Categories: BIKIN KAOS

Bikin Kaos Anak Murah di Dumai

Bikin kaos dengan desain sendiri sekarang sangatlah mudah. Lingkungan perindustrian saat ini, seperti konveksi layanan sablon kaos diperkirakan akan selalu meningkat, apalagi kaos merupakan salah satu kebutuhan sandang yang utama bagi manusia.

Oleh sebab itu peluang usaha konveksi kaos ini sangat diminati para wirausaha muda yang menyasar para anak remaja. Berkaos.com termasuk salah satu diantaranya.

Kendati berdiri dari tahun 2015, Berkaos.com telah memberikan servis menerima ratusan klien yang aktif dalam beragam komunitas, kerabat maupun personal. Sebagai bukti janji serta dedikasi terhadap kualitas kaos yang terunggul, Kami sebatas melayani pesanan kaos saja.

APA ITU SABLON?

Secara khusus sablon bisa dikatakan selaku teknik mencetak dengan menggunakan layar (screen) yang rapat. Layar itu pada umumnya berbahan dasar sutra dan nilon yang kemudian dipola berdasarkan desain yang mau dibuat.

Kemudian setelah layar yang telah terpola diletakkan di atas kaos kemudian diberikan tinta sablon supaya pola yang berada pada layar tercetak pada kaos.

Melalui teknologi yang kian maju, sekarang ini kita bisa menjumpai bermacam macam model sablon dan tidak usah ribet untuk membuat layar dan memola desain di layar.

Ini merupakan sablon digital
Sebenarnya tidak sepenuhnya terkomputerisasi untuk prosesnya, namun disandingkan dengan sablon manual metode pengerjaan sablon digital di sini lebih efisien dan tidak memerlukan banyak tenaga.

SABLON MANUAL VS SABLON DIGITAL

Setiap hal pasti mempunyai baik buruknya, keuntungan dan kelemahannya. Tetapi Berkaos.com tidak akan membandingkan diantara keduanya.

Tetapi akan memberi pengetahuan tentang sablon manual dan sablon digital
Untuk sablon manual kelebihanya adalah kualitas dan tahan lama, sedangkan sablon digital adalah unggul pada kekreatifan.

Teknik sablon manual dapat mencetak desain dengan awet, kemungkinan luntur ataupun pecah sangat sedikit tetapi kebanyakan cuma bisa satu warna bertahan.

Sedangkan untuk sablon digital kita bisa mencetak desain dengan banyak warna bahan dengan warna gradient tetapi tentang keawetan, kaos dengan sablon digital gampang luntur.

PERBEDAAN SABLON MANUAL DAN SABLON DIGITAL

Terdapat adanya perbedaan khususnya antara Sablon Manual dan Sablon Digital. Itu semata-mata tidak sekedar sebagai parameter bahwa ada yang lebih unggul diantara keduanya.

Karena pada dasarnya semuanya balik lagi kepada proses pengerjaan. Jika pengerjaanya bagus pastinya hasilnya akan sangat baik.

MEDIA CETAK YANG DIPAKAI

SABLON MANUAL

Pada umumnya untuk sablon manual itu memakai kertas HVS untuk membentuk pola di layar sablon, lalu mencetaknya ke atas kaos dengan meratakan tinta yang sangat bervariatif dari sablon digital.

SABLON DIGITAL

Lalu untuk sablon ditigal seringnya menggunakan kertas transfer (transfer paper) yang digunakan untuk mencetak design pada kaos. Kertas transfer ini bagian dari aspek yang menentukan kualitas dari sablonan.

Ada berbagai jenis kertas transfer, seperti gliter, beludru, oracle dan lain sebagainya.

Tetapi ada juga yang tidak menggunakan kertas transfer seperti sablon DTG (Direct to Garment). DTG yaitu teknologi baru, sebab prosesnya sangat praktis.

Tidak memerlukan media cetak yang berlebihan sebab kaos polos langsung dapat digunakan untuk media cetak itu sendiri.

KUALITAS SABLON MANUAL

Rata-rata sablon manual punya kualitas yang baik dan lebih awet. Namun tidak bisa menjadi acuan, sebab tergantung jasanya. Sebab realitasnya banyak kaos yang disablon manual akan tetapi saat dicuci tintanya gampang pudar.

