Sablon Rubber: Pengertian, Alat, Beserta Kelebihan & Kekurangan

Sablon Rubber: Pengertian, Alat, Beserta Kelebihan & Kekurangan

Bagi Anda yang sering berurusan dengan sablon menyablon kaos pasti sudah tak asing lagi dengan istilah sablon rubber. Rubber merupakan bahan yang paling banyak digunakan para pengusaha sablon.

Tapi mungkin sebagian besar dari kita belum mengetahui secara detil tentang seluk beluk tinta sablon rubber. Berikut kami rangkum tentang tinta sablon rubber secara lengkap.

Pengertian Sablon Rubber

Sablon rubber adalah teknik pencetakan atau sablon pada permukaan benda menggunakan bahan karet atau rubber sebagai media cetaknya.

Sablon ini juga dikenal sebagai sablon kaos berbasis air karena sering digunakan untuk mencetak pada permukaan kain kaos menggunakan tinta yang berbasis air.

Sablon rubber merupakan salah satu metode sablon yang paling populer dan banyak digunakan di berbagai bidang, seperti industri pakaian, industri promosi, dan industri percetakan.

Proses sablon ini dimulai dengan mencetak desain atau gambar pada media karet atau rubber menggunakan tinta yang berbasis air.

Desain atau gambar yang dicetak pada media karet harus disesuaikan dengan ukuran, warna, dan jenis kain yang akan digunakan.

Setelah desain atau gambar dicetak pada media karet, maka media cetak tersebut akan ditempelkan pada permukaan kain kaos, kemudian dilakukan penekanan agar tinta dapat menempel pada permukaan kain.

Kelebihan Sablon Rubber

Salah satu kelebihan sablon rubber adalah tinta yang digunakan berbasis air sehingga aman bagi lingkungan dan kesehatan.

Selain itu, tinta yang digunakan juga mudah kering dan menempel dengan baik pada kain kaos, sehingga hasil cetakan yang dihasilkan terlihat lebih halus dan detail.

Sablon rubber juga dapat diaplikasikan pada berbagai jenis kain kaos, seperti katun, polyester, ataupun bahan kain lainnya.

Untuk mencapai hasil cetakan yang maksimal, diperlukan ketelitian dan keahlian dalam melakukan sablon.

Hal ini karena setiap jenis bahan kain memiliki karakteristik yang berbeda dan membutuhkan teknik sablon yang berbeda pula.

Selain itu, sablon ini juga memerlukan mesin dan peralatan khusus seperti rakel atau squeegee, media cetak karet atau rubber, dan tinta yang sesuai dengan jenis kain.

Dalam pengaplikasiannya, sablon rubber digunakan pada berbagai produk seperti kaos, tote bag, topi, jaket, hoodie, dan produk promosi lainnya.

Sablon rubber merupakan teknik sablon yang sangat populer dan dapat diandalkan dalam mencetak produk dengan jumlah yang banyak dan dalam waktu yang singkat.

Harga Sablon Rubber

Harga sablon rubber bisa kita klasifikasikan menjadi 2, yakni harga tinta dan juga harga sablon rubber dengan jasa sablonnya. Jika anda adalah seorang penyedia jasa sablon, maka yang perlu anda cari adalah harga tintanya.

Namun, jika anda mencari kaos dengan spesifikasi sablon rubber maka anda bisa melihat harga beserta jasanya.  Dibawah ini kami rangkum lebih lengkap.

Harga Tinta Sablon Rubber

harga tinta sablon rubber

Untuk harga tinta sablon rubber sendiri sangatlah bervariasi, dilansir dari web marketplace ternama bisa dilihat bahwa harga tinta tersebut mulai dari 19 ribu – 99 ribu. Akan tetapi jangan salah, masing-masing harga tentu punya kualitasnya tersendiri.

Hal ini yang membuat perbedaan harga sangat mencolok bagi masing-masing penyedia jasa sablon. Karena dari model tinta sendiri jauh berbeda. Begitupun kualitasnya. Dibawah nanti kami bahas lebih lanjut.

Harga Jasa Sablon Kaos Rubber

Harga jasa sablon kaos rubber biasanya ditentukan setelah ada kuantiti dan desain. Karena, semakin rumit desain yang dibuat maka akan semakin tinggi juga harganya.

