Categories: BIKIN KAOS

Bikin Kaos Anime di Semarang

Bikin kaos dengan desain sendiri kini tidaklah sulit. Lingkungan perindustrian sekarang, seperti konveksi layanan sablon kaos diramalkan akan selalu berkembang, lebih lagi kaos merupakan salah satu kebutuhan sandang yang utama untuk manusia.

maka dari itu kemungkinan usaha konveksi kaos ini begitu diminati para wirausaha muda yang menyasar para anak muda. Berkaos.com merupakan salah satu diantaranya.

Sejak berdiri pada tahun 2015, Berkaos.com telah memberikan pelayanan menerima banyaknya pelanggan yang aktif dalam beragam lembaga, kerabat maupun personal. Sebagai bukti janji serta dedikasi terhadap mutu kaos yang terbaik, Kami cuma menerima pesanan kaos saja.

APA ITU SABLON?

Secara khusus sablon bisa diartikan sebagai metode mencetak dengan menggunakan layar (screen) yang rapat. Layar itu biasanya berbahan dasar sutra atau nilon yang akhirnya dibentuk berdasarkan desain yang akan dibuat.

Lalu selanjutnya layar yang telah terpola diletakkan di atas kaos lalu diberikan tinta sablon agar pola yang berada pada layar tercetak pada kaos.

Perkembangan teknologi yang semakin maju, sekarang ini kita bisa menemukan berbagai macam model sablon dan tidak perlu ribet untuk membikin layar serta memola desain di layar.

Ini disebut sablon digital
Memang tidak sepenuhnya terkomputerisasi pada prosesnya, akan tetapi dibandingkan dengan sablon manual metode pengerjaan sablon digital ini lebih cepat dan tidak memerlukan banyak tenaga.

SABLON MANUAL VS SABLON DIGITAL

Setiap hal pasti mempunyai baik buruknya, keuntungan dan kelemahannya. Tetapi Berkaos.com tidak untuk membandingkan diantara keduanya.

Namun untuk memberikan wawasan mengenai sablon manual dan sablon digital
Bagi sablon manual keuntungannya adalah mutu dan tahan lama, sedangkan sablon digital yaitu unggul dalam kekreatifan.

Teknik sablon manual bisa mencetak desain dengan tahan lama, kemungkinan pudar atau pecah sangat sedikit namun biasanya cuma bisa satu warna solid.

Sementara itu untuk sablon digital kita bisa mencetak design dengan banyak warna bahan dengan warna gradient tetapi tentang kualitas, kaos dengan sablon digital mudah pudar.

PERBEDAAN SABLON MANUAL DENGAN SABLON DIGITAL

Terdapat adanya perbedaan di antara Sablon Manual dan Sablon Digital. Ini seakan-akan tidak sekedar menjadi perbandingan jika ada yang lebih baik diantara keduanya.

Sebab pada dasarnya semua kembali pada proses pengerjaan. Apabila pengerjaanya bagus pastinya hasilnya jadi sangat baik.

MEDIA CETAK YANG DIPAKAI

SABLON MANUAL

Kebanyakan untuk sablon manual ini memakai kertas HVS untuk membentuk pola pada layar sablon, lalu mencetaknya ke atas kaos dengan meratakan tinta yang sangat bervariatif dari sablon digital.

SABLON DIGITAL

Kemudian untuk sablon ditigal kebanyakan memakai kertas transfer (transfer paper) yang digunakan untuk mencetak desain pada kaos. Kertas transfer ini salah satu aspek yang menentukan mutu dari sablonan.

Ada bermacam model kertas transfer, yaitu glow in the dark, beludru, oracle dan yang lain sebagainya.

Namun ada yang tidak menggunakan kertas transfer seperti sablon DTG (Direct to Garment). DTG adalah teknologi baru, hal ini karena prosesnya sangat praktis.

Tidak memerlukan media cetak yang berlebihan sebab kaos polos langsung dapat dijadikan media cetak itu sendiri.

KUALITAS SABLON MANUAL

Biasanya sablon manual mempunyai kualitas yang baik dan lebih awet. Akan tetapi tidak dapat menjadi acuan, karena tergantung jasanya. Sebab kenyataanya banyak kaos yang disablon manual tapi sewaktu dicuci tintanya gampang pudar.

