Categories: BIKIN KAOS

Bikin Kaos Anak di mobagu

Bikin kaos dengan desain sendiri kini tidaklah sulit. Lingkungan perindustrian sekarang, terutama konveksi jasa sablon kaos diperkirakan akan terus meningkat, apalagi kaos merupakan salah satu kebutuhan sandang yang paling penting untuk manusia.

Oleh sebab itu peluang usaha konveksi kaos ini begitu diminati para wirausaha remaja yang menyasar para anak muda. Berkaos.com merupakan salah satu diantaranya.

Kendati berdiri dari tahun 2015, Berkaos.com sudah memberikan pelayanan menerima banyaknya pelanggan yang aktif dari beragam komunitas, kerabat dan personal. Selaku bukti janji dan dedikasi terhadap kualitas kaos yang terunggul, Kami sebatas menangani pesanan kaos saja.

APA ITU SABLON?

Secara khusus sablon bisa dikatakan sebagai teknik mencetak dengan memakai layar (screen) yang rapat. Layar tersebut biasanya berbahan dasar sutra dan nilon yang kemudian dipola berdasarkan desain yang akan dibuat.

Lalu setelah layar yang sudah terpola diterapkan di atas kaos kemudian dikasih tinta sablon supaya pola yang terletak pada layar tercetak pada kaos.

Melalui teknologi yang semakin maju, saat ini anda bisa menjumpai berbagai macam model sablon dan tidak usah bingung untuk membikin layar serta memola desain di layar.

sablon berikut disebut sablon digital
Memang tidak sepenuhnya terkomputerisasi dalam prosesnya, namun disandingkan dengan sablon manual metode pengerjaan sablon digital di sini lebih cepat serta tidak membutuhkan banyak tenaga.

SABLON MANUAL DAN SABLON DIGITAL

Tiap hal tentu memiliki baik buruknya, keuntungan dan kekuranganya. Tetapi Berkaos.com tidak akan membandingkan diantara keduanya.

Namun akan memberi wawasan mengenai sablon manual dan sablon digital
Untuk sablon manual kelebihanya yaitu kualitas dan tahan lama, sedangkan sablon digital yaitu unggul pada kekreatifan.

Teknik sablon manual bisa mencetak desain dengan tahan lama, kemungkinan luntur ataupun pecah sangat sedikit tapi biasanya hanya bisa satu warna solid.

Sementara itu untuk sablon digital kita dapat mencetak design dengan banyak warna bahan dengan warna gradient namun tentang keawetan, kaos dengan sablon digital cepat luntur.

PERBEDAAN SABLON MANUAL DENGAN SABLON DIGITAL

Dengan adanya perbedaan di antara Sablon Manual dengan Sablon Digital. Itu seakan-akan bukan untuk menjadi parameter jika ada yang lebih baik diantara keduanya.

Lantaran pada dasarnya semua balik lagi pada cara pengerjaan. Jika pengerjaanya bagus tentunya hasilnya akan sangat baik.

MEDIA CETAK YANG DIPAKAI

SABLON MANUAL

Kebanyakan untuk sablon manual tersebut memakai kertas HVS untuk membentuk pola pada layar sablon, kemudian mencetaknya ke dalam kaos dengan meratakan tinta yang lebih bervariatif dari sablon digital.

SABLON DIGITAL

Lalu untuk sablon ditigal seringnya menggunakan kertas transfer (transfer paper) yang digunakan untuk mencetak design pada kaos. Kertas transfer ini bagian dari aspek yang menentukan mutu dari sablonan.

Ada beragam model kertas transfer, seperti glow in the dark, beludru, oracle dan yang lain sebagainya.

Tetapi ada juga yang tidak menggunakan kertas transfer misalnya sablon DTG (Direct to Garment). DTG yaitu teknologi baru, sebab prosesnya sangat praktis.

Tidak membutuhkan media cetak yang banyak sebab kaos polos langsung dapat digunakan untuk media cetak itu sendiri.

KUALITAS SABLON MANUAL

Biasanya sablon manual memiliki kualitas yang bagus dan lebih awet. Namun tidak bisa menjadi acuan, sebab tergantung jasanya. karena realitasnya banyak kaos yang disablon manual akan tetapi saat dicuci tintanya mudah pudar.