Untuk di berkaos.com sendiri untuk sablon rubber sendiri harga mulai: 20rb (sablon saja), 64rb (sablon+kaos). Harga tersebut masih bisa berubah tergantung desain dan kuantiti. Lebih jelasnya bisa cek disini.

Beberapa Fakta Tentang Sablon Rubber

sablon rubber
contoh hasil sablon rubber

Sablon rubber atau sablon kaos berbasis air merupakan teknik pencetakan yang populer dan banyak digunakan di berbagai industri, seperti industri pakaian, industri promosi, dan industri percetakan.

Dalam teknik ini, media cetak berupa karet atau rubber digunakan untuk mencetak desain atau gambar pada permukaan kain kaos menggunakan tinta berbasis air.

Sablon rubber memiliki beberapa kelebihan, seperti hasil cetakan yang lebih halus dan detail, serta tinta yang ramah lingkungan dan kesehatan.

Namun, teknik sablon ini juga memiliki beberapa kelemahan yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih teknik sablon yang tepat untuk kebutuhan Anda. Berikut adalah beberapa fakta menarik tentang sablon rubber yang perlu Anda ketahui.

1. Sablon Rubber Punya Banyak Nama

Bagi beberapa tukang sablon kaos, terutama yang berada di daerah Jawa Barat, tinta rubber ini akrab disebut dengan tinta GL. Beberapa sabloners juga kerap memanggilnya cat GL, karet GL, pasta, dan lain sebagainya.

Secara umum, tidak ada yang berbeda dengan yang lainnya. Sama-sama berkomposisi karet. Hanya mungkin kemampuan tiap supplier dalam meracik yang berbeda-beda membuatnya menjadi sedikit punya ciri khas antara produk supplier satu dengan yang lain.

2. Sablon Rubber Dilahirkan Untuk Menemani Kaos

Siapa sih tukang sablon di dunia ini yang tidak kenal tinta sablon rubber? Hampir semua penggiat sablon kaos dari Artik sampai Antartika pasti pernah menggunakan tinta ini.

sablon rubber terlahir untuk menemani kaos

Selain cenderung lebih awet dan elastis, tinta sablon rubber juga paling fleksibel dan paling sederhana dalam pembuatannya. Sablon rubber dikenal tidak membutuhkan banyak peralatan dan paling efektif untuk proses produksi kaos dengan desain standar.

3. Bahan Utama Sablon Rubber

Seperti namanya, tinta sablon rubber terbuat dari bahan utama karet (rubber). Dengan hasil pencampuran sedemikian rupa, jadilah tinta sablon rubber yang lazim digunakan oleh berbagai vendor sablon kaos di seantero Indonesia bahkan dunia.

Karena terbuat dari karet, jenis tinta sablon ini sifatnya menutup serat kain dan timbul. Tinta cat rubber kaos ini menghasilkan sifat sablon kaos yang elastis.

Baca Juga: 5 merk tinta rubber termasyhur

4. Sablon Rubber Berbasis air

Tinta sablon rubber yang pasti pernah digunakan oleh hampir semua tukang sablon yang ada ini ternyata berbasis air. Istilah kerennya lebih sering disebut dengan water based. Artinya tinta sablon rubber ini bersifat menyatu dengan air dan mampu diolah dengan campuran air.

Air berfungsi sebagai pembersih dari sisa tinta sablon rubber yang menempel pada screen. Berbeda dengan tinta plastisol yang berbasis minyak, yang berarti tinta tersebut membutuhkan zat minyak sebagai pembersih.

Selain digunakan untuk pembersih, air dalam kadar yang sedikit juga bisa digunakan untuk mengurangi tingkat warna pada tinta rubber.

5. Sablon Rubber Bisa Digunakan pada Media Gelap

Selain bahannya yang elastis, tinta sablon rubber ini juga ampuh menutup permukaan tekstil yang berwarna gelap bahkan hitam sekalipun. Inilah salah satu alasan kenapa sablon rubber paling sering digunakan dibanding tinta sablon lain.

