cs@berkaos.com (021) 22731400

10 Tips Sukses Usaha / Berjualan Kaos Secara Online

📞 (021) 2273 1400 & WA 087 8800 33233​⁠​

Ibu Eka Puspa

Ruko pasar ceger Blok A1 No.5. Jurangmangu -  Tangsel

 

Tidak bisa dipungkiri, kini berbisnis di ranah online semakin digandrungi dan diminati. Semakin maraknya pemasaran dan investasi perusahaan berbasis belanja online membuat masyarakat semakin nyaman dan merasa aman berbelanja secara online.

Dengan ramainya jual beli secara online, Masyarakat semakin merasa dimudahkan untuk membeli kebutuhan tanpa harus keluar rumah.Hal ini pun menjadi peluang baru yang semakin menarik kita untuk mencoba peruntungan.

Termasuk dalam berbisnis kaos. Permintaan yang selalu meningkat untuk kebutuhan primer tersebut membuat tak sedikit orang yang tertarik menawarkan produknya dengan cara online.

Namun sayangnya, tak sedikit pula yang usaha mereka jatuh dan tumbang di tengah jalan, karena tidak menguasai teknik berbisnis online dengan baik. Tak sedikit pula yang gagal karena merasa sudah mahir di bisnis offline.

Padahal, bisnis online sangat berbeda dengan bisnis offline atau konvensional. Meskipun terlihat mudah, ternyata berjualan secara online membutuhkan teknik-teknik khusus agar mencapai keuntungan yang sesuai dengan harapan.

Berikut kami lampirkan tips atau cara agar sukses berjualan kaos distro maupun kaos jenis lainnya secara online.

1. Lakukan Analisa dan Riset Terlebih Dahulu

tips cara sukses usaha bisnis berjualan sablon kaos distro anime 1

Dalam memulai sebuah usaha atau bisnis, hal pertama yang paling penting untuk dilakukan adalah melakukan analisa dan riset data di lapangan. Hal ini bertujuan untuk mengetahui apa sebenarnya yang dicari oleh pasar.

Kebanyakan orang yang mencoba usaha gagal di tahun pertamanya karena mereka menjual apa yang sebenarnya tidak diminta oleh pasar. Dari riset ini Anda bisa mengetahui sebenarnya model kaos seperti apa yang dibutuhkan oleh konsumen.

Cobalah untuk membuat semacam kuisioner sederhana yang dibagikan pada pengguna internet (harus pengguna internet, karena Anda kan ceritanya mau jualan online). Buat pertanyaan semenarik mungkin, dan cari tahu apa sih yang sebenarnya mereka inginkan dan mereka butuhkan.

2. Tentukan Identitas Perusahaanmu

tips cara sukses usaha bisnis berjualan sablon kaos distro pemula 2

Setelah menemukan apa sebenarnya yang mereka cari, kini saatnya bagi Anda untuk menentukan perusahaan model apa yang akan Anda bangun. Okelah kita semua setuju kalau Anda berencana menjual kaos secara online. Tapi dengan model apa Anda menjual kaos?

Apakah Anda ingin berjualan Kaos dengan desain yang sudah  ready stock? Atau ingin fokus berjualan kaos polos dulu? Atau bahkan lebih berhasrat jadi penyedia jasa produksi kaos dengan desain yang custom sesuai kemauan konsumen?

Adalah penting bagi Anda untuk menentukan identitas. Entah ingin memfokuskan sebagai vendor kaos, clothing line, distro atau bahkan clothing market place. Itu semua terserah Anda.

Semua bisa diukur dan disesuaikan dengan passion Anda. Yang jelas untuk memulainya, Anda harus fokus hanya pada satu identitas saja agar bisa memaksimalkan apa yang akan Anda kerjakan.

Ibarat mengejar dua ayam dengan tangan kosong. Percayalah, Anda hanya bisa menangkap salah satunya terlebih dahulu. Saya berani taruhan kalau Anda mengejar dua ayam secara langsung, pasti Anda tidak akan bisa menangkap keduanya sampai kapanpun.

3. Buat Road Map dan Targetan yang Jelas

tips cara sukses usaha bisnis berjualan sablon kaos distro pemula 3

Luangkan waktu sejenak untuk merenung dan berfikir, kemana arah dan tujuan perusahaan yang Anda mulai. Tentukan apa dan sebesar apa target yang ingin Anda capai.

Tentukan pula berapa lama waktu yang akan Anda tempuh untuk mencapai target tersebut. Tentu saja hal ini dilakukan agar Anda secara jelas mengerti apa yang sebenarnya Anda inginkan dan apa saja yang seharusnya Anda lakukan.

Kebanyakan pebisnis pemula (termasuk pebisnis kaos online) beranggapan “ah, yang penting jalan aja dulu. Yang penting ngalir.” Tak masalah, itu semua kembali pada diri Anda masing-masing.

Yang jelas, dengan adanya target dan road map yang mendetil akan sangat mendukung Anda untuk mencapai kesuksesan yang nyata.

Baca Juga: Nih, Kesalahan 9 Owner Distro yang Bikin Tokonya Tutup!

4. Maksimalkan Satu Cara Pemasaran Terlebih Dahulu

tips cara sukses usaha bisnis berjualan sablon kaos distro pemula 4

Pemasaran adalah hal terpenting yang harus Anda lakukan. In case of  berjualan kaos secara online, berarti Anda harus melakukan pemasaran melalui online (ya iyalaah). Tapi Anda harus fokus pada satu ranah online terlebih dahulu, agar mampu menguasai pasar dengan cepat dan menghasilkan keuntungan di ranah tersebut.

Misalkan Anda memilih untuk memaksimalkan pemasaran di instagram dulu. Ya fokus saja untuk maksimalkan cara-cara marketing di Instagram. Pelajari ilmunya di banyak artikel yang sudah tersedia di internet.

Benahi profil perusahaan Anda agar menarik. Anda juga harus pelajari teknik dasar untuk mengambil foto yang bagus, karena Anda memilih untuk memaksimalkan instagram terlebih dahulu.

Saat pemasaran kaos Anda di instagram sudah mulai terlihat dan menghasilkan, barulah Anda boleh melirik cara lain seperti twitter ads, facebook ads, SEO, SEM dan sebagainya. Tentu saja, semua cara itu kembali pada analisa pasar Anda sebelumnya.

Tentu beda, demografi antara pengguna facebook, instagram, twitter apalagi Google Search. Setiap ranah punya kultur, kebutuhan dan permintaan yang berbeda-beda.

5. Buat Website untuk Perkuat Reputasimu

tips cara sukses usaha bisnis berjualan sablon kaos distro pemula 5

Ibarat makan sayur tanpa garam, rasanya belum afdhol kalau jualan kaos online tapi belum punya website. Rasanya belum sempurna kalau cuma nongkrong di akun medsos saja.

Di dunia maya, sebuah Website ibarat sebuah rumah yang mewakili identitas perusahaan Anda secara utuh. Sedangkan media sosial hanyalah pengukuh eksistensi merk perusahaan Anda saja.

Biasanya konsumen lebih memilih toko yang sudah memiliki website dibanding yang belum. Diantaranya alasannya adalah orang yang sudah memiliki website terlihat lebih serius dan sungguh-sungguh.

Konsumen juga lebih leluasa melihat produk maupun portfolio yang sudah kita jual atau buat di website, ketimbang hanya melihat postingan di media sosial saja yang sangat terbatas aksesnya.

Lanjut Ke Nomor 6 Sampai 10

admin

    Your Turn To Talk

    Leave a reply:

    Your email address will not be published.