Peristiwa semacam ini pada umumnya dipengaruhi akibat tinta yang kurang tepat lalu proses pengeringan yang kurang sempurna.

Tinta yang kurang tepat itu bagaimana? Ada beberapa tinta misalnya, misalnya yang rubber tidak cukup bagus bila diaplikasikan pada kaos berwarna gelap.

Lebih baik bila buat desain baju sendiri online lalu sablonnya disesuaikan dengan keperluan konsumen tetapi dijelaskan juga bagaimana kelemahan serta kelebihannya.

KUALITAS SABLON DIGITAL

Bagi kualitas sablon digital ini sangat dipastikan dengan jenis kertas transfer (transfer paper) yang dipakai dan juga mutu tinta.

Tidak jarang kaos yang dicetak dengan sablon digital di saat kita tarik kaosnya, hasilnya sablonnya jadi pecah-pecah.

Itu salah satu tanda bahwa kertas transfer yang dipakai kualitasnya kurang baik. Jadi usahakan, apabila mau mengembangkan usaha sablon digital menggunakan kertas transfer dan tinta yang kualitasnya bagus.

Selain 4 perbedaan diatas buat harga sablon kaos manual lebih terjangkau dibandingkan dengan sablon digital. Dikarenakan alat yang digunakan sangat berbeda jauh. Apalagi jika design kaosnya sparasi dengan banyak warna.

BANYAKNYA PESANAN

Menurut survey lapangan yang kita lakukan, hal seperti inilah yang sering berlangsung.

SABLON MANUAL

Pada usaha sablon kaos daerah khusus ibukota Jakarta misalnya, tentunya ada penetapan minimal order buat tiap desainnya.

Karena hal ini untuk mengurangi dana produksi dan ke efesienan dari layar yang akan dibuat.

SABLON DIGITAL

Berbeda dengan sablon manual untuk jasa sablon digital ini beberapa layanan jasa percetakan kaos mengizinkan pemesannya untuk mencetak hanya satu buah kaos saja.

Disebabkan untuk anggaran sablon kaos digital tidak memerlukan biaya lebih dalam membuat layar.

MACAM-MACAM SABLON

SABLON RUBBER

Sablon rubber atau sablon karet. Sablon dengan tinta ini bisa menutup serat-serat kain dan memiliki efek timbul. Hasilnya juga elastis. Tipe sablon ini dikhususkan untuk kaos berwarna gelap dikarenakan sifat tintanya yang pekat.

Tinta ini sering dipakai untuk alsa desain atau underbase. Maksudnya untuk warna dasar sebelum penyablonan warna-warna lainnya.

SABLON PIGMEN

Jenis salon ini sifatnya mudah meresap pada serat-serat kain sehingga hasilnya keren. Akan tetapi sablon pigmen ini cuman mampu digunakan pada kaos berwarna tidak gelap.

Apabila dipakai pada kaos yang berwarna tidak terang hasilnya akan kuang bagus malahan kurang bagus. Rata-rata pemilik usaha sablon tidak menyarankan sablon seperti ini.

SABLON FOAM

Sablon ini diberinama foam atau busa sebab memang hasil akhirnya sablon dengan menggunakan tinta ini memberi efek timbul bulat seperti busa dengan warna kusam.

Bahan awalnya dari karet hingga minim elastis. Sablon foam ini dapat diadukan dengan sablon rubber atau plastisol.

SABLON PLASTISOL

Bentuk sablon yang satu ini banyak dipakai penyedia jasa sablon terutama para pengusaha sablon kaos murah jakarta barat, sebab sablon plastisol mempunyai daya rekat yang sangat baik dan lebih awet.

Plastisol ini adalah tinta yang berbahan dasar minyak (oil based). Keunggulannya yang istimewa buat sablon jenis ini lebih memakan Anggaran dibandingkan jenis sablon lainnya.