Kejadian semacam ini pada umumnya dipengaruhi oleh tinta yang kurang benar lalu proses pengeringan yang tidak cukup sempurna.

Tinta yang kurang tepat itu seperti apa? Terdapat beberapa tinta misalnya, seperti yang rubber kurang baik jika diaplikasikan dalam kaos berwarna gelap.

Sebaiknya jika buat desain baju sendiri online lalu sablonnya diserasikan dengan keinginan konsumen tetapi dijelaskan pula bagaimana kelemahan dan kelebihannya.

KUALITAS SABLON DIGITAL

Untuk mutu sablon digital ini sangat dipastikan dengan tipe kertas transfer (transfer paper) yang digunakan dan juga kualitas tinta.

kebanyakan kaos yang dicetak dengan sablon digital di sewaktu anda tarik kaosnya, kemungkinan sablonnya menjadi pecah-pecah.

Ini salah satu bukti jika kertas transfer yang digunakan kualitasnya tidak cukup bagus. maka usahakan, jika mau mengembangkan bisnis sablon digital memakai kertas transfer dan tinta yang kualitasnya bagus.

Selain 4 perbedaan diatas agar harga sablon kaos manual lebih murah dibandingkan dengan sablon digital. Lantaran alat yang digunakan sangat berbeda jauh. Apalagi jika desain kaosnya sparasi dengan banyak warna.

BANYAKNYA PESANAN

Menurut survey lapangan yang kita perbuat, hal semacam inilah yang sering terjadi.

SABLON MANUAL

Dalam usaha sablon kaos daerah khusus ibukota Jakarta misalnya, tentu ada penetapan minimum order buat semua desainnya.

Sebab hal ini supaya meringankan dana produksi dan ke efesienan dari layar yang ingin dibentuk.

SABLON DIGITAL

Lainhalnya dengan sablon manual untuk jasa sablon digital ini beberapa layanan jasa percetakan kaos membolehkan kaonsumennya untuk mencetak hanya 1 contoh kaos saja.

Dikarenakan untuk anggaran sablon kaos digital tidak memerlukan biaya lebih dalam membuat layar.

MACAM-MACAM SABLON

SABLON RUBBER

Sablon rubber atau sablon karet. Sablon dengan tinta ini mampu menutup serat-serat kain dan mempunyai efek timbul. Hasilnya juga elastis. Model sablon ini dikhususkan buat kaos berwarna gelap sebab sifat tintanya yang pekat.

Tinta ini sering dipakai untuk alsa desain maupun underbase. Maksudnya sebagai warna dasar sebelum penyablonan warna-warna lain.

SABLON PIGMEN

Jenis salon ini sifatnya gampang meresap pada serat-serat kain sehingga hasilnya bagus. Namun sablon pigmen ini hanya mampu digunakan untuk kaos berwarna terang.

Kalau dipakai untuk kaos yang berwarna tidak terang hasilnya akan kuang baik malahan jelek. Rata-rata empunya usaha sablon tidak merekomendasikan sablon jenis ini.

SABLON FOAM

Sablon ini mempunyai nama foam atau busa sebab memang hasil akhirnya sablon dengan menggunakan tinta ini memberi efek timbul bundar seperti busa dengan warna kusam.

Bahan dasarnya dari karet sehingga minim fleksibel. Sablon foam ini bisa dicampurkan dengan sablon rubber atau plastisol.

SABLON PLASTISOL

Bentuk sablon yang satu ini banyak dipakai pengsuplai jasa sablon terutama para pengusaha sablon kaos murah jakarta timur, sebab sablon plastisol mempunyai daya rekat yang amat bagus dan lebih awet.

Plastisol ini ialah tinta yang berbahan dasar minyak (oil based). Keahliannnya yang istimewa membuat sablon jenis ini lebih memakan Anggaran daripada jenis sablon lainnya.