Untuk sablon kaos gelap, dibutuhkan white base atau rubber berwarna putih murni. White base berfungsi untuk menutup atau melapis di atas lapisan serat kain sehingga warna selanjutnya bisa timbul di atasnya.

Perlu pengetahuan dan pengalaman untuk mencampur tinta supaya sesuai dengan kelenturan bahan baju kaos yang hendak disablon supaya hasil sablon tahan lebih lama. Prinsip ini juga yang dipakai oleh tinta putih printer dtg untuk print sablon kaos warna gelap dengan teknik direct to garment.

6. Beda Supplier Beda Hasil

Saking populernya dan saking tingginya tingkat kebutuhan tinta sablon rubber, banyak pula supplier tinta sablon kaos yang meracik dan menjual tinta sablon rubber. Namun sayangnya, tak semua supplier berhasil menyajikan produk yang sesuai dengan kebutuhan tukang sablon.

Alhasil, perbedaan kualitas pun terjadi. Ada yang sifatnya tipis tapi menutup, ada pula yang tebal tapi kurang elastis. Ada juga yang komposisi karetnya di bawah standar sehingga hasil sablonan mudah luntur atau retak.

Dari sini, butuh keahlian dan pengalaman khusus untuk mengetahui karakter masing-masing produk. Namun Anda tak perlu khawatir. Kini sudah mulai tersebar berbagai merk tinta rubber yang populer dan sudah terjamin kualitasnya. Sebut saja matsui, wilflex atau quaret.

Sablon Rubber Bagus atau Tidak?

Sablon Rubber Punya Banyak Nama

Keputusan apakah sablon rubber bagus atau tidak tergantung pada kebutuhan dan preferensi Anda. Sablon rubber memiliki beberapa kelebihan, seperti hasil cetakan yang lebih halus dan detail, tinta yang berbasis air sehingga ramah lingkungan dan kesehatan, serta dapat diaplikasikan pada berbagai jenis kain kaos.

Sablon rubber juga dapat digunakan untuk mencetak desain dengan banyak warna dan gradient.

Namun, sablon rubber juga memiliki beberapa kelemahan, seperti tinta yang tidak tahan terhadap luntur dan tidak tahan lama.

Warna sablon rubber juga cenderung kurang tajam dan kontras dibandingkan dengan teknik sablon lainnya seperti sablon plastisol atau sablon discharge.

Ketika memilih teknik sablon yang tepat, Anda perlu mempertimbangkan berbagai faktor seperti jenis kain, desain yang ingin dicetak, jumlah produksi yang dibutuhkan, dan anggaran yang tersedia.

Jika Anda mencari teknik sablon yang ramah lingkungan dan dapat memberikan hasil cetakan yang halus dan detail, maka sablon rubber dapat menjadi pilihan yang baik.

Namun, jika Anda menginginkan hasil cetakan yang lebih tahan lama dan memiliki warna yang lebih tajam dan kontras, teknik sablon lainnya seperti sablon plastisol atau sablon discharge mungkin lebih cocok untuk Anda.

Admin Berkaos

Tulisan ini ditulis oleh admin dari Berkaos.com. Jika anda ingin menanyakan sesuatu, jangan sungkan untuk menghubungi kami di 0818 0783 0285 atau Telepon (021) 747 08122

11 thoughts on “Sablon Rubber: Pengertian, Alat, Beserta Kelebihan & Kekurangan”

  1. Sy penyablon pemula.setelah ikutan diklat di salah satu perusahaan kaos .maka sy praktekam di rumah.tapi knapa hasilnya beda ya?.kalo rabber tapi hasilnya pengen mengkilat musti pake campuran apa ya?

    Reply
    • memang butuh dicoba & dilatih terus menerus bu agar hasilnya bisa maksimal. biasanya kendala ada di pengafdrukan dan tekanan saat menyablon. untuk hasil mengkilap biasanya karena pengaruh dari tinta & kertas plafon yg dipakai untuk mengepress

      Reply
  2. Misi min saya pemula di bidang ini mau tanya,Saya sering banget ngalamin hasil afdruk yg bergerigi bagaimana caranya ya agar hasil afdruk tepian design tidak bergerigi?

    Reply

Leave a Comment