Categories: BLOG

Seputar Faktor Pengaruh Desain Produksi Kaos Beserta Harga Sablon Kaos

Kaos adalah salah satu jenis pakaian yang menjadi kebutuhan pokok dan wajib untuk dimiliki setiap orang di muka bumi ini. Percaya? Lihat saja berbagai macam tempat produksi kaos yang ada di berbagai tempat mengindikasikan bahwa kaos memang masih menjadi jenis pakaian yang paling digemari. Salah satu kota di Indonesia yang memiliki pabrik baju kaos dengan harga yang lebih murah yaitu kota Bandung, meskipun di kota-kota lainnya juga banyak yang memproduksi kaos sejenis. Untuk bentuk dan modelnya sendiri. Saat ini kaos sudah sangat bermacam-macam dan biasanya memiliki desain gambar yang menarik.

Faktor yang Mempengaruhi Desain Kaos

Hal pertama yang menjadi pusat perhatian ketika melihat sebuah kaos biasanya adalah desain. Ada beberapa hal yang mempengaruhi desain kaos:

Model

Model kaosa yang paling lazim kebanyakan adalah baju kaos oblong (leher model O tau model V), baju kaos kerah, kaos lengan panjang, dan lengan pendek, atau kaos tanpa lengan. Anda bisa memilih sesuai kebutuhan tentunya.

Kombinasi warna

Daya tarik suatu produk kaos sangat dipengaruhi oleh kombinasi warna yang digunakan. Kombinasi warna dalam hal ini mencakup kombinasi warna di bagian kerah, lengan, atau di bagian samping serta kombinasi bahan dasar kaos dengan warna logo atau tulisan yang digunakan. Tempat produksi kaos online biasanya menyediakan katalog contoh desain kaos dan spektrum warna masing-masing bahan kaos. Anda bisa memilih kombinasi warna yang sesuai dengan tema perusahaan atau tema acara yang dilakukan

Ornamen kaos

Nama lain dari hiasan kaos ini yang akan digunakan tergantung tema yang akan anda usung

  • Kaos persatuan, dekorasi yang biasa digunakan adalah simbol persatuan, nama, atau tulisan yang mengandung tema.
  • Kaos olahraga, dekorasi biasanya sablon logo dan nama institusi.
  • Baju kaos partai, dekorasinya adalah sablon dengan lambing partai, nama partai disertai gambar tokoh.

Ornamen biasa dibuat melalui penyablonan atau border. Tergantung jenis bahan yang digunakan dan permintaan dari konsumen.

Ukuran kaos

Kaos biasanya diproduksi dalam ukuran standar. Namun perlu diingat bahwa ukuran standar wanita dan pria itu tidaklah sama. Pastikan anda mendapatkan atau punya standar ukuran kaos dari produsen kaos yang anda hubungi. Selain itu, anda juga bisa meminta saran atau rekomendasi dari tempat produksi kaos tersebut. Sehingga anda mendapatkan hasil produksi baju kaos yang menarik.

Memang harga sablon ada yang mahal dan ada yang murah, kenapa??? Pertanyaan ini sering muncul dan sudah berulangkali di bahas tapi ada juga yang masih membutuhkan pemahaman yang lebih untuk sebuah alasan murah dan  mahalnya jasa sablon .

Sablon kaos merupakan proses menduplikasikan gambar ke media kaos. Kaos yang sudaah di sablon siap di pakai sampai lusuh dan akhirnya berakhir menjadi lap. Proses tersebut dinamakan dengan screen printing atau sekarang sudah keluar inovasi terbaru dengan sablon via DTG (Direct to Garment).

Meskipun inovasi terbaru terus bermunculan dalam dunia sablon kaos namun sablon manual (screen printing) lebih favorit di kalangan kaos mania. Salah satu alasannya karena sablon manual lebih tahan lama dan awet sampai bahan kaosnya hancur. Sedangkan bahan sablon juga banyak variasinya dan saat ini para supplier bahan sablon terus mengembangkan jenis-jenis bahan hingga saat ini mencapai puluhan jenis tinta dengan berbagai spesifikasi. Yuk kembali pada topik permasalahan “pertanyaannya kenapa jasa sablon bisa mahal dan murah?” perbedaan ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, berikut ulasannya:

Bahan kaos

Ini sangat mempengaruhi harga sablon kaos karena harga baku kaos berbeda-beda. Saat ini di kalangan praktisi sablon kaos mengenal beberapa jenis bahan kaos dimulai dari bahan yang paling murah, ada yang namanya bahan hyget, PE, TC, Carded, Combed, dan bahan spandek. Bahan yang paling umum dan standart digunakan adalah carded dan combed. Kedua bahan tersebut ada juga variannya berdasarkan gramasinya 20s, 24s, 30s, 40s daden lainnya.

