara khusus sablon dapat diartikan selaku metode mencetak dengan memakai layar (screen) yang rapat. Layar itu pada umumnya berbahan dasar sutra ataupun nilon yang kemudian dipola berdasarkan desain yang akan dibuat.

Kemudian selanjutnya layar yang telah terpola diletakkan di atas kaos kemudian dikasih tinta sablon supaya pola yang berada di layar tercetak pada kaos.

Dengan teknologi yang terus maju, saat ini anda dapat menemukan Banyak bentuk model sablon dan tidak usah bingung untuk membikin layar serta memola desain di layar.

Ini disebut sablon digital
Memang tidak 100% terkomputerisasi pada prosesnya, akan tetapi dibandingkan dengan sablon manual proses pengerjaan sablon digital ini lebih cepat dan tidak memerlukan banyak tenaga.

SABLON MANUAL DAN SABLON DIGITAL

Tiap hal pasti memiliki baik buruknya, keuntungan dan kelemahannya. Tetapi Berkaos.com tidak untuk membandingkan diantara keduanya.

Tetapi untuk memberi wawasan mengenai sablon manual dan sablon digital
Bagi sablon manual keuntungannya adalah kualitas dan keawetan, sedangkan sablon digital yaitu unggul pada kekreatifan.

Teknik sablon manual bisa mencetak desain dengan tahan lama, kemungkinan pudar ataupun pecah sangat minim tetapi rata-rata hanya bisa satu warna solid.

Sementara itu untuk sablon digital kita bisa mencetak design dengan banyak warna bahan dengan warna gradient tetapi tentang kualitas, kaos dengan sablon digital mudah luntur.

PERBEDAAN SABLON MANUAL DAN SABLON DIGITAL

Terdapat adanya perbedaan di antara Sablon Manual dan Sablon Digital. Ini seakan-akan bukan untuk sebagai parameter bahwa ada yang lebih unggul diantara keduanya.

Karena pada dasarnya semua balik lagi kepada proses pengerjaan. Apabila pengerjaanya bagus pastinya hasilnya akan sangat baik.

MEDIA CETAK YANG DIGUNAKAN

SABLON MANUAL

Biasanya untuk sablon manual itu memakai kertas HVS untuk membentuk pola di layar sablon, lalu mencetaknya ke atas kaos dengan meratakan tinta yang lebih bervariatif dari sablon digital.

SABLON DIGITAL

Lalu untuk sablon ditigal kebanyakan menggunakan kertas transfer (transfer paper) yang dipakai untuk mencetak design pada kaos. Kertas transfer ini salah satu aspek yang memastikan kualitas dari sablonan.

Ada beragam model kertas transfer, diantaranya gliter, beludru, oracle serta yang lain sebagainya.

Namun ada yang tidak memakai kertas transfer semacam sablon DTG (Direct to Garment). DTG adalah teknologi baru, hal ini karena prosesnya sangat praktis.

Tidak memerlukan media cetak yang berlebihan karena kaos polos langsung bisa digunakan untuk media cetak itu sendiri.

KUALITAS SABLON MANUAL

Biasanya sablon manual punya kualitas yang bagus dan lebih tahan lama. Namun tidak dapat menjadi acuan, karena tergantung jasanya. karena kenyataanya banyak kaos yang disablon manual tapi saat dicuci tintanya gampang pudar.

Peristiwa semacam ini biasanya dipengaruhi oleh tinta yang kurang benar dan proses pengeringan yang kurang sempurna.

Tinta yang kurang benar itu seperti apa? Ada beberapa tinta misalnya, seperti yang rubber tidak cukup baik jika diterapkan dalam kaos berwarna gelap.

Sebaiknya bila buat design baju sendiri online lalu sablonnya disesuaikan dengan keinginan konsumen tetapi dijelaskan pula bagaimana kelemahan dan kelebihannya.

