Categories: BIKIN KAOS

Bikin Kaos Anak di Tarakan

Bikin kaos dengan desain sendiri sekarang sangatlah mudah. Tempat perindustrian sekarang, seperti konveksi jasa sablon kaos diperkirakan akan terus meningkat, lebih lagi kaos termasuk salah satu kebutuhan sandang yang utama untuk manusia.

Oleh sebab itu kemungkinan bisnis konveksi kaos ini sangat diinginkan para wirausaha muda yang menyasar para anak muda. Berkaos.com termasuk salah satu diantaranya.

Kendati berdiri pada tahun 2015, Berkaos.com telah memberikan servis menerima banyaknya pelanggan yang aktif dari berbagai komunitas, kerabat dan personal. Menjadi bukti janji dan dedikasi kepada mutu kaos yang terbaik, Kami hanya menangani pesanan kaos saja.

APA ITU SABLON?

Secara khusus sablon bisa diartikan selaku metode mencetak dengan menggunakan layar (screen) yang rapat. Layar tersebut pada umumnya berbahan dasar sutra atau nilon yang akhirnya dipola berdasarkan desain yang ingin dibuat.

Lalu setelah layar yang sudah terpola diterapkan di atas kaos lalu diberikan tinta sablon agar pola yang terletak pada layar tercetak pada kaos.

Melalui teknologi yang terus maju, saat ini kita bisa menjumpai berbagai bentuk jenis sablon dan tidak usah bingung untuk membuat layar serta memola desain ke layar.

hal ini merupakan sablon digital
Memang tidak sepenuhnya terkomputerisasi pada prosesnya, akan tetapi dibandingkan dengan sablon manual proses pengerjaan sablon digital di sini lebih cepat serta tidak memerlukan banyak tenaga.

SABLON MANUAL DAN SABLON DIGITAL

Setiap hal pasti mempunyai baik buruknya, keuntungan dan kekuranganya. Tetapi Berkaos.com tidak untuk membandingkan diantara keduanya.

Tetapi akan memberikan wawasan tentang sablon manual dan sablon digital
Untuk sablon manual kelebihanya adalah mutu dan tahan lama, sedangkan sablon digital adalah unggul di kekreatifan.

Teknik sablon manual bisa mencetak desain dengan tahan lama, kemungkinan pudar atau pecah sangat sedikit namun kebanyakan hanya bisa satu warna solid.

Sementara itu untuk sablon digital kita bisa mencetak design dengan beragam warna bahan dengan warna gradient namun untuk kualitas, kaos dengan sablon digital gampang pudar.

PERBEDAAN SABLON MANUAL DENGAN SABLON DIGITAL

Terdapat adanya perbedaan di antara Sablon Manual dan Sablon Digital. Itu semata-mata bukan sekedar menjadi perbandingan bahwa ada yang lebih unggul diantara keduanya.

Karena pada dasarnya semuanya kembali kepada proses pengerjaan. Jika pengerjaanya bagus sudah tentu hasilnya akan sangat baik.

MEDIA CETAK YANG DIPAKAI

SABLON MANUAL

Kebanyakan untuk sablon manual ini menggunakan kertas HVS untuk Pembentukan pola di layar sablon, lalu mencetaknya ke atas kaos dengan meratakan tinta yang lebih bervariatif dari sablon digital.

SABLON DIGITAL

Lalu untuk sablon ditigal kebanyakan menggunakan kertas transfer (transfer paper) yang dipakai untuk mencetak desain pada kaos. Kertas transfer ini salah satu aspek yang menentukan mutu dari sablonan.

Ada berbagai model kertas transfer, yaitu gliter, beludru, oracle dan yang lain sebagainya.

Namun ada juga yang tidak menggunakan kertas transfer misalnya sablon DTG (Direct to Garment). DTG merupakan teknologi baru, hal ini karena prosesnya sangat efektif.

Tidak memerlukan media cetak yang berlebihan karena kaos polos langsung dapat dijadikan media cetak itu sendiri.

KUALITAS SABLON MANUAL

Rata-rata sablon manual memiliki kualitas yang bagus dan lebih awet. Namun tidak dapat menjadi acuan, karena tergantung jasanya. Sebab kenyataanya banyak kaos yang disablon manual akan tetapi ketika dicuci tintanya mudah mengelupas.