Alat yang digunakan pun beda dari jenis-jenis sablon yang lainnya. Misalnya seperti alat pengering khusus yang pada umumnya menggunakan sinar infrared ataupun memakai flash curing dan conveyor curing

Disebabkan sablon plastisol memiliki kekuatan rekat yang sangat bagus, akan tetapi yang perlu diperhatikan ialah ketika menggosok kaosnya.

Kita sarankan untuk menyetrika kaos melalui sablon plastisol jangan langsung disetrika pada letak sablonnya karena akan meleleh.

SABLON GLITTER

Sablon yang transparan ini memiliki efek kerlap-kerlip sehingga terkesan lebih eksklusif dan bagus. Gliter ini terbentuk dari berbagai partikel kecil berukuran mikro, tidak hanya itu tersedia juga efek lainnya kerlap-kerlip contohnya metalik, hologram dan pelangi.

Sablon gliter ini sangat pas dan normal dimanfaatkan untuk kaos anak perempuan karena efeknya yang memikat dan lucu. Semacam tulisan Barbie maupun Frozen mungkin hampir sering kami yang dijumpai.

SABLON GLOW IN THE DARK

Sablon yang sanggup bersinar di arena gelap ini terbuat dari campuran bubuk fosfor yang mampu menyerap sinar matahari.

Karena inilah yang menjadikan sablon in the dark bisa terlihat di tempat yang gelap.
Bubuk fosfor ini boleh dicampurkan oleh sablon/tinta rubber, pigmen, dan plastisol.

SABLON SUPER WHITE

Sablon super white ini mempunyai sifat tintanya sama seperti rubber dan pigmen, sablon yang mampu menyerap ke serat-serat kain. Sablon super white cocok diterapkan untuk kaos berwarna tidak terang.

Sebab bisa menghasilkan warna putih terang yang cemerlang. Tidak hanya itu saja, dikarenakan sifatnya menyerap ke serat-serat, sablon super white ini memiliki daya tutup yang baik.

SABLON FOIL

Sablon yang polanya berasal dari bahan kertas logam menyerupai alumunium foil. Metode pencetakannya diterapkan melalui menempelkan lem khusus kemudian dipress.
Kesan yang dihasilkan adalah warna metalik hingga kelihatan eksklusif.

SABLON FLOCKING

Sablon flocking lebih sering dikenal dengan sablon beludru, hal ini karena hasil akhir melalui sablon ini adalah desain yang timbul dengan bulu-bulu halus.

Cara mencetaknya serupa dengan sablon foil, yaitu dilekatkan menggunakan lem khusus kemudian dipress agar menempel sempurna.

SABLON CABUT WARNA ATAU DISCHARGE

Untuk sablon discharge ini, kaos yang digunakan wajib berbahan katun dan cotton, dikarenakan jenis tinta ini membuat melunturkan warna kaos dan menggantinya melalui warna lain sesuai kebutuhan.

Nah, meski dengan bahan katun akan tetapi jenis bahan katun yang dipakai wajib katun yang reaktif.
Tinta bagi sablon discharge ini mempergunakan bahan kimia yang dapat mencabut warna asli kain, ataupun yang lebih ekstrim menampilkan warna benang kaos yang sesungguhnya.

Makanya, saran untuk penggunakan tinta ini agar mendapatkan hasil yang maksimal, bahan pewarna kainnya harus dipilih dengan yang dischargeable.

SABLON HIGH DENSITY

Sablon high density ini memakai tinta plastisol dengan tahap ketajaman yang lebih atas. Tinta ini bersifat transparan.

Efek yang dihasilkan adalah mengkilap dan berkesan basah. Namun dapat juga dibuat doff.

SABLON SEPARASI

Sablon jenis yang satu ini tahap penyablonannya melalui cara menseleksi warna desain untuk dijadikan film.
Sablon separasi ada 2 macam, ialah warna blok atau spot color untuk desain vector dan raster yang biasa dianggap process color atau raster.

SABLON ASPAL

Jenis sablon aspal ini memanfaatkan cat plastisol yang diprint diatas kain melalui metode istimewa yang mendapatkan bentuk yang unik.

SABLON DIRECT TO GARMENT (DTG)

Seperti yang saya bilang diatas, inilah tahapan penyablonan yang tidak memakai media dan lebih menghemat tenaga di dalam proesenya dikarenakan memanfaatkan alat.