Kejadian seperti ini biasanya dipengaruhi oleh tinta yang kurang pas lalu proses pengeringan yang kurang maksimal.

Tinta yang kurang tepat itu seperti apa? Terdapat beberapa tinta misalnya, seperti yang rubber kurang bagus jika diterapkan dalam kaos berwarna gelap.

Alangkah baiknya bila buat design baju sendiri online dan sablonnya diserasikan dengan keperluan konsumen namun dijelaskan pula bagaimana kelemahan dan kelebihannya.

KUALITAS SABLON DIGITAL

Bagi kualitas sablon digital ini sangat ditentukan dari jenis kertas transfer (transfer paper) yang digunakan dan juga mutu tinta.

kebanyakan kaos yang dicetak melalui sablon digital pada saat kita tarik kaosnya, kemungkinan sablonnya jadi pecah-pecah.

Ini salah satu bukti jika kertas transfer yang dipakai kualitasnya tidak cukup baik. Jadi usahakan, jika ingin mengembangkan bisnis sablon digital memakai kertas transfer serta tinta yang kualitasnya baik.

Selain 4 perbedaan diatas buat harga sablon kaos manual lebih murah dibandingkan dengan sablon digital. Karena alat yang digunakan sangat berbeda jauh. Apalagi jika desain kaosnya sparasi dengan banyak warna.

BANYAKNYA PERMINTAAN

Menurut survey lapangan yang kita buat, hal seperti inilah yang sering terjadi.

SABLON MANUAL

Dalam usaha sablon kaos daerah khusus ibukota Jakarta misalnya, tentunya ada ketentuan minimum order buat semua desainnya.

Karena hal ini buat meringankan biaya produksi juga ke efesienan dari layar yang ingin dibentuk.

SABLON DIGITAL

Berbeda dengan sablon manual untuk jasa sablon digital ini beberapa layanan jasa percetakan kaos mengizinkan pembelinya untuk mencetak hanya 1 buah kaos saja.

Hal ini karena untuk harga sablon kaos digital tidak memerlukan biaya lebih dalam menyajikan layar.

MACAM-MACAM SABLON

SABLON RUBBER

Sablon rubber atau sablon karet. Sablon dengan tinta ini bisa menutup serat-serat kain dan memiliki efek timbul. Hasilnya juga lentur. Jenis sablon ini dikhususkan untuk kaos berwarna gelap karena sifat tintanya yang pekat.

Tinta ini sering digunakan untuk alsa desain atau underbase. Artinya sebagai warna dasar sebelum penyablonan warna-warna lain.

SABLON PIGMEN

Jenis salon ini sifatnya mudah meresap pada serat-serat kain sehingga hasilnya keren. Namun sablon pigmen ini cuman mampu dipakai pada kaos berwarna terang.

Bilamana digunakan untuk kaos yang berwarna gelap hasilnya menjadi kuang baik terlebih-lebih kurang bagus. Rata-rata pemilik usaha sablon tidak menyarankan sablon jenis ini.

SABLON FOAM

Sablon ini mempunyai nama foam atau busa karena memang hasil akhirnya sablon dengan menggunakan tinta ini memberikan efek timbul bulat seperti busa dengan warna kusam.

Bahan awalnya dari karet hingga sedikit elastis. Sablon foam ini boleh dicampurkan dengan sablon rubber atau plastisol.

SABLON PLASTISOL

Tipe sablon yang satu ini banyak dipakai pengsuplai jasa sablon terutama para pembisnis sablon kaos murah jakarta selatan, sebab sablon plastisol mempunyai daya tempel yang sangat bagus dan lebih tahan.

Plastisol ini adalah tinta yang berbahan dasar minyak (oil based). Keahliannnya yang istimewa untuk sablon jenis ini lebih memakan biaya dibandingkan jenis sablon sebagainya.

