cs@berkaos.com (021) 22731400

7 Trik Ampuh Hindari Penipuan Belanja Online

📞 (021) 2273 1400 & WA 087 8800 33233​⁠​

Ibu Eka Puspa

Ruko pasar ceger Blok A1 No.5. Jurangmangu -  Tangsel

 

Belanja dengan sistem online belakangan ini memang semakin marak. Selain mudah, belanja dengan cara online pun lebih efektif daripada Anda berbelanja di mall atau toko.

Pasalnya, dengan bermodalkan koneksi internet dan akun rekening, Anda sudah bisa bertransaksi tanpa harus keluar rumah. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk bensin, uang parkir, bahkan Anda tak perlu ikut bermacet-macet ria di jalan.

Namun seiring dengan semakin banyaknya orang atau korporasi yang melakukan transaksi belanja  secara online, maka semakin banyak pula penipuan yang bermunculan di dunia maya.

Dan canggihnya, mereka (mara penipu) terlihat lihai dan bermain ‘cantik’ dalam memperdaya konsumen.

message on keyboard pad, for online or internet shopping concepts.; Shutterstock ID 102061741; PO: aol; Job: production; Client: drone

Salah satu cara yang mereka lakukan adalah dengan membuka situs toko online dengan desain dan produk yang menarik sehingga banyak orang tertarik untuk berbelanja di situs tersebut.

Setelah banyak yang melakukan pembayaran, mereka (konsumen) tidak menerima barang yang mereka pesan.

Akhirnya tujuan awal konsumen yang ingin membeli kaos dengan mudah pun menjadi tak terpenuhi karena akhirnya mereka hanya menjadi korban penipuan. Kita pun menjadi ragu akan keamanan dan kenyamanan bertransaksi jual beli kaos dengan sistem online.

Menghindari penipuan saat belanja online sebetulnya cukup mudah jika Andabisa mengetahui caranya.

Masalahnya adalah banyak orang yang tidak tahu cara menghindari penipuan saat belanja online, bahkan orang yang sudah sering belanja secara online pun masih bisa tertipu. Berikut adalah beberapa tips untuk menghindari penipuan saat belanja online.

1. Lihat Profil Perusahaan yang Tertera

1-cara-tips-menghindari-mencegah-penipuan-belanja-online-shop

Sebelum melakukan transaksi, usahakan untuk membaca halaman Tentang Kami (atau halaman sejenisnya, misalnya halaman Siapa Kami).

Hal ini berfungsi untuk mengetahui perusahaan mana yang akan melayani Anda.Biasanya perusahaan yang baik akan mencantumkan alamat offline, sekilas tentang perusahaan, nomor kontak, atau bahkan nama pemiliknya.

Jika situs atau toko online tersebut tidak mencantumkan alamat dan keterangan lain, maka kemungkinan besar itu situs scam. Hubungi nomor telepon yang dicantumkan atau datangi alamatnya supaya Anda yakin.

2. Telusuri Rekam Jejak dan Portfolionya

2-cara-tips-menghindari-mencegah-penipuan-belanja-online-shop

Anda bisa menilai kredibilitas perusahaan vendor dari portfolio yang pernah mereka kerjakan. Logikanya, jika personal atau perusahaan ternama saja mempercayai mereka,tentu Anda bisa mempercayakan pesanan Anda pada mereka.

Namun Anda juga perlu meneliti, apakah portfolio yang mereka tampilkan asli atau hanya mengada-ada.

3. Perhatikan Testimoni Pelanggan

3-cara-tips-menghindari-mencegah-penipuan-belanja-online-shop

Perhatikan dengan seksama testimoni dari konsumen lain yang ditampilkan di situs atau toko online tersebut. Testimoni itu bisa saja dibuat oleh si pemilik situs toko online untuk menarik calon pembeli.

Jika testimoni yang diberikan terkesan ‘lebay’ dan kurang masuk akal, maka Anda perlu waspadai.

4. Minta Bukti Pengiriman

Delivery man ringing doorbell

Jika Anda masih ragu, coba Anda minta bukti pengiriman yang pernah mereka lakukan. Perhatikan nomor resi atau AWB untuk bukti pengiriman itu.

Cek nomor resi tersebut langsung di perusahaan jasa pengiriman barang untuk memastikan situs atau toko online tersebut pernah melakukan pengiriman barang ke konsumennya.

5. Jangan Malu Bertanya

5-cara-tips-menghindari-mencegah-penipuan-belanja-online-shop

Tanyakanlah mereka dengan bermacam pertanyaan yang bisa Anda tanyakan sebelum melakukan pembelian.

Anda bisa mendeteksi situs scam melalui cara ini jika Anda cukup ahli dalam bertanya. Situs atau toko online yang sungguhan atau tidak menipu akan dengan senang hati menjawab pertanyaan Anda dan menjelaskan dengan detil mengenai produknya.

6. Jangan Terlena dengan Harga yang Murah

6-cara-tips-menghindari-mencegah-penipuan-belanja-online-shop

Salah satu penyebab konsumen tertipu adalah saat mereka tertarik dengan harga yang tercantum jauh lebih murah dari biasanya. Padahal, jika situs atau toko online menjual barangnya dengan harga sangat murah apalagi sampai setengah dari harga normal, bisa dipastikan toko itu adalah scam.

Jangan langsung tertarik dengan harga yang sangat murah karena ini adalah salah satu cara bagi penipu untuk mendapatkan korban. Carilah situs atau toko online yang memberikan harga yang wajar dan masuk akal.

7. Tanyakan Pada Teman Anda

7-cara-tips-menghindari-mencegah-penipuan-belanja-online-shop

Jika Anda masih meragukan situs atau toko online untuk melayani pesanan Anda, cobalah untuk bertanya pada teman Anda yang biasa berbelanja dengan cara online.

Mintalah rekomendasi darinya tentang situs atau toko online yang memang terpercaya. Anda juga bisa melihat testimoni pelanggan lain di forum seperti Kaskus dan sebagainya. 

Demikian 7 cara menghindari penipuan saat belanja online. Cara-cara tersebut sederhana namun efektif bagi Anda,sehingga Anda tidak perlu takut atau khawatir saat belanja online.

admin

    Your Turn To Talk

    Leave a reply:

    Your email address will not be published.