Sablon Direct to garment itu tahapannya menggunakan mesin khusus, umumnya berukuran lebih besar. Agar hasilnya sangat jelas dan detail, buat warna yang dihasilkan dapat bergradien

Kebanyakan para vendor yang memiliki mesin sablon ini menerima order kaos hanya satuan dikarenakan dalam proses penyabloanannya tidak terlalu ribet.

ALAT-ALAT SABLON MANUAL

Sablon manual mampu bertahan oleh seluruh kelebihannya walaupun sedikit demi sedikit mulai tergeser dengan sablon digital.

Sablon manual masih besar diminati sebab kualitas yang dihasilkan biasanya lebih awet dibandingkan sablon digital.

Nah, berikut berkaos rangkumkan apa saja sih sebetulnya yang wajib dipersiapkan buat menggunakan sablon manual.

1. LAYAR DAN SCREEN

Ini perangkat yang paling utama untuk sablon manual. Layar biasanya terbuat dari kain sutra, kain gasa, kain nilon, atau kain-kain lain yang berpori-pori.

Fungsi dari screen ini buat menentukan tinta yang nantinya akan menempel di kaos sesuai design. Tetapi sebelum itu, screen ini jadi media membentuk pola design yang dicetak di kertas HVS.

Makin gede nomor screen, maka semakin padat pori-porinya. Dan semakin rapat pori-porinya maka hasil printing akan semakin halus.

2. OBAT AFDRUK

Obat afdruk ini berfungsi untuk memindahkan design dari kertas HVS ke pada screen yang nantinya jadi tercetak pola gambar.

Di sanalah tinta akan diratakan. Obat afdruk ini banyak jenisnya, yang banyak digunakan adalah: Ulano TZ, Super Emulsion 5, dan Rainbow.

3. OBAT PENGHAPUS M3 / 3M

Obat penghapus ini paling dibutuhkan, karena jika sewaktu-waktu kita ingin mengubah pola desain yang ada di screen. Ataupun ingin menghapusnya secara semuanya untuk kemudian screennya disimpan.

4. RAKEL

Rakel memiliki tujuan yang sama untuk memikat atau mempererat tinta sablon ke kain. Yang perlu diperhatikan ialah karet rakelnya,

karena karet rakel inilah yang membedakan manfaat secara spesifik. Ada 2 macam jenis pegangan rakel ialah pegangan dari kayu dan pegangan dari alumunium.

admin

Share
Published by
admin

Recent Posts

Kaos Komunitas Keren dan Simple: Makna, Contoh, Desain, Bahan, Manfaat, dan Harga

Apa itu Kaos Komunitas? Kaos komunitas adalah kaos yang dirancang untuk mewakili atau mewujudkan identitas…

2 months ago

Kaos Family Gathering Keren: Pengertian, Desain Kaos Family Gathering, Bahan, dan Manfaat

Pengertian Kaos Family Gathering Kaos family gathering adalah kaos yang dirancang khusus untuk acara atau…

2 months ago

Kaos Kelas Keren dan Aesthetic: Pengertian, Manfaat, Cara bikin, Aplikasi desain, dan Harga

Apa itu Kaos Kelas ? Kaos kelas merupakan sebuah pakaian yang biasanya dikenakan oleh siswa…

2 months ago

Penjelasan Lengkap Tentang Bahan Jersey: Pengertian, Jenis, Karakteristik bahan, Kelebihan dan Kekurangan

Apa itu Bahan Jersey? Bahan jersey adalah jenis kain yang sering digunakan dalam pembuatan pakaian…

2 months ago

Mengenal Lebih dalam Bahan Polyester: Pengertian, Jenis, Karakteristik Bahan, Kelebihan dan Kekurangan

Apa itu Bahan Polyester? Polyester adalah jenis bahan sintetis yang terbuat dari serat polimer poliester.…

2 months ago

Memahami Bahan Taslan: Pengertian, Jenis, Harga, Kelebihan dan Kekurangan

Apa itu Bahan Taslan? Bahan taslan adalah jenis kain yang terbuat dari serat poliamida atau…

2 months ago