Peralatan yang digunakan pun berbeda dari jenis-jenis sablon yang lain. Misalnya semacam alat pengering khusus yang umumnya memakai sinar infrared atau menggunakan flash curing dan conveyor curing

Dikarenakan sablon plastisol memiliki kekuatan rekat yang sangat bagus, akan tetapi yang wajib diperhatikan adalah ketika menggosok kaosnya.

Kami rekomendasikan untuk menyetrika kaos melalui sablon plastisol jangan langsung disetrika pada letak sablonnya sebab akan meleleh.

SABLON GLITTER

Sablon yang transparan ini mempunyai efek kerlap-kerlip hingga terlihat lebih eksklusif dan mewah. Gliter ini dibentuk dari berbagai partikel kecil dengan ukuran mikro, selain itu tersedia juga efek lainnya kerlap-kerlip seperti metalik, hologram dan pelangi.

Sablon gliter ini sangat cocok dan biasa digunakan untuk kaos anak perempuan karena efeknya yang menarik dan lucu. Layaknya tulisan Barbie atau Frozen mungkin sering anda yang dijumpai.

SABLON GLOW IN THE DARK

Sablon yang bisa menyala di lingkungan gelap ini tercipta dari campuran bubuk fosfor yang mampu menyerap sinar matahari.

Karena inilah yang membuat sablon in the dark mampu terlihat di tempat yang gelap.
Bubuk fosfor ini dapat dicampurkan dengan sablon/tinta rubber, pigmen, dan plastisol.

SABLON SUPER WHITE

Sablon super white ini mempunyai sifat tintanya serupa seperti rubber dan pigmen, sablon yang bisa menyerap ke serat-serat kaos. Sablon super white cocok dipakai untuk kaos berwarna tidak terang.

Sebab bisa menghasilkan warna putih terang yang cemerlang. Selain itu saja, karena sifatnya menyerap ke serat-serat, sablon super white ini memiliki daya tutup yang bagus.

SABLON FOIL

Sablon yang gambarnya terbuat dari bahan kertas logam mirip alumunium foil. Cara pencetakannya dilakukan melalui menempelkan lem khusus lalu dipress.
Kesan yang dihasilkan adalah warna metalik hingga terlihat eksklusif.

SABLON FLOCKING

Sablon flocking lebih sering terkenal dengan sablon beludru, hal ini karena hasil akhir melalui sablon ini adalah desain yang menonjol dengan bulu-bulu halus.

Cara mencetaknya serupa dengan sablon foil, yaitu ditempel memakai lem khusus kemudian dipress agar merekat sempurna.

SABLON CABUT WARNA ATAU DISCHARGE

Untuk sablon discharge ini, kaos yang digunakan mesti berbahan katun atau cotton, karena jenis tinta ini membuat melunturkan warna kaos dan menggantinya melalui warna lain sesuai keperluan.

Nah, walaupun dengan bahan katun tetapi jenis bahan katun yang dipakai perlu katun yang reaktif.
Tinta buat sablon discharge ini memakai bahan kimia yang dapat mencabut warna asli kain, atau yang lebih ekstrim menampilkan warna benang kaos yang sebenarnya.

Makanya, saran untuk penggunakan tinta ini untuk mendapatkan hasil yang maksimum, bahan pewarna kainnya harus dipilih melalui yang dischargeable.

SABLON HIGH DENSITY

Sablon high density ini mempergunakan tinta plastisol dengan tingkat ketajaman yang lebih besar. Tinta ini memiliki sifat transparan.

Efek yang dihasilkan ialah mengkilap dan terkesan basah. Akan tetapi dapat juga dibuat doff.

SABLON SEPARASI

Sablon jenis yang satu ini proses penyablonannya dengan cara memisahkan warna desain buat dibuat film.
Sablon separasi ada 2 jenis, ialah warna blok atau spot color buat desain vector dan raster yang lumrah disebut process color maupun raster.

SABLON ASPAL

Jenis sablon aspal ini menggunakan cat plastisol yang diprint diatas kain melalui metode istimewa yang mendapatkan bentuk yang unik.

SABLON DIRECT TO GARMENT (DTG)

Seperti yang saya bilang diatas, inilah proses penyablonan yang tanpa mempergunakan media dan lebih menghemat energi pada proesenya dikarenakan memakai mesin.