KUALITAS SABLON DIGITAL

Untuk mutu sablon digital tersebut sangat ditentukan dengan tipe kertas transfer (transfer paper) yang dipakai dan juga mutu tinta.

kebanyakan kaos yang dicetak dengan sablon digital pada sewaktu anda tarik kaosnya, hasilnya sablonnya jadi pecah-pecah.

Itu salah satu bukti jika kertas transfer yang digunakan kualitasnya tidak cukup bagus. maka usahakan, apabila ingin membuka bisnis sablon digital memakai kertas transfer serta tinta yang kualitasnya bagus.

Selain 4 perbedaan diatas supaya harga sablon kaos manual lebih murah dibandingkan dengan sablon digital. Dikarenakan alat yang digunakan sangat berbeda jauh. Apalagi jika design kaosnya sparasi dengan aneka warna.

BANYAKNYA PERMINTAAN

Menurut survey lapangan yang kita buat, hal semacam inilah yang sering berlangsung.

SABLON MANUAL

Di dalam usaha sablon kaos daerah khusus ibukota Jakarta misalnya, pasti ada penetapan minimum pesanan untuk semua desainnya.

Sebab hal ini agar mengurangi anggaran produksi dan ke efesienan dari layar yang akan dibentuk.

SABLON DIGITAL

Lainhalnya dengan sablon manual untuk jasa sablon digital ini beberapa layanan jasa percetakan kaos membolehkan pembelinya untuk mencetak hanya satu buah kaos saja.

Dikarenakan untuk sablon kaos digital tidak memerlukan anggaran lebih dalam membuat layar.

MACAM-MACAM SABLON

SABLON RUBBER

Sablon rubber atau sablon karet. Sablon dengan tinta ini dapat menutup serat-serat kain dan mempunyai efek timbul. Hasilnya juga lentur. Model sablon ini dikhususkan buat kaos berwarna gelap disebabkan sifat tintanya yang pekat.

Tinta ini sering digunakan untuk alsa desain ataupun underbase. Artinya sebagai warna dasar sebelum penyablonan warna-warna lainnya.

SABLON PIGMEN

Jenis salon ini sifatnya mudah meresap pada serat-serat kain sehingga hasilnya maksimal. Akan tetapi sablon pigmen ini cuman dapat dipakai untuk kaos berwarna terang.

Andai dipakai pada kaos yang berwarna gelap hasilnya akan kuang bagus bahkan kurang bagus. Rata-rata owner usaha sablon tidak merekomendasikan sablon jenis ini.

SABLON FOAM

Sablon ini diberinama foam atau busa dikarenakan memang hasil sablon dengan menggunakan tinta ini memberi efek timbul bulat seperti busa dengan warna agak kecoklatan.

Bahan awalnya dari karet hingga sedikit elastis. Sablon foam ini bisa diadukan melalui sablon rubber atau plastisol.

SABLON PLASTISOL

Model sablon yang satu ini banyak dipakai pengsuplai jasa sablon terutama para pembisnis sablon kaos murah jakarta barat, sebab sablon plastisol mempunyai daya tempel yang sangat bagus dan lebih awet.

Plastisol ini adalah tinta yang berbahan dasar minyak (oil based). Keunggulannya yang istimewa membuat sablon jenis ini lebih memakan biaya dibandingkan jenis sablon sebagainya.

Peralatan yang digunakan pun berbeda dari jenis-jenis sablon yang lainnya. Misalnya seperti alat pengering khusus yang umumnya menggunakan sinar infrared ataupun menggunakan flash curing dan conveyor curing

Sebab sablon plastisol memiliki kekuatan rekat yang sangat kuat, tetapi yang patut diperhatikan ialah ketika menggosok kaosnya.

Kita rekomendasikan untuk menyetrika kaos melalui sablon plastisol dilarang langsung disetrika pada bagian sablonnya dikarenakan bisa meleleh.