Alat yang dipakai pun beda dari jenis-jenis sablon yang lain. Contohnya seperti alat pengering khusus yang pada umumnya menggunakan sinar infrared ataupun menggunakan flash curing dan conveyor curing

Sebab sablon plastisol memiliki daya rekat yang sangat bagus, akan tetapi yang mesti diperhatikan yaitu ketika menyetrika kaosnya.

Saya sarankan untuk menyetrika kaos melalui sablon plastisol jangan langsung disetrika pada tempat sablonnya sebab bisa meleleh.

SABLON GLITTER

Sablon yang transparan ini memiliki efek kerlap-kerlip hingga terkesan lebih eksklusif dan stylis. Gliter ini dibentuk dari berbagai partikel kecil berukuran mikro, tidak hanya itu tersedia juga efek lainnya kerlap-kerlip contohnya metalik, hologram dan pelangi.

Sablon gliter ini sangat cocok dan normal dipakai untuk kaos anak wanita karena efeknya yang memikat dan lucu. Seperti tulisan Barbie atau Frozen mungkin hampir sering kita yang dijumpai.

SABLON GLOW IN THE DARK

Sablon yang dapat bersinar di daerah gelap ini terbuat dari adukan bubuk fosfor yang dapat menyerap sinar matahari.

Hal inilah yang menjadikan sablon in the dark bisa terlihat di lingkungan yang gelap.
Bubuk fosfor ini bisa dicampurkan dengan sablon/tinta rubber, pigmen, dan plastisol.

SABLON SUPER WHITE

Sablon super white ini mempunyai sifat tintanya serupa seperti rubber dan pigmen, sablon yang dapat menyerap ke serat-serat kaos. Sablon super white cocok dipakai oleh kaos berwarna gelap.

Sebab bisa menghasilkan warna putih terang yang menyala. Tidak hanya itu saja, dikarenakan sifatnya menyerap ke serat-serat, sablon super white ini memiliki kekuatan tutup yang baik.

SABLON FOIL

Sablon yang polanya berasal dari bahan kertas logam menyerupai alumunium foil. Teknik pencetakannya diterapkan melalui menempelkan lem khusus lalu dipress.
Kesan yang dihasilkan adalah warna metalik sehingga terlihat eksklusif.

SABLON FLOCKING

Sablon flocking lebih sering dikenal dengan sablon beludru, disebabkan hasil akhir melalui sablon ini adalah desain yang timbul dengan bulu-bulu halus.

Teknik mencetaknya sama dengan sablon foil, yaitu dilekatkan menggunakan lem khusus selanjutnya dipress agar merekat sempurna.

SABLON CABUT WARNA ATAU DISCHARGE

Untuk sablon discharge ini, kaos yang digunakan harus berbahan katun dan cotton, dikarenakan jenis tinta ini akan melunturkan warna kaos dan menggantinya melalui warna lain sesuai kebutuhan.

Nah, walaupun hanya bahan katun akan tetapi jenis bahan katun yang dipakai harus katun yang reaktif.
Tinta bagi sablon discharge ini menggunakan bahan kimia yang dapat mencabut warna asli kain, atau yang lebih keras menampilkan warna benang kaos yang sebetulnya.

Makanya, tips untuk penggunakan tinta ini untuk mendapatkan hasil yang tertinggi, bahan pewarna kainnya harus dipilih oleh yang dischargeable.

SABLON HIGH DENSITY

Sablon high density ini menggunakan tinta plastisol dengan tahap ketajaman yang lebih banyak. Tinta ini memiliki sifat transparan.

Efek yang dihasilkan ialah mengkilap dan terkesan basah. Namun dapat juga diterapkan doff.

SABLON SEPARASI

Sablon jenis yang satu ini proses penyablonannya dengan cara menseleksi warna desain untuk dijadikan film.
Sablon separasi ada 2 bentuk, yaitu warna blok atau spot color buat desain vector dan raster yang biasa disebut process color atau raster.

SABLON ASPAL

Jenis sablon aspal ini menggunakan cat plastisol yang diprint diatas kain dengan cara istimewa yang menghasilkan bentuk yang unik.

SABLON DIRECT TO GARMENT (DTG)

Seperti yang kami katakan diatas, inilah proses penyablonan dimana tanpa memakai media dan lebih menghemat energi pada proesenya dikarenakan memakai mesin.