Kejadian semacam ini pada umumnya dipengaruhi oleh tinta yang kurang benar dan proses pengeringan yang kurang sempurna.

Tinta yang kurang benar itu seperti apa? Terdapat beberapa tinta misalnya, seperti yang rubber kurang bagus jika diaplikasikan dalam kaos berwarna gelap.

Lebih baik bila buat desain baju sendiri online lalu sablonnya diserasikan dengan keinginan konsumen namun dijelaskan juga bagaimana kelemahan serta kelebihannya.

KUALITAS SABLON DIGITAL

Bagi kualitas sablon digital ini sangat ditentukan dengan tipe kertas transfer (transfer paper) yang dipakai dan juga mutu tinta.

Tidak jarang kaos yang dicetak melalui sablon digital di sewaktu kita tarik kaosnya, hasilnya sablonnya menjadi pecah-pecah.

Ini salah satu tanda jika kertas transfer yang dipakai kualitasnya kurang bagus. maka usahakan, apabila hendak mengembangkan usaha sablon digital memakai kertas transfer serta tinta yang kualitasnya baik.

Selain 4 perbedaan diatas agar harga sablon kaos manual lebih terjangkau dibandingkan dengan sablon digital. Sebab alat yang digunakan sangat berbeda jauh. Apalagi jika design kaosnya sparasi dengan beragam warna.

BANYAKNYA PERMINTAAN

Menurut survey lapangan yang kita perbuat, hal semacam inilah yang sering terjadi.

SABLON MANUAL

Pada usaha sablon kaos daerah khusus ibukota Jakarta misalnya, tentunya ada ketentuan minimum order untuk semua desainnya.

Sebab hal ini supaya mengurangi biaya produksi juga ke efesienan melalui layar yang akan dibentuk.

SABLON DIGITAL

Berbeda dengan sablon manual untuk jasa sablon digital ini beberapa penyedia jasa percetakan kaos mengizinkan kaonsumennya untuk mencetak hanya 1 contoh kaos saja.

Disebabkan untuk sablon kaos digital tidak memerlukan anggaran lebih dalam membuat layar.

MACAM-MACAM SABLON

SABLON RUBBER

Sablon rubber atau sablon karet. Sablon dengan tinta ini bisa menutup serat-serat kain dan mempunyai efek timbul. Hasilnya juga elastis. Tipe sablon ini dikhususkan buat kaos berwarna gelap dikarenakan sifat tintanya yang pekat.

Tinta ini sering dimanfaatkan untuk alsa desain atau underbase. Artinya untuk warna dasar sebelum penyablonan warna-warna yang lain.

SABLON PIGMEN

Jenis salon ini sifatnya gampang meresap pada serat-serat kain sehingga hasilnya bagus. Namun sablon pigmen ini hanya bisa dipakai untuk kaos berwarna tidak gelap.

Bilamana dipakai untuk kaos yang berwarna tidak terang hasilnya menjadi kuang baik malahan kurang bagus. Rata-rata pemilik usaha sablon tidak merekomendasikan sablon jenis ini.

SABLON FOAM

Sablon ini dinamakan foam atau busa hal ini karena memang hasil sablon dengan menggunakan tinta ini memberikan efek timbul bundar seperti busa dengan warna agak kecoklatan.

Bahan dasarnya dari karet sehingga sedikit elastis. Sablon foam ini bisa diadukan dengan sablon rubber atau plastisol.

SABLON PLASTISOL

Jenis sablon yang satu ini banyak dipakai pengsuplai jasa sablon khususnya para pembisnis sablon kaos murah jakarta timur, sebab sablon plastisol memiliki daya rekat yang sangat baik dan lebih tahan.

Plastisol ini adalah tinta yang berbahan dasar minyak (oil based). Keunggulannya yang istimewa buat sablon jenis ini lebih memakan Anggaran daripada jenis sablon lainnya.