Sablon Direct to garment itu tahapannya menggunakan alat khusus, biasanya berukuran lebih besar. Agar hasilnya sangat jelas dan detail, untuk warna yang dihasilkan boleh bergradien

Biasanya para vendor yang memiliki mesin sablon ini menerima pesanan kaos hanya satuan hal ini karena dalam proses penyabloanannya tidak terlalu ribet.

ALAT-ALAT SABLON MANUAL

Sablon manual dapat bertahan oleh seluruh keunggulannya meskipun sedikit demi sedikit mulai tergeser dengan sablon auto.

Sablon manual masih besar digunakan sebab kualitas yang dihasilkan biasanya lebih awet daripada sablon digital.

Nah, berikut berkaos rangkumkan apa saja sih sebetulnya yang harus dipersiapkan agar menggunakan sablon manual.

1. LAYAR ATAU SCREEN

Ini perangkat yang paling utama pada sablon manual. Layar biasanya berasal dari kain sutra, kain gasa, kain nilon, atau kain-kain lain yang berpori-pori.

Fungsi dari screen ini buat menentukan tinta yang nantinya akan ditempel di kaos sesuai design. Namun sebelum itu, screen ini jadi media pembentuk pola desain yang tercetak pada kertas HVS.

Makin luas nomor screen, maka semakin padat pori-porinya. Serta makin rapat pori-porinya maka hasil cetakan akan semakin halus.

2. OBAT AFDRUK

Obat afdruk ini bermanfaat untuk mentrasfer desain dari kertas HVS ke dalam screen yang nantinya jadi tercetak pola gambar.

Di sanalah tinta akan dihaluskan. Obat afdruk ini beragam jenisnya, yang sering digunakan adalah: Ulano TZ, Super Emulsion 5, dan Rainbow.

3. OBAT PENGHAPUS M3 / 3M

Obat penghapus ini sangat dibutuhkan, karena bila sewaktu-waktu kita ingin mengubah pola desain yang ada di screen. Ataupun ingin menghapusnya secara keseluruhan untuk akhirnya screennya disimpan.

4. RAKEL

Rakel memiliki tujuan yang sama agar menarik atau mempererat tinta sablon ke kain. Yang mesti diperhatikan adalah karet rakelnya,

karena karet rakel inilah yang membedakan manfaat secara spesifik. Ada 2 macam tipe pegangan rakel ialah pegangan dari kayu dan pegangan dari alumunium.

admin

Share
Published by
admin

Recent Posts

Kaos Komunitas Keren dan Simple: Makna, Contoh, Desain, Bahan, Manfaat, dan Harga

Apa itu Kaos Komunitas? Kaos komunitas adalah kaos yang dirancang untuk mewakili atau mewujudkan identitas…

2 months ago

Kaos Family Gathering Keren: Pengertian, Desain Kaos Family Gathering, Bahan, dan Manfaat

Pengertian Kaos Family Gathering Kaos family gathering adalah kaos yang dirancang khusus untuk acara atau…

2 months ago

Kaos Kelas Keren dan Aesthetic: Pengertian, Manfaat, Cara bikin, Aplikasi desain, dan Harga

Apa itu Kaos Kelas ? Kaos kelas merupakan sebuah pakaian yang biasanya dikenakan oleh siswa…

2 months ago

Penjelasan Lengkap Tentang Bahan Jersey: Pengertian, Jenis, Karakteristik bahan, Kelebihan dan Kekurangan

Apa itu Bahan Jersey? Bahan jersey adalah jenis kain yang sering digunakan dalam pembuatan pakaian…

2 months ago

Mengenal Lebih dalam Bahan Polyester: Pengertian, Jenis, Karakteristik Bahan, Kelebihan dan Kekurangan

Apa itu Bahan Polyester? Polyester adalah jenis bahan sintetis yang terbuat dari serat polimer poliester.…

2 months ago

Memahami Bahan Taslan: Pengertian, Jenis, Harga, Kelebihan dan Kekurangan

Apa itu Bahan Taslan? Bahan taslan adalah jenis kain yang terbuat dari serat poliamida atau…

2 months ago