SABLON GLITTER

Sablon yang transparan ini mempunyai efek kerlap-kerlip sehingga terlihat lebih eksklusif dan mewah. Gliter ini dibentuk melalui berbagai partikel kecil berukuran mikro, selain itu tersedia juga efek lainnya kerlap-kerlip semacam metalik, hologram dan pelangi.

Sablon gliter ini sangat pas dan normal dimanfaatkan untuk kaos anak perempuan karena efeknya yang memikat dan lucu. Seperti tulisan Barbie atau Frozen mungkin hampir sering kita yang dijumpai.

SABLON GLOW IN THE DARK

Sablon yang sanggup bersinar di daerah gelap ini terbuat dari campuran bubuk fosfor yang sanggup menyerap sinar matahari.

Karena inilah yang menjadikan sablon in the dark bisa terlihat di arena yang gelap.
Bubuk fosfor ini bisa dicampurkan oleh sablon/tinta rubber, pigmen, dan plastisol.

SABLON SUPER WHITE

Sablon super white ini mempunyai sifat tintanya persis seperti rubber dan pigmen, sablon yang mampu menyerap ke serat-serat kain. Sablon super white cocok diterapkan oleh kaos berwarna tidak terang.

Sebab bisa menghasilkan warna putih terang yang menyala. Selain itu saja, dikarenakan sifatnya menyerap ke serat-serat, sablon super white ini memiliki kekuatan tutup yang baik.

SABLON FOIL

Sablon yang gambarnya berasal dari bahan kertas logam mirip alumunium foil. Teknik pencetakannya dilakukan dengan menempelkan lem khusus kemudian dipress.
Kesan yang dihasilkan adalah warna metalik sehingga terlihat eksklusif.

SABLON FLOCKING

Sablon flocking lebih sering terkenal dengan sablon beludru, dikarenakan hasil akhir dari sablon ini adalah desain yang menonjol dengan bulu-bulu halus.

Cara mencetaknya serupa dengan sablon foil, yaitu dilekatkan menggunakan lem khusus lalu dipress agar merekat sempurna.

SABLON CABUT WARNA ATAU DISCHARGE

Untuk sablon discharge ini, kaos yang digunakan patut berbahan katun atau cotton, karena jenis tinta ini akan melunturkan warna kaos dan menggantinya melalui warna lain sesuai keinginan.

Nah, meski hanya bahan katun namun jenis bahan katun yang dipakai harus katun yang reaktif.
Tinta bagi sablon discharge ini menggunakan bahan kimia yang mampu mencabut warna asli bahan, ataupun yang lebih keras memperlihatkan warna benang kaos yang sebetulnya.

Makanya, tips untuk penggunakan tinta ini agar mendapatkan hasil yang maksimal, bahan pewarna kainnya harus dipilih dengan yang dischargeable.

SABLON HIGH DENSITY

Sablon high density ini mempergunakan tinta plastisol dengan tahap ketajaman yang lebih besar. Tinta ini bersifat transparan.

Efek yang dihasilkan ialah mengkilap dan berkesan basah. Namun bisa juga dibuat doff.

SABLON SEPARASI

Sablon jenis yang satu ini tahap penyablonannya dengan cara memisahkan warna desain untuk dijadikan film.
Sablon separasi ada 2 tipe, ialah warna blok atau spot color untuk desain vector dan raster yang biasa dianggap process color maupun raster.

SABLON ASPAL

Jenis sablon aspal ini memakai cat plastisol yang dicetak diatas kain dengan teknik istimewa yang memperoleh bentuk yang unik.

SABLON DIRECT TO GARMENT (DTG)

Seperti yang saya katakan diatas, inilah proses penyablonan yang tanpa mempergunakan media dan lebih menghemat energi di dalam proesenya karena mempergunakan mesin.

Sablon Direct to garment itu prosesnya menggunakan mesin khusus, biasanya berukuran lebih besar. Buat hasilnya sangat jelas dan detail, untuk warna yang dihasilkan dapat bergradien

Umumnya para vendor yang mempunyai mesin sablon ini menerima pemesanan kaos hanya satuan disebabkan dalam proses penyabloanannya tidak terlalu ribet.