Peralatan yang digunakan pun beda dari jenis-jenis sablon yang lainnya. Contohnya seperti alat pengering khusus yang biasanya memakai sinar infrared atau menggunakan flash curing dan conveyor curing

Dikarenakan sablon plastisol memiliki kekuatan rekat yang sangat kuat, tetapi yang perlu diperhatikan adalah ketika menggosok kaosnya.

Kami sarankan untuk menyetrika kaos melalui sablon plastisol jangan langsung disetrika pada tempat sablonnya karena akan meleleh.

SABLON GLITTER

Sablon yang transparan ini memiliki efek kerlap-kerlip sehingga terkesan lebih eksklusif dan mewah. Gliter ini terbentuk dari berbagai partikel kecil dengan ukuran mikro, tidak hanya itu tersedia juga efek lainnya kerlap-kerlip misalnya metalik, hologram dan pelangi.

Sablon gliter ini sangat pas dan biasa digunakan untuk kaos anak wanita karena efeknya yang menarik dan lucu. Seperti tulisan Barbie atau Frozen mungkin sering kamu yang dijumpai.

SABLON GLOW IN THE DARK

Sablon yang dapat menyala di daerah gelap ini dibuat dari campuran bubuk fosfor yang mampu menghisap sinar matahari.

Karena inilah yang membuat sablon in the dark mampu terlihat di arena yang gelap.
Bubuk fosfor ini bisa dicampurkan oleh sablon/tinta rubber, pigmen, dan plastisol.

SABLON SUPER WHITE

Sablon super white ini mempunyai sifat tintanya serupa seperti rubber dan pigmen, sablon yang mampu menyerap ke serat-serat kaos. Sablon super white cocok dipakai oleh kaos berwarna tidak terang.

Sebab dapat menghasilkan warna putih terang yang cemerlang. Bukan hanya itu saja, dikarenakan sifatnya menyerap ke serat-serat, sablon super white ini memiliki daya tutup yang bagus.

SABLON FOIL

Sablon yang polanya terbuat dari bahan kertas logam mirip alumunium foil. Metode pencetakannya dibuat dengan menempelkan lem khusus kemudian dipress.
Kesan yang dihasilkan adalah warna metalik hingga kelihatan eksklusif.

SABLON FLOCKING

Sablon flocking lebih sering dikenal dengan sablon beludru, dikarenakan hasil akhir melalui sablon ini adalah desain yang menonjol dengan bulu-bulu halus.

Cara mencetaknya serupa dengan sablon foil, yaitu ditempel menggunakan lem khusus setelah itu dipress agar merekat sempurna.

SABLON CABUT WARNA ATAU DISCHARGE

Untuk sablon discharge ini, kaos yang dipakai patut berbahan katun dan cotton, sebab jenis tinta ini akan melunturkan warna kaos dan menggantinya melalui warna lain sesuai keinginan.

Nah, meskipun dengan bahan katun tetapi jenis bahan katun yang dipakai harus katun yang reaktif.
Tinta untuk sablon discharge ini memakai bahan kimia yang dapat mencabut warna asli kain, atau yang lebih keras memunculkan warna benang kaos yang sebenarnya.

Makanya, tips untuk penggunakan tinta ini supaya mendapatkan hasil yang maksimum, bahan pewarna kainnya harus dipilih dengan yang dischargeable.

SABLON HIGH DENSITY

Sablon high density ini memanfaatkan tinta plastisol dengan tahap ketajaman yang lebih banyak. Tinta ini memiliki sifat transparan.

Efek yang ditimbulkan ialah mengkilap dan terkesan basah. Namun dapat juga dibuat doff.

SABLON SEPARASI

Sablon jenis yang satu ini tahap penyablonannya melalui cara menseleksi warna desain untuk dibuat film.
Sablon separasi ada 2 bentuk, yaitu warna blok atau spot color buat desain vector dan raster yang biasa dianggap process color ataupun raster.

SABLON ASPAL

Jenis sablon aspal ini memakai cat plastisol yang diprint diatas kain melalui cara khusus yang menghasilkan tekstur yang unik.

SABLON DIRECT TO GARMENT (DTG)

Seperti yang kami katakan diatas, inilah tahapan penyablonan yang tanpa memakai media dan lebih menghemat energi dalam proesenya karena memanfaatkan mesin.