Jenis tinta

Tinta yang akan disablon dikaos juga mempengaruhi harga sablon karena setiap tinta harganya berbeda-beda dan kualitasnya juga berbeda-beda tergantung kebutuhan dan selera si user. Jenis tinta antara lain adalah extender, rubber, superwhite, foaming, metallic, glow in the dark, cabut warna, gliter, plastisol, flock dan lain-lain.

Kuantiti

Jumlah order mempengaruhi juga harga sablon kaos, namun tidak berlaku untuk jenis print DTG. Sablon manual lebih ekonomis untuk orderan besar. Penyebabnya karena proses produksi tidak berulang-ulang dan cukup satu plat.

Kualitas

Kualitas harga sablon kaos pasti menjadi penyebab mahal dan murahnya harga sablon kaos. Seperti pepatah pernah berkata, harga tidak pernah bohong begitu juga dengan kasus sablon dimana kualitas sablon yang bagus akan sedikit mahal ketimbang sablon cdengan kualitas abal-abalan.

Hubungi (021) 505-481-23 atau 0821-1404-4640 | Email cs@berkaos.com

Berikut mengenai harga sablon kaos sendiri, kami tawarkan kepada anda agar bisa menyesuaikan dengan budget dan kebutuhan anda. Ada beberapa hal yang pastinya bisa mempengaruhi harga. Berikut akan kami ulas satu-persatu:

Model atau Desain Kaos

Yang paling utama dan mendasar adalah jenis atau model kaos yang dipesan. Semakin rumit desain, maka semakin tinggi pula harganya. Model dan material bahan kaos juga mempengaruhi. Seperti halnya harga T-hirt oblong dan Polo Shirt memiliki harga yang berbeda pula.

Warna Desain

Dalam hal ini, warna sangatlah mempengaruhi akan harga, semakin banyak dan rumit warnanya maka akan semakin tinggi pula harganya. Hal ini karena semakin rumit dan banyak desainnya, tentu semakin lama pula pengerjaannya.

Jumlah Pemesanan

Banyaknya pemesanan sangat berpengaruh terhadap harga. Semakin banyak jumlah kaos yang dipesan maka semakin murah juga harganya. Untuk harga yang special, anda juga bisa menghubungi kontak yang ada disini.

Lamanya Proses Pengerjaan

Proses pengerjaan ini sangat berpengaruh terhadap harga. Berkaos.com sendiri memiliki beberapa paket penegerjaan, di antaranya: Paket 3 Hari, Paket 7 Hari, dan Paket 10 Hari.

Ishmah

Share
Published by
Ishmah

Recent Posts

Kaos Komunitas Keren dan Simple: Makna, Contoh, Desain, Bahan, Manfaat, dan Harga

Apa itu Kaos Komunitas? Kaos komunitas adalah kaos yang dirancang untuk mewakili atau mewujudkan identitas…

2 months ago

Kaos Family Gathering Keren: Pengertian, Desain Kaos Family Gathering, Bahan, dan Manfaat

Pengertian Kaos Family Gathering Kaos family gathering adalah kaos yang dirancang khusus untuk acara atau…

2 months ago

Kaos Kelas Keren dan Aesthetic: Pengertian, Manfaat, Cara bikin, Aplikasi desain, dan Harga

Apa itu Kaos Kelas ? Kaos kelas merupakan sebuah pakaian yang biasanya dikenakan oleh siswa…

2 months ago

Penjelasan Lengkap Tentang Bahan Jersey: Pengertian, Jenis, Karakteristik bahan, Kelebihan dan Kekurangan

Apa itu Bahan Jersey? Bahan jersey adalah jenis kain yang sering digunakan dalam pembuatan pakaian…

2 months ago

Mengenal Lebih dalam Bahan Polyester: Pengertian, Jenis, Karakteristik Bahan, Kelebihan dan Kekurangan

Apa itu Bahan Polyester? Polyester adalah jenis bahan sintetis yang terbuat dari serat polimer poliester.…

2 months ago

Memahami Bahan Taslan: Pengertian, Jenis, Harga, Kelebihan dan Kekurangan

Apa itu Bahan Taslan? Bahan taslan adalah jenis kain yang terbuat dari serat poliamida atau…

2 months ago