Sablon Direct to garment itu tahapannya menggunakan mesin khusus, biasanya berukuran lebih besar. Bagi hasilnya sangat jelas dan detail, untuk warna yang dihasilkan mampu bergradien

Umumnya para vendor yang punya mesin sablon ini menerima pesanan kaos hanya satuan hal ini karena dalam proses penyabloanannya tidak terlalu ribet.

ALAT-ALAT SABLON MANUAL

Sablon manual mampu bertahan oleh seluruh keunggulannya sekalipun sedikit demi sedikit mulai tergeser dengan sablon digital.

Sablon manual masih besar digunakan lantaran kualitas yang dihasilkan pada umumnya lebih awet dibandingkan sablon digital.

Nah, berikut berkaos simpulkan apa saja sih sebetulnya yang harus dipersiapkan untuk menggunakan sablon manual.

1. LAYAR DAN SCREEN

Ini perangkat yang paling utama pada sablon manual. Layar seringnya berasal dari kain sutra, kain gasa, kain nilon, atau kain-kain lain yang berpori-pori.

Fungsi dari screen ini untuk menentukan tinta yang nantinya akan ditempel di kaos sesuai design. Tapi sebelum itu, screen ini jadi media pembentuk pola desain yang dicetak pada kertas HVS.

Semakin besar nomor screen, maka semakin padat pori-porinya. Dan makin rapat pori-porinya maka hasil cetakan akan semakin rapih.

2. OBAT AFDRUK

Obat afdruk ini bermanfaat untuk memindahkan desain dari kertas HVS ke pada screen yang nantinya akan tercetak pola gambar.

Di sanalah tinta akan diratakan. Obat afdruk ini beragam jenisnya, yang banyak dipakai adalah: Ulano TZ, Super Emulsion 5, dan Rainbow.

3. OBAT PENGHAPUS M3 / 3M

Obat penghapus ini paling diperlukan, karena bila sewaktu-waktu kamu ingin mengubah pola desain yang ada di screen. Maupun ingin menghapusnya secara semuanya untuk akhirnya screennya disimpan.

4. RAKEL

Rakel memiliki manfaat yang sama untuk menarik atau menempelkan tinta sablon ke kaos. Yang mesti diperhatikan adalah karet rakelnya,

lantaran karet rakel inilah yang membedakan fungsi secara spesifik. Ada 2 macam jenis pegangan rakel yaitu pegangan dari kayu kemudian pegangan dari alumunium.

admin

Share
Published by
admin

Recent Posts

Kaos Komunitas Keren dan Simple: Makna, Contoh, Desain, Bahan, Manfaat, dan Harga

Apa itu Kaos Komunitas? Kaos komunitas adalah kaos yang dirancang untuk mewakili atau mewujudkan identitas…

2 months ago

Kaos Family Gathering Keren: Pengertian, Desain Kaos Family Gathering, Bahan, dan Manfaat

Pengertian Kaos Family Gathering Kaos family gathering adalah kaos yang dirancang khusus untuk acara atau…

2 months ago

Kaos Kelas Keren dan Aesthetic: Pengertian, Manfaat, Cara bikin, Aplikasi desain, dan Harga

Apa itu Kaos Kelas ? Kaos kelas merupakan sebuah pakaian yang biasanya dikenakan oleh siswa…

2 months ago

Penjelasan Lengkap Tentang Bahan Jersey: Pengertian, Jenis, Karakteristik bahan, Kelebihan dan Kekurangan

Apa itu Bahan Jersey? Bahan jersey adalah jenis kain yang sering digunakan dalam pembuatan pakaian…

2 months ago

Mengenal Lebih dalam Bahan Polyester: Pengertian, Jenis, Karakteristik Bahan, Kelebihan dan Kekurangan

Apa itu Bahan Polyester? Polyester adalah jenis bahan sintetis yang terbuat dari serat polimer poliester.…

2 months ago

Memahami Bahan Taslan: Pengertian, Jenis, Harga, Kelebihan dan Kekurangan

Apa itu Bahan Taslan? Bahan taslan adalah jenis kain yang terbuat dari serat poliamida atau…

2 months ago