ALAT-ALAT SABLON MANUAL

Sablon manual dapat bertahan oleh segenap keunggulannya meskipun sedikit demi sedikit mulai tergantikan dengan sablon auto.

Sablon manual masih besar diminati sebab kualitas yang dihasilkan pada umumnya lebih awet daripada sablon digital.

Nah, berikut berkaos simpulkan apa saja sih sebetulnya yang wajib dipersiapkan agar membuat sablon manual.

1. LAYAR DAN TAMPILAN

Ini peralatan yang paling dasar di dalam sablon manual. Layar pada umumnya terbuat dari kain sutra, kain gasa, kain nilon, atau kain-kain lain yang berpori-pori.

Fungsi dari screen ini untuk menentukan tinta yang akhirnya akan ditempel di kaos sesuai design. Namun sebelum itu, screen ini jadi media pembentuk pola design yang tercetak di kertas HVS.

Semakin gede nomor screen, maka semakin padat pori-porinya. Dan semakin rapat pori-porinya maka hasil cetakan akan semakin halus.

2. OBAT AFDRUK

Obat afdruk ini bermanfaat untuk mentrasfer design dari kertas HVS ke dalam screen yang nantinya jadi tercetak pola gambar.

Di sanalah tinta akan dihaluskan. Obat afdruk ini beragam merknya, yang sering digunakan ialah: Ulano TZ, Super Emulsion 5, dan Rainbow.

3. OBAT PENGHAPUS M3 / 3M

Obat penghapus ini amat dibutuhkan, sebab apabila sewaktu-waktu kamu ingin mengubah pola desain yang ada pada screen. Maupun ingin menghapusnya secara keseluruhan untuk kemudian screennya disimpan.

4. RAKEL

Rakel memiliki fungsi yang sama tuk menarik atau mempererat tinta sablon ke bahan. Yang perlu diperhatikan adalah karet rakelnya,

karena karet rakel inilah yang membedakan fungsi secara jelas. Ada 2 macam jenis pegangan rakel yaitu pegangan dari kayu kemudian pegangan dari alumunium.

admin

Share
Published by
admin

Recent Posts

Kaos Komunitas Keren dan Simple: Makna, Contoh, Desain, Bahan, Manfaat, dan Harga

Apa itu Kaos Komunitas? Kaos komunitas adalah kaos yang dirancang untuk mewakili atau mewujudkan identitas…

2 months ago

Kaos Family Gathering Keren: Pengertian, Desain Kaos Family Gathering, Bahan, dan Manfaat

Pengertian Kaos Family Gathering Kaos family gathering adalah kaos yang dirancang khusus untuk acara atau…

2 months ago

Kaos Kelas Keren dan Aesthetic: Pengertian, Manfaat, Cara bikin, Aplikasi desain, dan Harga

Apa itu Kaos Kelas ? Kaos kelas merupakan sebuah pakaian yang biasanya dikenakan oleh siswa…

2 months ago

Penjelasan Lengkap Tentang Bahan Jersey: Pengertian, Jenis, Karakteristik bahan, Kelebihan dan Kekurangan

Apa itu Bahan Jersey? Bahan jersey adalah jenis kain yang sering digunakan dalam pembuatan pakaian…

2 months ago

Mengenal Lebih dalam Bahan Polyester: Pengertian, Jenis, Karakteristik Bahan, Kelebihan dan Kekurangan

Apa itu Bahan Polyester? Polyester adalah jenis bahan sintetis yang terbuat dari serat polimer poliester.…

2 months ago

Memahami Bahan Taslan: Pengertian, Jenis, Harga, Kelebihan dan Kekurangan

Apa itu Bahan Taslan? Bahan taslan adalah jenis kain yang terbuat dari serat poliamida atau…

2 months ago