Sablon Direct to garment ini tahapannya memakai alat khusus, kebanyakan berukuran lebih besar. Bagi hasilnya sangat jelas dan detail, untuk warna yang dihasilkan bisa bergradien

Kebanyakan para vendor yang mempunyai mesin sablon ini menerima pemesanan kaos hanya satuan dikarenakan dalam proses penyabloanannya tidak begitu ribet.

ALAT-ALAT SABLON MANUAL

Sablon manual dapat bertahan dengan segenap keunggulannya walaupun sedikit demi sedikit mulai tergeser dengan sablon auto.

Sablon manual masih banyak digunakan karena kualitas yang dihasilkan biasanya lebih awet daripada sablon digital.

Nah, berikut berkaos rangkumkan apa saja sih sebenarnya yang patut dipersiapkan agar menggunakan sablon manual.

1. LAYAR DAN TAMPILAN

Ini peralatan yang paling utama dalam sablon manual. Layar seringnya terbuat dari kain sutra, kain gasa, kain nilon, atau kain-kain lain yang berpori-pori.

Fungsi dari screen ini untuk menyaring tinta yang akhirnya akan menempel di kaos sesuai design. Tapi sebelum itu, screen ini jadi media pembentuk pola design yang dicetak pada kertas HVS.

Makin luas nomor screen, maka semakin rapat pori-porinya. Dan makin rapat pori-porinya maka hasil printing akan semakin rapih.

2. OBAT AFDRUK

Obat afdruk ini bermanfaat untuk memindahkan desain dari kertas HVS ke pada screen yang nantinya jadi tercetak pola gambar.

Di sinilah tinta akan diratakan. Obat afdruk ini banyak jenisnya, yang sering digunakan adalah: Ulano TZ, Super Emulsion 5, dan Rainbow.

3. OBAT PENGHAPUS M3 / 3M

Obat penghapus ini sangat dibutuhkan, sebab bila sewaktu-waktu kita mau mengubah pola desain yang ada di screen. Maupun ingin menghapusnya secara semuanya untuk akhirnya screennya disimpan.

4. RAKEL

Rakel memiliki tujuan yang sama supaya menarik atau menggesut tinta sablon ke bahan. Yang harus diperhatikan ialah karet rakelnya,

disebabkan karet rakel inilah yang membedakan manfaat secara jelas. Ada 2 macam bentuk pegangan rakel yaitu pegangan dari kayu dan pegangan dari alumunium.

admin

Share
Published by
admin

Recent Posts

Kaos Komunitas Keren dan Simple: Makna, Contoh, Desain, Bahan, Manfaat, dan Harga

Apa itu Kaos Komunitas? Kaos komunitas adalah kaos yang dirancang untuk mewakili atau mewujudkan identitas…

2 months ago

Kaos Family Gathering Keren: Pengertian, Desain Kaos Family Gathering, Bahan, dan Manfaat

Pengertian Kaos Family Gathering Kaos family gathering adalah kaos yang dirancang khusus untuk acara atau…

2 months ago

Kaos Kelas Keren dan Aesthetic: Pengertian, Manfaat, Cara bikin, Aplikasi desain, dan Harga

Apa itu Kaos Kelas ? Kaos kelas merupakan sebuah pakaian yang biasanya dikenakan oleh siswa…

2 months ago

Penjelasan Lengkap Tentang Bahan Jersey: Pengertian, Jenis, Karakteristik bahan, Kelebihan dan Kekurangan

Apa itu Bahan Jersey? Bahan jersey adalah jenis kain yang sering digunakan dalam pembuatan pakaian…

2 months ago

Mengenal Lebih dalam Bahan Polyester: Pengertian, Jenis, Karakteristik Bahan, Kelebihan dan Kekurangan

Apa itu Bahan Polyester? Polyester adalah jenis bahan sintetis yang terbuat dari serat polimer poliester.…

2 months ago

Memahami Bahan Taslan: Pengertian, Jenis, Harga, Kelebihan dan Kekurangan

Apa itu Bahan Taslan? Bahan taslan adalah jenis kain yang terbuat dari serat poliamida atau…

2 months ago